Sebagai pemilik bisnis dengan inventori besar, tentunya kamu memerlukan ruang penyimpanan yang memadai untuk stok barang. Salah satu fungsi krusial gudang adalah untuk mendokumentasikan setiap barang yang masuk dan keluar, serta menyimpan data secara akurat. Oleh karena itu, aplikasi gudang menjadi sangat penting untuk mempermudah pengelolaan stok. Penggunaan aplikasi ini tidak hanya mengurangi risiko kesalahan pencatatan, tetapi juga memungkinkan kamu untuk selalu mengetahui jumlah sisa persediaan.

Selain itu, dalam mengelola inventori, penting bagi kamu untuk memiliki alat yang dapat membantu memantau tingkat stok secara efisien agar produk tidak kehabisan stok secara tiba-tiba. Tentunya kamu menginginkan sebuah aplikasi yang mencakup semua kebutuhan tersebut, bukan?

Berikut ini adalah 7 rekomendasi software inventory atau aplikasi stok gudang terbaik di Indonesia yang dapat kamu pertimbangkan untuk mengoptimalkan manajemen persediaan barang bisnismu.

Baca Juga: 5 Cara Efisien Kelola Stok Pakai Sistem Manajemen Gudang

Rekomendasi Aplikasi Stok Gudang Yang Bisa Digunakan

1. Paper.id

Rekomendasi aplikasi gudang yang pertama, yaitu Paper.id. Buat kamu yang belum tahu, Paper.id adalah software invoice & payment online yang membantu pelaku bisnis dalam pengelolaan invoicing & pembayaran secara gampang. 

Fitur utama yang ditawarkan dari aplikasi ini adalah invoicing & payment. Selain itu masih banyak fitur didalamnya salah satunya adalah manajemen proses stok barang dan penjualan barang mulai dari otomatis kurangi atau tambahkan stok dari pengiriman invoice, hitung otomatis sisa produk & penyesuaian stok jika adanya selisih dengan pencatatan, atau auto generate laporan stok barang dengan cepat. 

Keunggulan dari Paper.id adalah Paper.id menyediakan fitur Free alias gratis yang dapat digunakan tanpa batasan waktu. Paper.id sudah terintegrasi dengan Payment Gateway sehingga dapat mempermudah pembayaran tagihan invoice client Anda. Paper.id juga memiliki fitur Reminder Invoice yang sehingga tidak akan ada lagi invoice yang kelupaan. Dan invoice nya itu sendiri sudah terhubung dengan stok gudang, jadi stok otomatis berkurang & bertambah setiap invoice terkirim dari pembelian maupun penjualan.

Tak perlu hitung manual lagi. 

Selain itu juga Paper.id sudah ada di banyak device, mulai dari Android, iOS & Desktop. Gimana, menarik bukan?Biaya yang ditawarkan Paper.id pun untuk penggunanya adalah GRATIS. Jadi kamu bisa mencoba aplikasi ini secara cuma-cuma tanpa harus khawatir terhadap biayanya. Buat kamu yang tertarik, kamu bisa langsung klik tombol dibawah ini ya. 

2 . Gudang Online Crewdible

Rekomendasi pertama untuk aplikasi gudang adalah Crewdible. Bagi yang belum familiar, Crewdible merupakan sebuah software gudang berbasis online yang dirancang untuk membantu para pelaku bisnis dalam mengelola operasional gudang mereka.

Lebih lanjut, Crewdible menyediakan fasilitas untuk mengatur proses stok barang dan penjualan, mulai dari tahapan picking dan packing hingga pengiriman, semuanya dilakukan secara real-time.

Baca Juga: Cara Mengelola Stok Barang di Gudang

3. Aplikasi Gudang Stock Controller

Berikutnya, kami merekomendasikan Stock Controller, sebuah aplikasi pengelolaan gudang yang kompatibel dengan iPhone dan Mac. Aplikasi ini berperan sebagai sistem manajemen persediaan yang memungkinkan kamu untuk mengelompokkan item berdasarkan kategori yang berbeda.

