Pemahaman tentang goodwill merupakan konsep yang penting bagi para business owner yang ingin melakukan akuisisi perusahaan. Karena dengan memahami goodwill, maka para pengusaha dapat menetapkan harga yang sesuai ketika membuat penawaran.

Lantas apa sebenarnya goodwill itu? Mari simak pembahasannya!

Definisi Goodwill

Goodwill merupakan nilai tambah perusahaan yang tidak memiliki wujud fisik. Karena tidak memiliki wujud fisik, maka goodwill akan susah untuk diukur secara pasti.

Perusahaan dapat memperoleh goodwill dengan berbagai cara seperti memproduksi produk yang berkualitas, efisiensi manajemen operasional, serta memahami kondisi pasar.

Jika perusahaan berhasil memiliki banyaknya goodwill, maka perusahaan tersebut akan bermacam-macam manfaat seperti memperoleh reputasi yang baik serta peningkatan penjualan.

Terdapat berbagai macam faktor yang dapat membentuk goodwill seperti reputasi perusahaan yang baik, identitas merek yang kuat, karyawan yang kompeten dibidangnya, teknologi yang dinilai mutakhir, dan lain-lain.

Contoh Goodwill

Aset perusahaan yang bisa dikatakan sebagai goodwill tentunya terdiri dari bermacam-macam bentuk dan variasi, tergantung jenis perusahaannya. Meski begitu ada beberapa macam goodwill yang sudah umum ditemukan, berikut pembahasannya!

  1. Aset tidak berwujud

Aset jenis ini, merupakan aset yang tidak berwujud fisik serta tidak dapat diukur secara langsung. Aset ini dapat digunakan perusahaan sebagai salah satu sumber keuntungan jangka panjang. Contoh dari aset ini adalah hak paten dan lisensi.

  1. Reputasi perusahaan

Reputasi perusahaan merupakan citra yang dikeluarkan perusahaan kepada masyarakat. Dengan reputasi yang baik, maka semakin besar pula peluang bertambahnya konsumen sekaligus menaikan nilai perusahaan itu sendiri.

  1. Identitas merek

Identitas merek merupakan salah satu bentuk Goodwill lainnya yang dapat dimiliki oleh perusahaan. Lewat identitas merek sendiri, maka konsumen akan mudah membedakan produk perusahaan tersebut dengan yang lainnya. Identitas merek ini bisa berupa nama merek, logo, serta desain kemasan.

Demikian definisi dan contoh pembayaran goodwill. Intinya, goodwill merupakan salah satu aspek tidak terlihat yang bisa digunakan sebagai nilai tambah perusahaan. Jika perusahaan berhasil membuat goodwill yang beragam dan diterima di masyarakat, maka perusahaan tersebut bisa meningkatkan penjualan.

Untuk itu, yuk daftar pelajari selengkapnya tentang goodwill di Paper.id di sini!

Supaya memudahkan transaksi yang meningkat akibat goodwill, gunakanlah Paper.id. Dengan Paper.id, kamu bisa memantau pembayarannya hanya dari HP, lho. Selain itu, tersedia 30 lebih metode pembayaran yang bisa dipilih buyer sesuai kebutuhan. Semuanya gratis, download sekarang!

Banner Android Landscape