Loyalitas buyer adalah bagaimana buyer berinteraksi dengan brand, merekomendasikan produk atau jasamu kepada orang lain, dan memberikan umpan balik yang berharga. Memahami faktor-faktor yang mendorong loyalitas buyer ini sangat penting untuk keberhasilan jangka panjang bisnismu.

Oleh karena itu, kamu perlu mengembangkan strategi efektif untuk meningkatkan loyalitas buyer di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat. Hal ini berguna untuk membedakan brand-mu dengan yang lain dan mempertahankan basis buyer yang setia.

Ada berbagai cara untuk meningkatkan loyalitas buyer, seperti pemberian diskon atau rewards. Lalu, strategi mana yang tepat di antara keduanya? Yuk, simak di bawah ini.

Pentingnya Loyalitas Buyer

Loyalitas buyer sangat penting untuk meningkatkan keuntungan bisnis. Melansir Forbes, berdasarkan penelitian dari Bain & Company dan Harvard Business School menemukan bahwa meningkatkan jumlah buyer setia sebesar 5% dapat meningkatkan keuntungan sebesar 25% hingga 95%.

Studi lain juga menunjukkan bahwa buyer yang loyal memiliki kemungkinan 50% lebih tinggi untuk mencoba produk baru dan cenderung mengeluarkan 31% lebih banyak uang dibandingkan dengan buyer baru. Oleh karena itu, menjaga loyalitas buyer menjadi faktor kunci dalam kemajuan bisnis.

Baca Juga: Dikomplain Buyer di Sosmed, Atasi dengan 3 Cara Tepat Ini

Keunggulan Pemberian Diskon

1. Membangun loyalitas buyer

Diskon memberikan insentif yang memuaskan bagi buyer lama untuk kembali menggunakan produk atau jasamu. Kamu dapat memberikan diskon ini untuk produk yang sering mereka beli atau produk tambahan yang melengkapi pembelian sebelumnya.

Dalam bisnis B2B misalnya, terdapat early payment discount atau diskon pembayaran awal. Salah satu contohnya adalah memberikan diskon awal antara 1% hingga 2% untuk pembayaran yang dilakukan dalam jangka waktu 10 hari. Pemberian diskon ini tidak hanya menguntungkan buyer, tetapi juga meningkatkan likuiditas bisnismu. 

2. Mengurangi persediaan lama

Persediaan lama bisa berupa produk musiman yang mudah rusak dengan umur simpan terbatas. Daripada menjual stok lama tersebut dengan harga tinggi, akan lebih menguntungkan jika kamu memberikan diskon. 

Nah, diskon untuk produk lama ini menawarkan buyer kesempatan untuk membeli barang dengan harga lebih rendah. Buyer yang mendapatkan penawaran ini cenderung lebih puas, sehingga meningkatkan loyalitas.

3. Mendorong pembelian ulang 

Strategi cross-selling menawarkan produk atau layanan tambahan kepada buyer yang sudah membeli atau sedang mempertimbangkan untuk membeli produk tertentu. Sedangkan, up-selling berfokus pada meningkatkan nilai transaksi dengan menawarkan pilihan yang lebih unggul atau lengkap kepada buyer.

Solusi yang lebih lengkap ini membantu buyer untuk mendapatkan produk atau layanan yang lebih sesuai dengan kebutuhan mereka, sehingga meningkatkan kepuasan dan loyalitas.

Atur Diskon di Invoice dengan Paper.id

Dalam konteks B2B, kamu tentu bisa mengatur diskon dalam transaksi jual-belimu, khususnya dengan invoicing digital dari Paper.id.

Di Paper.id, kamu bisa membuat invoice digital dan langsung input besaran diskon yang diinginkan, misalnya seperti di bawah ini.

Nantinya, Paper.id akan secara otomatis mengkalkulasikan berapa harga total akhir yang harus dibayarkan seperti berikut ini.

Kamu hanya tinggal selesaikan pembuatan invoice dan lanjut kirim dokumennya pada pihak terkait. Mudah sekali, kan?

Baca Juga: 3 Hal Kecil Yang Sering Diabaikan Tapi Bisa Membuat Customer Makin Cinta

Keunggulan Pemberian Rewards

1. Mendorong loyalitas buyer

Strategi peningkatan loyalitas dengan menawarkan rewards memberikan poin kepada buyer setiap kali mereka melakukan pembelian atau mencapai target pembelian tertentu. Buyer kemudian dapat menukarkan poin-poin ini dengan hadiah, diskon, atau keuntungan lainnya dari penyedia layanan.

Contohnya, program American Express Membership Rewards for Business memungkinkan perusahaan buyer memperoleh poin ketika karyawannya melakukan pembelian bisnis di American Express. Perusahaan kemudian dapat menukar poin tersebut dengan hadiah menarik.

2. Menambah buyer baru

Pemberian rewards dapat menambah buyer baru. Caranya, kamu bisa memberikan poin rewards atau bonus kepada buyer baru saat mereka mendaftar atau melakukan pembelian pertama.

Contohnya, Chase Ink Business Preferred Credit Card yang menawarkan kartu kredit bisnis dengan bonus besar poin rewards setelah buyer baru memenuhi syarat pengeluaran tertentu dalam beberapa bulan pertama. 

3. Meningkatkan keterlibatan buyer

Program referensi meningkatkan keterlibatan buyer terhadap brand. Dalam program ini, perusahaan memberikan insentif kepada buyer yang ada untuk merujuk calon buyer baru ke produk atau layanan mereka.

Contohnya, program Amazon Business Prime Referral Program yang menawarkan insentif kepada buyer mereka yang berhasil merujuk buyer baru ke layanan Amazon Business Prime. 

Baca Juga: Pentingnya Customer Experience dalam Proses Pembayaran Bisnis

Perbandingan Efektivitas Diskon vs Rewards

Pemberian diskon lebih berfokus pada peningkatan transaksi saat ini daripada membangun kesetiaan buyer dalam jangka panjang. Namun, cara ini memungkinkan bisnismu untuk menghadapi persaingan langsung dengan lebih cepat.

Sedangkan, rewards lebih berfokus pada membangun hubungan jangka panjang dengan buyer, sehingga membantu kamu dalam mengembangkan komitmen dengan mereka.

Kesimpulannya adalah diskon dan rewards memiliki peran dan keunggulan tersendiri. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mempertimbangkan pilihan antara diskon dan rewards berdasarkan tujuan strategis, keuangan perusahaan, dan preferensi buyer.

Meningkatkan loyalitas buyer juga perlu memperhatikan cash flow karena program loyalitas yang efektif seringkali melibatkan pengeluaran langsung perusahaan, seperti diskon, rewards, atau insentif lainnya kepada buyer.

Menjaga cash flow tetap aman, gunakan Paper.id sebagai solusi manajemen cash flow yang mudah. Di Paper.id kamu bisa pantau nilai CCC (Cash Conversion Cycle) dengan memanfaatkan fitur kalkulator keuangan. Selain itu, Paper.id juga menyediakan fitur invoicing, payment, dan financing cukup satu klik!

Yuk, download Paper.id sekarang di sini!