Dalam bisnis, tentu banyak sekali momen di mana kamu harus membuat keputusan atau memilih antara satu atau lain halnya dengan menimbang rugi atau untungnya. Ini sebenarnya adalah trade-off.

Penting untuk dipahami pebisnis, ini dia definisi dan contoh lengkapnya.

Definisi Trade-Off

Trade-off adalah situasi di mana kamu harus memilih satu hal dengan mengorbankan hal lain. Dalam dunia bisnis atau kehidupan sehari-hari, trade-off muncul ketika sumber daya terbatas, seperti waktu, uang, atau tenaga, sehingga tidak semua pilihan bisa diambil sekaligus. Artinya, saat kamu memutuskan sesuatu, kamu juga sedang melepaskan pilihan lainnya.

Contoh Trade-Off

Trade-off antara harga dan kualitas produk

Bayangkan kamu memiliki bisnis pakaian. Saat memilih bahan untuk produksi, kamu dihadapkan pada dua pilihan:

  • Bahan premium: Lebih mahal, tapi hasil produk sangat berkualitas, nyaman dipakai, dan tahan lama.
  • Bahan standar: Lebih murah, kualitas biasa saja, tapi bisa menekan biaya produksi dan harga jual jadi lebih terjangkau.

Kalau kamu memilih bahan premium, produk akan lebih mahal, tapi memberikan kesan eksklusif dan bisa menarik segmen pasar menengah ke atas. Namun, risiko trade-off-nya: tidak semua pelanggan mampu atau mau membayar lebih, dan volume penjualan mungkin lebih kecil.

Sebaliknya, kalau kamu memilih bahan standar, kamu bisa menjual lebih murah dan menjangkau lebih banyak konsumen. Tapi trade-off-nya: kualitas produk menurun, dan bisa berdampak pada citra merek serta kepuasan pelanggan dalam jangka panjang.

Keputusan bisnis seperti memilih antara biaya dan kualitas, investasi dan efisiensi, adalah bagian dari trade-off yang harus dihadapi setiap hari. 

Dengan Paper.id, kamu bisa mengambil keputusan finansial dengan lebih tepat karena semua data keuangan bisnismu tercatat rapi, otomatis, dan real-time.

Registrasi ke Paper.id sekarang, gratis!