Surat jalan, atau dalam bahasa Inggris disebut “delivery note” atau “waybill” memiliki peran penting dalam supply chain karena membantu melacak dan mengatur pengiriman barang dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan lebih lanjut tentang surat jalan, mengapa penting dalam bisnis, dan komponen-komponen utamanya.

Definisi Surat Jalan

Surat jalan adalah dokumen yang menyertai pengiriman barang dari penjual ke pembeli. Dokumen ini mencatat detail tentang barang yang dikirim serta informasi terkait pengiriman. Tujuan utama dari surat jalan adalah untuk memberikan bukti bahwa barang telah dikirim dan memberikan informasi kepada penerima tentang isinya.

Isi Surat Jalan

Dalam surat jalan, biasanya terdapat informasi seperti:

  1. Detail Pengirim: Nama dan alamat penjual atau pihak yang mengirim barang.
  2. Detail Penerima: Nama dan alamat pembeli atau pihak yang akan menerima barang.
  3. Deskripsi Barang: Informasi tentang barang yang dikirim, seperti jenis barang, jumlah, dan mungkin berat atau dimensi.
  4. Instruksi Pengiriman: Cara barang tersebut dikirim, termasuk kurir atau metode pengiriman, serta nomor pelacakan jika ada.
  5. Tanda Tangan Penerima: Ada tempat untuk penerima menandatangani sebagai bukti bahwa mereka telah menerima barang tersebut.

Contoh Surat Jalan

Berikut adalah contoh surat jalan yang bisa jadi referensimu.

Untuk detail tentang apa itu surat jalan dan contohnya, simak artikelnya di blog Paper.id dengan klik di sini.

Buat mudah surat jalan dengan menggunakan Paper.id. Tercatat otomatis & bisa dicocokkan langsung dengan purchase order dan sales invoice. Proses procurement jadi lebih mudah & bebas dari human error. Download sekarang dengan klik tombol di bawah, gratis!

download paper