Apakah kamu berjualan di berbagai marketplace? Pernah mengalami kesulitan untuk mengurus operasional bisnis online, seperti upload produk, manajemen stok barang, sampai proses pesanan yang harus dilakukan secara manual. 

Tandanya, kamu butuh sistem yang bisa memudahkan berjalannya bisnismu, yaitu platform omnichannel marketplace

Memang apa itu sistem omnichannel dan seberapa penting untuk bisnis? 

Yuk! kita simak penjelasannya di artikel ini.

Apa Itu Omnichannel Marketplace?

Omnichannel marketplace adalah sebuah sistem yang mengintegrasikan berbagai channel penjualan yang digunakan oleh para pelaku usaha untuk berinteraksi dengan customer, baik mereka yang memiliki toko online maupun toko fisik (offline).

Umumnya, sistem omnichannel sudah dilengkapi banyak fitur-fitur untuk menunjang berjalannya operasional bisnis secara efisien. Mulai dari manajemen pesanan, manajemen stok barang, sistem manajemen gudang, software POS,  sampai membalas chat customer.

Fungsi sistem omnichannel adalah mempermudah seluruh operasional bisnis, dari yang awalnya semua serba manual sekarang kamu bisa mengelola semua kegiatan bisnis hanya lewat satu sistem saja.

Oleh karena itu, penggunaan omnichannel adalah salah satu cara untuk efisiensi operasional bisnis dalam mengoptimalkan proses bisnis dan sumber daya. 

Tujuannya untuk memberikan pengalaman customer yang konsisten dan mulus di berbagai saluran penjualan dengan melibatkan integrasi berbagai fungsi bisnis seperti penjualan, pemasaran, logistik, dan layanan customer.

Baca Juga: Cara Memilih Software Omnichannel Terbaik untuk Bisnis

Keuntungan Sistem Omnichannel untuk Bisnis Online

Buat kamu yang tertarik menggunakan platform omnichannel marketplace, ini 5 keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan software omnichannel pada bisnis, yaitu:

1. Meningkatkan jangkauan bisnis

Baik customer yang belanja online maupun yang membeli barang secara langsung di toko fisik.

2. Memperkuat brand image

Bisnis yang menggunakan strategi omnichannel biasanya lebih dihargai oleh konsumen karena dianggap up-to-date dan customer-friendly.

3. Dapat meningkatkan loyalitas customer

Kamu dapat berinteraksi dengan customer melalui berbagai saluran sehingga dapat membangun koneksi antara brand dengan customer.

4. Integrasi saluran penjualan

karena sistem omnichannel marketplace sudah memiliki fitur integrasi channel penjualan sehingga membantu kamu dalam mengelola segala operasional bisnis, mulai dari manajemen produk, manajemen pesanan, sinkronisasi stok barang, manajemen gudang, sampai pengiriman barang. 

5. Data customer

kamu juga bisa mengumpulkan data customer dari berbagai saluran interaksi dengan customer, baik online maupun offline, yang digabungkan untuk memberikan pandangan mengenai preferensi dan kebutuhan customer.

6. Efisiensi operasional bisnis

Sebagai pebisnis kamu bisa mengoptimalkan setiap proses dan sumber daya yang dimiliki. Dengan begitu, bisa menciptakan pengalaman customer yang konsisten di berbagai saluran.

7. Pantauan inventaris secara real-time

Kamu dapat mengawasi dan memperbarui informasi stok barang secara langsung di banyak saluran penjualan, baik online maupun offline sehingga memungkinkan bisnis untuk memiliki visibilitas penuh terhadap stok mereka, mengurangi risiko kehabisan atau kelebihan stok, dan meningkatkan efisiensi operasional.

Nah, sekarang kamu tahu kan kalo ternyata penggunaan software omnichannel mempunyai banyak keuntungan yang bisa didapatkan oleh bisnis. 

Baca juga: 10 Cara Ampuh Membuat Pesan Otomatis WA yang Menarik

Rekomendasi Software Omnichannel Terbaik di Indonesia

ominchannel marketplace jubelio

Ada rekomendasi omnichannel marketplace yang bisa kamu coba, yaitu platform Jubelio Omnichannel.

Jubelio adalah platform omnichannel yang telah dilengkapi banyak fitur untuk memudahkan kelola operasional bisnis online dan offline.

Karena sudah terintegrasi ke seluruh channel penjualan offline dan online, seperti marketplace, social commerce, website, dan toko fisik hanya melalui satu dashboard.

Tidak hanya itu, Jubelio juga memiliki berbagai fitur lainnya, seperti:

1. Adanya fitur upload produk secara massal

fitur satu ini akan  memudahkan kamu dalam mengunggah foto produk di seluruh marketplace sekaligus, termasuk memetakan setiap kategori sekaligus menyesuaikannya dengan sistem kategori di marketplace

2. Fitur sinkronisasi stok barang otomatis

Kalau biasanya kamu harus mengawasi stok di masing-masing marketplace dan harus sesuai dengan data fisik yang ada di gudang. Dengan fitur Sync stock, udah bisa berkurang secara otomatis dan real-time

3. Proses pesanan sekaligus di satu dahboard

Kamu dapat proses orderan dari seluruh marketplace hanya melalui satu dashboard dibandingkan harus membuka banyak tab di desktop untuk memproses seluruh pesanan yang masuk pada toko di berbagai marketplace.

4. Adanya fitur Warehouse Management System

Yang dapat memudahkanmu dalam manajemen gudang, seperti manajemen lokasi gudang, proses picking, packing, pengiriman barang dalam satu sistem.

Bagi kamu yang punya toko offline, kamu bisa menggunakan software POS untuk mempermudah transaksi penjualan dan pembelian.

5. Adanya fitur chat commerce

Fitur ini akan membantu kamu balas chat customer dari berbagai channel penjualan melalui satu dashboard sehingga tidak perlu bukan marketplace satu persatu.

Baca Juga: Aggregator Logistik: Pengertian, Manfaat, dan Rekomendasi

Kalo kamu pengen menambah channel penjualan online lainnya, seperti website. Nah, kamu bisa mendapatkannya di platform Jubelio, karena bisa mempermudah kamu untuk membuat website toko online sendiri.

Buat kamu yang pengen tahu fitur lengkap di Jubelio Omnichannel, kamu bisa klik link di bawah ini ya.

*Artikel ini hasil kerja sama antara Paper.id dan Jubelio

Muhamad Dika Wahyudi