Collection Staff adalah suatu peran dalam perusahaan yang mungkin saja kamu perlukan sebagai business owner. Pasalnya, profesional dalam bidang ini dapat membantumu dalam penagihan transaksi atau invoice agar tepat waktu dan menjaga cash flow bisnis tetap sehat. Simak penjelasan lengkapnya tentang Collection Staff berikut ini, ya!
Definisi Collection Staff
Collection Staff adalah karyawan yang bertanggung jawab atas pengelolaan dan penagihan piutang atau pembayaran dari pelanggan yang memiliki kewajiban finansial terhadap perusahaan.
Mereka biasanya bekerja di departemen keuangan atau kredit di berbagai industri, terutama di perusahaan yang memberikan kredit atau pinjaman.
Tugas Collection Staff
1. Menagih utang
- Menghubungi pelanggan yang memiliki tunggakan pembayaran melalui telepon, email, atau surat.
- Menginformasikan pelanggan mengenai jumlah utang, tanggal jatuh tempo, dan metode pembayaran.
- Mencatat dan memantau status pembayaran pelanggan.
- Menegosiasikan rencana pembayaran dengan pelanggan yang mengalami kesulitan keuangan.
2. Mengelola data
- Memelihara catatan yang akurat dan terperinci mengenai aktivitas penagihan.
- Memperbarui informasi pelanggan dalam sistem database.
- Menyiapkan laporan mengenai status penagihan.
3. Menangani keluhan terkait penagihan
- Menanggapi pertanyaan dan keluhan pelanggan terkait dengan penagihan.
- Menyelesaikan masalah pembayaran dengan cara yang profesional dan efisien.
- Menjaga hubungan baik dengan pelanggan.
4. Memastikan kepatuhan terhadap kebijakan yang berlaku
- Memastikan bahwa semua aktivitas penagihan dilakukan sesuai dengan peraturan dan kebijakan perusahaan.
- Mematuhi undang-undang dan peraturan yang berlaku terkait dengan penagihan utang.
Itulah definisi dan tugas Collection Staff.
Jika ingin invoice dibayar tepat waktu tanpa perlu repot, kamu bisa menggunakan Paper.id dengan fitur invoice reminder-nya. Tentunya, kamu bisa buat invoice secara digital dan praktis di Paper.id.
Nantinya, kamu bisa pilih sesukamu kapan pengingat pembayaran akan diterbitkan. Pada saat tanggalnya, Paper.id akan secara otomatis mengingatkan mitra bisnis lewat sistem, sehingga pasti tepat waktu.
Yuk, registrasi kan bisnismu ke Paper.id sekarang!