Microsoft Excel umumnya digunakan untuk membuat invoice atau faktur. Ini karena Excel memberikan kemudahan, terutama dalam menyediakan format rumus yang bisa otomatis dihasilkan. Invoice format Excel pun bisa dengan mudah diunduh atau download. Simak penjelasan lengkap download format invoice Excel beserta contoh template-nya di bawah ini.

Definisi Invoice Excel 

Download format invoice Excel adalah mengunduh atau mengambil file template invoice yang dibuat dalam format Microsoft Excel. File ini bisa digunakan untuk membuat invoice atau tagihan dalam transaksi bisnis, dan biasanya berisi kolom-kolom, seperti tanggal, nomor invoice, rincian barang atau jasa, jumlah, dan total biaya.

Dengan menggunakan Excel, kamu dapat dengan mudah menyesuaikan template untuk kebutuhan spesifik bisnis, menghitung secara otomatis menggunakan rumus, dan menyimpan serta mencetak invoice. Excel juga memudahkan untuk mengelola dan mengarsipkan invoice dalam satu tempat yang terorganisir.

Komponen Isi pada Invoice 

Invoice sebagai dokumen transaksi resmi mencakup lebih dari sekadar deskripsi barang atau jasa yang dijual. Biasanya, komponen isi invoice berisi rincian informasi, sebagai berikut:

  1. Header: Informasi dasar invoice, termasuk nama perusahaan, alamat, nomor telepon, dan email. 
  2. Nomor invoice: Nomor unik yang mengidentifikasikan invoice.   
  3. Tanggal invoice: Tanggal pembuatan invoice.                       
  4. Tanggal jatuh tempo: Tanggal batas pembayaran invoice.                     
  5. Informasi kontak pengirim atau supplier: Nama, alamat, nomor telepon, dan email pengirim.  
  6. Informasi kontak penerima atau buyer: Nama, alamat, nomor telepon, dan email penerima.   
  7. Deskripsi item: Rincian produk atau layanan yang diberikan.              
  8. Kuantitas: Jumlah unit dari setiap item.                            
  9. Harga per unit: Harga untuk setiap unit item.                           
  10.  Subtotal: Jumlah sebelum pajak atau diskon.                         
  11. Pajak: Jumlah pajak yang diterapkan, seperti PPN.                
  12. Total: Jumlah akhir setelah pajak dan diskon (jika ada).        
  13. Metode pembayaran: Informasi mengenai metode pembayaran yang diterima.
  14. Catatan tambahan: Catatan atau syarat ketentuan khusus.    

Contoh Invoice Template Excel

Contoh invoice format Excel
Contoh invoice format Excel

Untuk mempermudah kamu dalam pembuatan invoice, berikut ini template invoice kosong format Excel yang bisa kamu unduh di bawah ini. Dengan begitu, kamu tak perlu hitung manual!

Sekarang, kamu tak perlu repot membuat template invoice secara manual satu per satu atau dengan menggunakan Microsoft Excel di mana dokumen mudah hilang. Dengan menggunakan platform seperti Paper.id, proses pembuatan invoice menjadi lebih praktis berkat adanya template yang hanya perlu kamu isi sesuai kebutuhan.

Invoice dari paper.id juga telah dilengkapi dengan e-Materai dari PERURI dan buyer juga bisa membayar invoice melalui metode QRIS, virtual account, Tokopedia, Shopee, Blibli, hingga kartu kredit untuk tambahan tempo pembayaran. Ini semua gratis! 

Daftar sekarang di sini untuk bisnismu!

Kamu juga tak perlu khawatir karena daftar Paper.id gratis dan mudah. Pastikan kamu bisa menikmati fitur lengkap Paper.id dengan menyelesaikan verifikasi bisnisnya seperti panduan berikut!

Paper.id