Budget merupakan istilah yang sudah sering digunakan dalam konteks bisnis maupun keuangan pribadi. Sebenarnya, apa itu budget? Yuk, pahami definisi dan contoh lengkapnya di sini!

Definisi Budget

Budget atau anggaran adalah rencana keuangan yang dibuat untuk mengatur pendapatan dan pengeluaran dalam jangka waktu tertentu. 

Mengatur budget berguna untuk memastikan dana yang tersedia digunakan dengan rencana yang tertata baik, sehingga mengurangi risiko kekurangan atau kehabisan uang.

Dalam budget, ada beberapa komponen penting yaitu:

  • pendapatan
  • pengeluaran
  • tujuan keuangan
  • saldo akhir

Dalam bisnis, melakukan budgeting bertujuan untuk membantu perusahaan merencanakan kegiatan operasionalnya di masa mendatang dan mengendalikan keuangannya.

Contoh Budget dalam Bisnis

Dalam bisnis, pengaturan budget bisa dilakukan seperti contoh di bawah ini. 

KategoriPerkiraan Biaya (Rp)
Pendapatan:
Penjualan Kopi15.000.000
Penjualan Makanan Ringan5.000.000
Total Pendapatan20.000.000
Pengeluaran:
Bahan Baku (Kopi, Susu, dll.)6.000.000
Bahan Baku Makanan2.000.000
Gaji Karyawan (2 orang)4.000.000
Sewa Tempat2.000.000
Listrik & Air500
Perlengkapan & Kebersihan200
Pemasaran300
Lain-lain (Tak Terduga)500
Total Pengeluaran15.500.000
Laba Bersih4.500.000

Bagaimana, cukup simpel, bukan? Terkait komponennya, kamu bisa sesuaikan dengan kondisi bisnismu sendiri.

Selain itu, agar tidak ribet dalam mengatur budgeting bisnis, kamu bisa gunakan Paper.id. Di Paper.id, selain bisa buat invoice digital dan bayar supplier atau terima pembayaran dari buyer dengan 30+ opsi pembayaran termasuk kartu kredit, kamu juga bisa cek laporan keuangan sederhana dari platform yang sama.

Yuk, download aplikasinya dengan klik banner berikut, gratis untuk iOS dan Android!

download paper

Jangan lupa untuk registrasi gratis, nikmati semua fitur bermanfaatnya untuk bisnis.