Tidak hanya itu, Stock Controller juga memudahkan kamu dalam mengurutkan item sesuai dengan kategori masing-masing dan mengelola stok barang secara simultan. Ini adalah pilihan yang sangat praktis bagi pengguna perangkat Apple yang mencari solusi pengelolaan gudang yang efisien dan mudah diakses.

4. Sortly Pro

Untuk aplikasi gudang yang sederhana dan efektif, kamu bisa mempertimbangkan Sortly Pro. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk melacak setiap barang secara visual di berbagai lokasi gudang, menambahkan kemudahan dan transparansi dalam manajemen inventori.

Sortly Pro dilengkapi dengan berbagai fitur yang dirancang untuk mempermudah operasional gudangmu. Beberapa fitur unggulannya termasuk scan barcode untuk memudahkan pencatatan saat barang masuk atau keluar, pelacakan aktivitas staff gudang, serta dukungan akses multi pengguna yang memungkinkan kolaborasi tim dalam skala yang lebih luas.

5. Netsuite WMS

Netsuite WMS adalah aplikasi pengelolaan gudang yang memudahkan proses penerimaan, penyimpanan, dan penghitungan barang dengan sistem barcode. Kamu bisa menggunakan smartphone untuk memindai barcode, dan uniknya, aplikasi ini juga dapat membaca kartu pembayaran.

Dengan tampilan antarmuka yang sederhana, Netsuite WMS sangat mudah digunakan. Cara kerjanya pun cukup praktis: kamu hanya perlu memindai kode QR dengan gadgetmu.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti data real-time, penagihan, manajemen inventaris, pemesanan, dan pengiriman. Keamanan data terjamin, memungkinkan kamu untuk mengakses dan membaca data kapan pun dibutuhkan, memberikan kemudahan dan keamanan dalam pengelolaan gudang.

6. Software Manajemen Gudang Hashmicro

Selanjutnya, kita punya sistem manajemen gudang (WMS) dari Hashmicro yang dirancang untuk memudahkan pengawasan atas setiap keluar masuknya barang. Dengan sistem ini, kamu tidak perlu lagi mengalami kesulitan dalam memantau pergerakan barang, karena Hashmicro menyediakan informasi secara real-time, mulai dari status persediaan hingga alokasi barang.

Sistem WMS Hashmicro memungkinkan kamu untuk mengoptimalkan persediaan barang, sehingga pengelolaan menjadi lebih efisien. Ini adalah solusi ideal untuk memastikan bahwa setiap aspek operasional gudangmu terkontrol dengan baik dan efektif.

7. Jubelio

Rekomendasi terakhir untuk aplikasi manajemen gudang yang bisa kamu pertimbangkan adalah Jubelio. Platform ini merupakan buatan Indonesia yang menawarkan beragam fitur untuk mempermudah penjualan dan manajemen usaha kamu.

Salah satu fitur unggulan Jubelio adalah sebagai aplikasi Warehouse Management System (WMS), di mana kamu dapat mengontrol secara penuh operasional gudangmu, meminimalisir kesalahan dalam penginputan barang. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengetahui stok barang hingga tingkat rak, serta memonitor status proses penempatan, pengambilan, hingga pengepakan barang.

Jubelio juga memudahkan pembuatan lokasi gudang, baik virtual maupun fisik, tanpa batasan jumlah. Proses penerimaan barang pun menjadi lebih mudah. Setiap mutasi barang dilengkapi dengan serial number untuk menghindari kesalahan penginputan.

Keuntungan lain dari Jubelio termasuk kemampuan untuk merencanakan pengisian stok, mengatur stok cadangan, dan melacak keluar masuk barang dengan sistem scan barcode (2D atau QR) menggunakan gadget kamu.

Nah, Itulah 7 rekomendasi aplikasi stok gudang gratis yang dapat kamu gunakan untuk mengelola persediaan barang dan meningkatkan efisiensi operasional usaha kamu.

Alfian Dimas