Budget merupakan istilah yang sudah sering digunakan dalam konteks bisnis maupun keuangan pribadi. Sebenarnya, apa itu budget? Yuk, pahami definisi dan contoh lengkapnya di sini!
Definisi Budget
Budget atau anggaran adalah rencana keuangan yang dibuat untuk mengatur pendapatan dan pengeluaran dalam jangka waktu tertentu.
Mengatur budget berguna untuk memastikan dana yang tersedia digunakan dengan rencana yang tertata baik, sehingga mengurangi risiko kekurangan atau kehabisan uang.
Dalam budget, ada beberapa komponen penting yaitu:
- pendapatan
- pengeluaran
- tujuan keuangan
- saldo akhir
Dalam bisnis, melakukan budgeting bertujuan untuk membantu perusahaan merencanakan kegiatan operasionalnya di masa mendatang dan mengendalikan keuangannya.
Contoh Budget dalam Bisnis
Dalam bisnis, pengaturan budget bisa dilakukan seperti contoh di bawah ini.
Kategori | Perkiraan Biaya (Rp) |
Pendapatan: | |
Penjualan Kopi | 15.000.000 |
Penjualan Makanan Ringan | 5.000.000 |
Total Pendapatan | 20.000.000 |
Pengeluaran: | |
Bahan Baku (Kopi, Susu, dll.) | 6.000.000 |
Bahan Baku Makanan | 2.000.000 |
Gaji Karyawan (2 orang) | 4.000.000 |
Sewa Tempat | 2.000.000 |
Listrik & Air | 500 |
Perlengkapan & Kebersihan | 200 |
Pemasaran | 300 |
Lain-lain (Tak Terduga) | 500 |
Total Pengeluaran | 15.500.000 |
Laba Bersih | 4.500.000 |
Bagaimana, cukup simpel, bukan? Terkait komponennya, kamu bisa sesuaikan dengan kondisi bisnismu sendiri.
Selain itu, agar tidak ribet dalam mengatur budgeting bisnis, kamu bisa gunakan Paper.id. Di Paper.id, selain bisa buat invoice digital dan bayar supplier atau terima pembayaran dari buyer dengan 30+ opsi pembayaran termasuk kartu kredit, kamu juga bisa cek laporan keuangan sederhana dari platform yang sama.
Yuk, download aplikasinya dengan klik banner berikut, gratis untuk iOS dan Android!
Jangan lupa untuk registrasi gratis, nikmati semua fitur bermanfaatnya untuk bisnis.