Membuat invoice dengan Microsoft Excel memberikan kemudahan, terutama karena format rumus yang bisa otomatis dihasilkan. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuat invoice di Excel. Simak penjelasan lengkap invoice Excel beserta contoh template-nya di bawah ini. 

Definisi Invoice Excel 

Invoice Excel adalah invoice atau faktur yang dibuat dan dikelola menggunakan Microsoft Excel. Biasanya, format ini digunakan untuk membuat invoice yang memuat informasi seperti nama perusahaan, detail barang atau jasa, jumlah pembayaran, tanggal jatuh tempo, serta informasi pembayaran lainnya.

Kelebihan Membuat Invoice di Excel

Membuat invoice di Excel memiliki kelebihan, salah satunya menyediakan perhitungan rumus otomatis, yang memudahkan perhitungan total harga dan pajak tanpa perlu hitung manual. Namun, ada kelebihan lain dari membuat invoice di Microsoft Excel, sebagai berikut:

  1. Fleksibel menyesuaikan template: Excel memudahkan pengguna untuk mengatur format dan tampilan invoice sesuai dengan kebutuhan bisnis.
  2. Mudah digunakan dengan fitur yang familiar: Excel adalah software yang umum digunakan dan mudah diakses oleh banyak orang tanpa memerlukan keterampilan khusus.
  3. Perhitungan otomatis dengan rumus: Excel memudahkan penghitungan total, pajak, dan diskon dengan formula sederhana yang otomatis bisa dihasilkan oleh sistem.
  4. Menyimpan data dengan mudah dalam satu file: Pengguna dapat dengan mudah menyimpan dan melacak data invoice di lembar kerja yang sama untuk analisis keuangan. Sehingga, data tidak tercecer atau lebih terorganisir.

Namun, untuk volume transaksi yang besar, Microsoft Excel tidak efisien digunakan karena memakan ukuran file yang besar dan rentan hilang. Oleh karena itu, dibutuhkan software invoicing yang menawarkan fitur lebih lengkap dan memadai.

Komponen Isi pada Invoice 

Invoice sebagai dokumen bukti transaksi memiliki komponen isi yang harus lengkap dan jelas. Baik invoice template Excel atau format lainnya, umumnya komponen isi invoice memuat detail informasi berikut ini:

1. Komponen isi utama

KategoriDeskripsi
Informasi supplierNama perusahaan, alamat, nomor PPN (VAT ID) dari supplier
Informasi buyerNama bisnis, alamat, ID PPN buyer
Tanggal invoiceTanggal invoice diterbitkan
Nomor invoiceNomor invoice sebagai identifikasi
Deskripsi barang atau jasaDeskripsi baris item barang atau jasa yang disediakan
Jumlah dan harga satuanJumlah dan harga satuan barang atau jasa
Diskon atau potongan hargaDiskon atau potongan harga yang berlaku
Jumlah total yang harus dibayarJumlah total yang harus dibayar, subtotal, dan jumlah total pajak yang dibebankan
Tarif pajak dan jumlah pajakTarif pajak yang berlaku dan jumlah pajak yang dibebankan untuk setiap tarif
Mata uang dan nilai tukarMata uang yang digunakan dan nilai tukar terhadap mata uang lokal (jika ada)
Tabel Elemen Isi Utama Invoice

2. Komponen isi tambahan

KategoriDeskripsi
Judul dokumenJudul dokumen
Syarat pembayaranSyarat pembayaran
Metode pembayaranMetode pembayaran (cash, virtual account, transfer bank, ewallet, marketplace, kartu kredit, atau paylater, dan sebagainya)
Tenggat waktuTenggat waktu pembayaran
Status pendaftaran PPNApakah bisnis terdaftar PPN atau tidak, dan apakah invoice ini merupakan invoice PPN
ID supplier, nomor pesananID supplier, nomor pesanan pembelian, dan informasi relevan lainnya
Tabel Elemen Isi Tambahan Invoice

Contoh Invoice Template Excel

Contoh invoice
Contoh invoice

Untuk mempermudah kamu dalam pembuatan invoice, berikut ini template invoice kosong format Excel yang bisa kamu unduh di bawah ini. Dengan begitu, kamu tak perlu hitung manual!

Sekarang, kamu tak perlu repot membuat template invoice secara manual satu per satu atau dengan menggunakan Microsoft Excel di mana dokumen mudah hilang. Dengan menggunakan platform seperti Paper.id, proses pembuatan invoice menjadi lebih praktis berkat adanya template yang hanya perlu kamu isi sesuai kebutuhan.

Invoice dari paper.id juga telah dilengkapi dengan e-Materai dari PERURI dan buyer juga bisa membayar invoice melalui metode QRIS, virtual account, Tokopedia, Shopee, Blibli, hingga kartu kredit untuk tambahan tempo pembayaran. Ini semua gratis! 

Daftar sekarang di sini untuk bisnismu!

Kamu juga tak perlu khawatir karena daftar Paper.id gratis dan mudah dengan 4 langkah berikut ini. Pastikan kamu bisa menikmati fitur lengkap Paper.id dengan menyelesaikan verifikasi bisnisnya seperti panduan berikut!

Paper.id