Sebagai pebisnis, tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan “invoice“? Ya, dokumen penting yang harus dimiliki oleh setiap bisnis ini biasanya digunakan untuk mencatat transaksi penjualan.
Berikut ini ada penjelasan mengenai invoice, mulai dari pengertian hingga isinya:
Apa itu Invoice?
Invoice adalah dokumen resmi yang berisi rincian produk atau layanan yang telah disediakan oleh penjual kepada pembeli. Dokumen ini mencakup informasi seperti harga barang atau jasa, jumlah yang harus dibayarkan, tanggal penjualan, dan syarat pembayaran. Invoice memiliki peran vital dalam menetapkan kewajiban pembayaran dan mencatat transaksi bisnis.
Dalam banyak kasus, invoice dapat disampaikan dalam format fisik atau elektronik, tergantung pada preferensi dan kebutuhan bisnis.
Isi Invoice
Invoice harus berisi informasi yang lengkap dan akurat, termasuk:
- Nama dan alamat bisnis dan customer
- Tanggal transaksi
- Deskripsi barang atau jasa yang dijual
- Harga barang atau jasa
- Jumlah total yang harus dibayar
- Tanggal jatuh tempo pembayaran
Invoice dapat dibuat secara manual atau menggunakan software atau aplikasi invoice. Software invoice dapat membantu bisnis dalam membuat invoice secara cepat dan mudah, serta melacak pembayaran customer.
Demikian pembahasan mengenai invoice. Dokumen penting ini memang perlu dikelola dengan baik agar bisnis bisa meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya, dan meningkatkan kepuasan customer.
Solusinya pakai Paper.id. Aplikasi invoicing dan pembayaran untuk bisnis ini akan memudahkanmu dalam membuat, mengirim, hingga melacak invoice hanya dalam satu aplikasi saja.
Menariknya, di Paper.id kamu bisa langsung bayar supplier, tagih, dan terima pembayaran melalui berbagai metode, mulai dari transfer bank, kartu kredit, dompet digital, Virtual Account, hingga marketplace tanpa perlu menyediakan satu per satu.
Bagaimana, makin penasaran? Yuk, download Paper.id sekarang juga dengan cara klik banner di bawah ini!