Business owner yang berhasil menemukan dan memaksimalkan niche market pada bisnisnya akan mendapat banyak keuntungan. Pasalnya, niche market menawarkan beberapa kemudahan bagi perusahaan untuk menjalankan bisnis.

Lantas apa itu niche market? Serta bagaimana cara kita mengidentifikasinya? Simak ulasan berikut!

Definisi Niche Market

Niche market merupakan segmentasi pasar khusus yang berfokus pada suatu populasi yang memiliki kebutuhan, preferensi, atau karakteristik khusus tertentu. Jadi, business owner hanya fokus mengembangkan produk untuk memenuhi kebutuhan niche market.

Hal ini memberikan keuntungan bagi pemilik bisnis karena mereka dapat menghindari persaingan ketat di pasar umum dan fokus pada pengembangan produk sesuai kebutuhan pasar, tanpa khawatir akan disaingi oleh pesaing.

Lingkup pasar yang kecil dan khusus ini juga dapat meningkatkan profit perusahaan karena fleksibilitas dalam penentuan harga. Penentuan harga ini juga harus sesuai dengan fungsi dan nilai tambah yang ditawarkan daripada di tempat lain.

Karakteristik Niche Market

  1. Target Market Spesifik

Target market yang tersedia dalam niche market berjumlah sedikit karena hanya terfokus pada golongan tertentu saja. Maka dari itu, business owner perlu melakukan riset dan pertimbangan tentang latar belakang konsumen untuk menentukan pasar niche.

  1. Konsumen Homogen

Konsumen yang tersedia di niche market bersifat homogen sehingga permainan dalam menentukan harga akan penting untuk dilakukan. Selain itu, konsumen niche market juga memiliki intensi untuk membeli produk dalam jangka waktu panjang.

  1. Variasi Produk Tidak Terlalu Banyak

Dikarenakan persaingan jauh lebih longgar daripada pasar bebas, maka produk yang beredar di niche market tidak terlalu banyak. 

  1. Tidak Terlalu Kompetitif

Tingkat kompetitif yang rendah dalam niche market dikarenakan tidak banyaknya kompetitor yang hadir dalam pasar.

  1. Ditentukan Berdasarkan Demografi, Geografi, dan Gaya Hidup

Dikarenakan terdiri dari segmen pasar yang khusus, maka konsumen yang akan dijadikan kelompok niche market bisa dikelompokan sesuai dengan demografi (usia, jenis kelamin, status perkawinan, dll.), area geografis, penghasilan, dll.

  1. Produk yang Beredar Bersifat Memenuhi Kebutuhan Spesifik

Produk dalam pasar niche memenuhi kebutuhan spesifik konsumen dan mungkin terabaikan oleh pesaing yang lebih besar, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Contoh Niche Market

Niche market Perhiasan Berbahan Baku Daur Ulang: Niche market ini menyediakan perhiasan yang terbuat dari bahan baku daur ulang atau material ramah lingkungan lainnya, yang menarik bagi konsumen penggemar perhiasan yang peduli akan keberlanjutan lingkungan.

Contoh lainnya adalah penyedia layanan perbaikan dan restorasi khusus untuk alat musik antik. Ini adalah pasar yang sangat spesifik dan menyediakan layanan yang sulit ditemukan di tempat lain. 

Konsumen dalam niche ini biasanya adalah kolektor atau pemain musik yang memiliki instrumen langka dan ingin memastikan pemeliharaan yang tepat untuk nilai historis dan seni dari alat musik mereka.

Demikian penjelasan singkat mengenai niche market. Pada intinya, niche market ini merupakan suatu segmen pasar khusus yang membuat para pelaku bisnis membuat produknya khusus untuk melengkapi kebutuhan pasar tersebut.

Pelaku usaha yang terjun ke pasar niche akan menemukan beberapa keuntungan, seperti sedikitnya pesaing, tingkat kompetitif yang lebih rendah dibandingkan dengan pasar umum, dan peluang untuk meraih keuntungan lebih besar.

Perusahaan kamu sudah menentukan niche market tapi bingung mau transaksi yang gampang dengan vendor buat bikin produk kamu gimana? Tenang aja, Paper.id siap membantu! 

Dengan Paper.id, kamu bisa melakukan pembayaran dengan metode pembayaran mulai dari kartu kredit, OVO, marketplace (Tokopedia, Shopee & Blibli), dan lainnya untuk kamu & buyermu. Download sekarang dengan klik tombol di bawah!