Membuat invoice di Microsoft Word sering kali memakan waktu, terlebih jika volume invoice yang diterima atau dibuat besar. Oleh karena itu, adanya template invoice dibutuhkan untuk mempermudah dan mempercepat pengerjaan invoice. Simak penjelasan lengkap invoice template Word beserta contohnya di bawah ini.
Definisi Invoice Template Word
Invoice template Word adalah tata letak dokumen yang memudahkan pembuatan, pengeditan, dan penyesuaian invoice sesuai dengan kebutuhan bisnis yang dibuat di Microsoft Word. Template ini biasanya sudah dilengkapi dengan kolom-kolom penting seperti nama perusahaan, rincian produk, harga, dan total biaya.
Dengan template invoice yang sudah jadi, kamu hanya perlu memasukkan detail transaksi dan penjualan tanpa harus merancang format dari awal. Selain praktis, template ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis agar tampak lebih profesional.
Komponen Isi pada Invoice
Baik invoice template Word atau format lainnya, umumnya komponen isi invoice memuat detail informasi yang sama, seperti berikut ini:
1. Komponen isi utama
Kategori | Deskripsi |
Informasi supplier | Nama perusahaan, alamat, nomor PPN (VAT ID) dari supplier |
Informasi buyer | Nama bisnis, alamat, ID PPN buyer |
Tanggal invoice | Tanggal invoice diterbitkan |
Nomor invoice | Nomor invoice |
Deskripsi barang atau jasa | Deskripsi baris item barang atau jasa yang disediakan |
Jumlah dan harga satuan | Jumlah dan harga satuan barang atau jasa |
Diskon atau potongan harga | Diskon atau potongan harga yang berlaku |
Jumlah total yang harus dibayar | Jumlah total yang harus dibayar, subtotal, dan jumlah total pajak yang dibebankan |
Tarif pajak dan jumlah pajak | Tarif pajak yang berlaku dan jumlah pajak yang dibebankan untuk setiap tarif |
Mata uang dan nilai tukar | Mata uang yang digunakan dan nilai tukar terhadap mata uang lokal (jika ada) |
2. Komponen isi tambahan
Kategori | Deskripsi |
Judul dokumen | Judul dokumen |
Syarat pembayaran | Syarat pembayaran |
Metode pembayaran | Metode pembayaran (cash, virtual account, transfer bank, e–wallet, marketplace, kartu kredit, atau paylater, dan sebagainya) |
Tenggat waktu | Tenggat waktu pembayaran |
Status pendaftaran PPN | Apakah bisnis terdaftar PPN atau tidak, dan apakah invoice ini merupakan invoice PPN |
ID supplier, Nomor Pesanan | ID supplier, nomor pesanan pembelian, dan informasi relevan lainnya |
Contoh Invoice Template Word
Untuk mempermudah kamu dalam pembuatan invoice, berikut ini template invoice kosong format Word yang bisa kamu unduh di bawah ini. Dengan begitu, kamu tak perlu hitung manual!
Sekarang, kamu tak perlu repot membuat template invoice secara manual satu per satu atau dengan menggunakan Word di mana dokumen mudah hilang. Dengan menggunakan platform seperti Paper.id, proses pembuatan invoice menjadi lebih praktis berkat adanya template yang hanya perlu kamu isi sesuai kebutuhan.
Invoice dari paper.id juga telah dilengkapi dengan e-Materai dari PERURI dan buyer juga bisa membayar invoice melalui metode QRIS, virtual account, Tokopedia, Shopee, Blibli, hingga kartu kredit untuk tambahan tempo pembayaran. Ini semua gratis!
Daftar sekarang di sini untuk bisnismu!
Kamu juga tak perlu khawatir karena daftar Paper.id gratis dan mudah dengan 4 langkah saja. Pastikan kamu bisa menikmati fitur lengkap Paper.id dengan menyelesaikan verifikasi bisnisnya seperti panduan berikut!