Checkout page adalah elemen krusial dalam berbelanja online, baik di e-commerce B2C maupun dalam transaksi antar bisnis. Sebagai titik akhir dalam proses pembelian, checkout page memfasilitasi buyer untuk membayar pesanannya dalam satu platform. Lalu, apa itu checkout page? Simak penjelasan lengkapnya di sini.

Definisi Checkout Page

Checkout page adalah halaman pada situs web atau aplikasi e-commerce dan pembayaran tagihan di mana buyer menyelesaikan proses pembelian mereka. Proses checkout berisi data rincian pengiriman barang, rincian tagihan, metode pengiriman dan metode pembayaran.

Di sini, buyer biasanya akan mengulas pesanan, mengisi informasi pengiriman, memilih metode pembayaran seperti kartu kredit, transfer bank, atau e-wallet, memasukkan kode kupon atau voucher (jika ada) untuk mendapatkan diskon atau penawaran khusus, melihat total biaya, menyelesaikan transaksi dan mengkonfirmasi pesanan.

Cara Kerja Checkout Page

Cara kerja halaman checkout melibatkan beberapa langkah penting untuk menyelesaikan transaksi pembelian di situs web atau aplikasi. Berikut adalah cara kerjanya secara umum:

  1. Masukkan informasi pribadi dan pembayaran: Buyer mengisi detail pribadi seperti nama, alamat email, dan nomor telepon. Mereka juga memasukkan informasi pembayaran, seperti nomor kartu kredit atau detail metode pembayaran lainnya.
  2. Pilih ipsi pengiriman: Buyer memilih metode pengiriman yang diinginkan (misalnya, standar atau  ekspres) dan memasukkan alamat pengiriman jika berbeda dari alamat penagihan.
  3. Tinjau pesanan: Buyer memeriksa ringkasan pesanan mereka, termasuk produk atau layanan yang akan dibeli, jumlah, harga, dan biaya tambahan seperti pajak dan pengiriman.
  4. Masukkan kode diskon atau promo (jika ada): Jika buyer memiliki kode voucher atau promo, mereka memasukkan kode tersebut untuk mendapatkan diskon atau penawaran khusus.
  5. Selesaikan transaksi: Buyer mengonfirmasi dan menyelesaikan pembayaran. Situs web memproses pembayaran dan mengonfirmasi transaksi.
  6. Konfirmasi pesanan: Buyer menerima konfirmasi pesanan, sering kali melalui email, yang mencakup rincian pesanan dan informasi pelacakan pengiriman.

Jenis-Jenis Checkout Page

1. Checkout satu halaman (one page checkout)

Checkout satu halaman adalah proses checkout online yang disederhanakan di mana buyer dapat menyelesaikan transaksi dalam satu halaman. Jenis checkout ini dirancang untuk membuat langkah akhir dari pembelian online secepat dan semudah mungkin. Berikut ini contoh dari one page checkout:

Contoh checkout page
Source: Checkout Page

Keunggulan dari checkout satu halaman adalah:

  • Transaksi belanja yang lebih cepat: Semua langkah checkout diselesaikan di satu halaman, menghemat waktu untuk menyelesaikan transaksi.
  • Mengurangi jumlah klik: Buyer tidak perlu banyak mengklik atau membuka beberapa halaman, karena transaksi pembayaran dilakukan dalam satu halaman.
  • Lebih mudah dikelola: Pengelolaan dan pemeliharaan halaman checkout lebih sederhana karena hanya satu halaman yang perlu diperbarui atau dioptimalkan.

2. Checkout multi-langkah (multi-step checkout)

Checkout multi-langkah menyediakan pengalaman checkout yang lebih rinci dan terarah, lebih cocok untuk transaksi yang kompleks atau lebih besar. Buyer harus membuka beberapa halaman untuk menyelesaikan proses pembayaran. Sehingga, memberikan pengalaman berbelanja online yang terstruktur, tetapi transaksi yang dilakukan tidak lebih cepat dibandingkan one page checkout. Berikut contoh dari checkout multi-langkah:

Contoh checkout page
Source: Wiley.com

3. Checkout Langganan (subscription checkout)

Checkout langganan adalah jenis checkout khusus untuk pembayaran berulang. Jenis checkout ini mengatur pembayaran otomatis untuk layanan atau produk yang berkelanjutan. 

Umumnya, subscription checkout digunakan oleh bisnis yang menawarkan layanan atau produk yang dibayar secara periodik, seperti bulanan atau tahunan. Sistem checkout langganan biasanya dilengkapi dengan fitur otomatisasi yang membantu bisnis mengelola langganan pelanggan dan mengirim pengingat pembayaran. Berikut ini contoh dari checkout langganan.

Contoh checkout page
Source: Checkout Page

Checkout page tidak hanya tersedia untuk transaksi pembayaran di e-commerce, tetapi juga memfasilitasi proses transaksi antar bisnis seperti pembayaran invoice.  Halaman ini memungkinkan bisnis untuk menyelesaikan pembayaran invoice dengan cepat.

Seperti Paper.id sebagai platform invoicing yang mampu membuat dan membayar invoice digital tanpa batasan dengan beragam template yang telah tersedia. Invoice dari Paper.id juga telah terjamin keabsahannya karena dilengkapi e-Materai dari PERURI.

Kamu juga bisa mengirimkan invoice digital secara otomatis ke buyer melalui email, SMS, dan WhatsApp. Buyer pun bisa membayar melalui metode m-banking, VA, Tokopedia, Shopee, Blibli, hingga kartu kredit untuk tambahan tempo pembayaran. Semua transaksi dan proses tercatat otomatis.

Untuk info lebih lanjut cek di sini.