Istilah ekspansi tentunya sudah tidak asing di telinga masyarakat umum, baik itu business owner ataupun tidak. Ekspansi sering dikaitkan dengan istilah seperti “pelebaran”, “perluasan”, atau “pengembangan”.
Lantas apa arti ekspansi sebenarnya? Apakah hanya pelebaran saja? Apa arti ekspansi dalam bisnis? Yuk kita bahas!
Definisi Ekspansi
Ekspansi merupakan aktivitas bisnis yang dilakukan dengan memperluas atau memperbesar usaha yang diikuti oleh penciptaan pasar baru, perluasan fasilitas, perekrutan pegawai, dan lain-lain.
Ekspansi dilakukan perusahaan untuk mencapai beberapa tujuan seperti menarik konsumen baru, mendulang keuntungan lebih banyak, meningkatkan daya saing, meningkatkan skala ekonomi, dan lain-lain.
Jenis-jenis Ekspansi
- Merger
Ekspansi merger dilakukan perusahaan dengan menggabungkan dua perusahaan atau lebih menjadi satu perusahaan.
- Akuisisi
Akuisisi akan terjadi ketika suatu perusahaan membeli perusahaan lainnya untuk menambah keuntungan.
- Hostile takeover
Hostile takeover merupakan pembelian saham mayoritas suatu perusahaan yang dilakukan oleh suatu perusahaan lain tanpa persetujuan dari manajemen perusahaan tersebut.
- Leveraged Buyout (LBO)
Leveraged Buyout (LBO) merupakan pembelian perusahaan oleh perusahaan lain menggunakan utang yang akan dibayar kembali dari arus kas perusahaan yang dibeli.
- Expansi pertumbuhan internal
Pertumbuhan perusahaan akibat peningkatan penjualan atau produksi.
- Ekspansi pertumbuhan external
Pertumbuhan perusahaan yang merupakan hasil dari merger atau akuisisi.
Cara Melakukan Ekspansi
- Buat perencanaan yang matang
Perencanaan yang matang sangat dibutuhkan apabila perusahaan ingin melakukan ekspansi. Jika tidak, perusahaan tersebut akan kehilangan kontrol atas bisnisnya serta kehilangan arah.
Dalam melakukan perencanaan ekspansi, kamu harus memperhatikan beberapa aspek seperti:
- Meningkatkan jumlah produk sesuai dengan peningkatan pasar
- Membuat varian produk baru
- Meningkatkan jumlah atau luas gudang untuk menampung penambahan jumlah produk
- Meningkatkan jumlah karyawan
- Bikin produk atau layanan baru
Membuat produk atau layanan baru merupakan salah satu cara kreatif untuk mengembangkan bisnis suatu perusahaan. Dengan melakukan hal ini, perusahaan akan membangun citra baru sekaligus memperluas pasar perusahaan.
Ketika kamu hendak membuat produk baru, pastikan kamu telah melakukan analisis persaingan pasar serta menentukan segmentasi pasar agar kamu dapat menemukan keunikan produk dan menyesuaikan produk dengan pasar.
Selain itu, produk kamu tetap memiliki beberapa aspek penting penting pada umumnya seperti, value produk, logo dan nama yang sesuai dengan target pasar.
- Aktif lakukan promosi
Perusahaan yang melakukan ekspansi, alangkah baiknya aktif mempromosikan bisnisnya. Hal ini dilakukan demi menjaga tingkat penjualan serta memperluas pasar.
Contoh Ekspansi
Salah satu contoh sukses ekspansi yang umum terjadi adalah perusahaan kopi Kenangan. Sejak didirikan pada tahun 2017, Kenangan telah aktif dalam ekspansi dengan membuka gerai baru.
Pada tahun 2023, Kopi Kenangan telah berhasil membuka 927 gerai yang tersebar di 67 kota. Tidak hanya itu, Kopi Kenangan juga berhasil merambah pasar internasional dengan membuka 23 gerai di Malaysia dan 5 gerai di Singapura.
Langkah ekspansi ini juga terbukti menghasilkan keuntungan besar bagi perusahaan. Pada tahun 2019, Kopi Kenangan berhasil menambah dua gerai setiap hari dan meraup keuntungan 13 kali lipat dari tahun 2018 yaitu sebesar Rp 314 miliar.
Demikian penjelasan singkat mengenai ekspansi. Intinya, ekspansi merupakan tindakan perluasan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak.
Selain itu, perusahaan juga melakukan ekspansi untuk memperluas pasar sekaligus meningkatkan skala ekonomi perusahaan.
Mau ekspansi tapi bingung belajar dimana? Baca disini aja!
Dengan melakukan ekspansi, maka konsumen akan semakin banyak dan tingkat transaksi juga akan meningkat. Kamu bingung dan kesulitan transaksi karena ribet dan berantakan? Tenang aja, Paper.id siap bantu.
Dengan Paper.id, kamu bisa melakukan pembayaran dengan metode pembayaran mulai dari kartu kredit, OVO, marketplace (Tokopedia, Shopee & Blibli), dan lainnya untuk kamu & buyermu. Download sekarang dengan klik tombol di bawah