Perusahaan yang ingin meringkas proses pengelolaan sumber daya manusianya tentu membutuhkan software HR terbaik.

Seperti yang kita ketahui, software HR saat ini tersedia ke dalam berbagai pilihan. Masing-masing memiliki fitur unggulan dan fungsi tersendiri.

Maka dari itu, perusahaan jelas harus melakukan riset sebelum memilih software HR yang sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai gambaran, berikut kami sajikan enam rekomendasi software HR terbaik dengan fitur yang ciamik.

Apa Itu Software HR?

Sesuai dengan namanya, software HR adalah perangkat lunak yang mengatur pengelolaan segala aspek sumber daya manusia.

Biasanya software HR dibekali dengan beberapa fitur utama yang penting guna menunjang pengelolaan SDM.

Antara lain fitur absensi, database karyawan, penilaian kinerja, dan pengaturan organisasi di perusahaan.

Baca Juga: 5 Software Payroll Buatan Indonesia yang Layak Bisnis Kamu Coba

Rekomendasi Software HR Terbaik Beserta Harganya

Deretan software HR berikut ini memiliki banyak keunggulan yang dapat memberikan kemudahan bagi perusahaan dalam mengatur setiap aspek SDM. Berikut selengkapnya.

1. LinovHR

Rekomendasi software HR yang pertama adalah LinovHR. Menjadi salah satu pioneer dalam pengembangan HRIS system, LinovHR jelas memiliki fitur penunjang yang lengkap dan matang.

Software ini memiliki aplikasi absensi berbasis online dengan pencatatan waktu yang akurat secara real-time. Metode absensi bisa dilakukan dengan memasukan pin, fingerprint, bahkan memindai wajah.

Tidak hanya absensi, LinovHR juga punya banyak software dan aplikasi unggulan lainnya yang wajib dilirik. Antara lain:

  • Organization Management: Aplikasi yang mengatur struktur organisasi dan perencanaan SDM di perusahaan. Pengaturan jumlah karyawan sesuai kompetensinya juga bisa diatur disini.
  • Payroll Software: Software ini mengatur proses penggajian, mulai dari pengumpulan data karyawan, perhitungan, hingga pencairan. Terdapat fitur kalkulator pajak dengan aturan terbaru untuk membantu perusahaan dalam menghitung gaji sesuai aturan negara.
  • Time Management: Software ini fokus mengatur jadwal kerja karyawan, pembuatan shift kerja, bahkan pengaturan lembur. Software ini juga terhubung dengan aplikasi absensi sehingga pengumpulan datanya lebih terorganisir.
  • Performance Management: Sesuai dengan namanya, software satu ini membantu merancang KPI secara detail dan mengawasi performa karyawan. Perusahaan dapat memberikan feedback seobjektif mungkin sesuai dengan data yang dihimpun dalam software tersebut.
  • Learning Management System: Perusahaan kini dapat memberikan pelatihan bagi karyawannya. Pengelolaannya lebih mudah menggunakan software ini, bahkan pasca training karyawan dapat melakukan evaluasi melalui tes untuk mengukur kemampuan.

LinovHR merupakan paket lengkap yang perusahaan butuhkan dalam mengelola setiap aspek sumber daya manusia.

Baca Juga: Pentingnya Aplikasi Payroll Terintegrasi untuk Perusahaan

2. Deel

Selanjutnya ada Deel yang dapat mempermudah proses payroll di perusahaan. Software HR ini dilengkapi dengan fitur pajak dan bonus untuk mempermudah perhitungan.

Deel juga memiliki fitur pengelolaan dokumen karyawan yang terorganisir dengan baik. Tidak perlu khawatir data yang dihimpun rusak ataupun hilang.
Tak lupa, Deel pun memiliki fitur hiring yang mempermudah rekruter mencari talenta terbaik dari seluruh dunia.

3. BambooHR

Software HR terbaik selanjutnya yang juga tidak kalah ciamik adalah BambooHR. 

Dibekali dengan user interface yang simpel, pengguna pemula sekalipun tak akan kesulitan mengakses setiap fitur dari BambooHR.

Terdapat employee database untuk mengelola data karyawan dengan aman. Ada juga fitur pengaturan payroll dan absensi karyawan.

BambooHR menawarkan harga yang fleksibel, tergantung pada jumlah karyawan dan fitur yang dipilih:

  • Per Karyawan Per Bulan (PEPM)

Untuk sebagian besar bisnis, biaya BambooHR berkisar antara $12 hingga $22 per karyawan per bulan. Seiring bertambahnya jumlah karyawan, biaya per karyawan akan lebih rendah.

  • Jumlah Karyawan

Untuk perusahaan dengan 200 karyawan, harga BambooHR berada di kisaran $12.500 hingga $24.700. Untuk perusahaan dengan 1.000 karyawan, biayanya berkisar antara $22.600 hingga $43.100. Sementara untuk perusahaan dengan lebih dari 1.000 karyawan, biayanya berkisar antara $40.700 hingga $77.600.

4. Zoho People HR

Zoho merupakan software HR berbasis cloud yang memudahkan dalam memproses data karyawan dari berbagai divisi maupun departemen.

Software HR ini memiliki aplikasi absensi yang memudahkan pencatatan kehadiran karyawan dari mana saja secara real-time.

Proses onboarding karyawan pun bisa dilakukan dengan efisien menggunakan software HR satu ini.

Zoho People HR menyediakan berbagai pilihan paket harga yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan organisasi kamu. Berikut rincian harga yang ditawarkan:

  • Paket HR Essential:
    • Rp 17.250 per pengguna per bulan (penagihan tahunan).
    • Rp 21.000 per pengguna per bulan (penagihan bulanan).
  • Paket Profesional:
    • Rp 27.667 per pengguna per bulan (penagihan tahunan).
    • Rp 35.000 per pengguna per bulan (penagihan bulanan).
  • Paket Premium:
    • Rp 41.417 per pengguna per bulan (penagihan tahunan).
    • Rp 49.000 per pengguna per bulan (penagihan bulanan).
  • Paket Enterprise:
    • Rp 62.167 per pengguna per bulan (penagihan tahunan).
    • Rp 69.000 per pengguna per bulan (penagihan bulanan).

Zoho People juga menyediakan uji coba gratis selama 30 hari tanpa memerlukan kartu kredit, serta Free Plan untuk hingga 5 pengguna dengan akses ke fitur dasar seperti pengelolaan database karyawan dan manajemen cuti, yang gratis selamanya.

5. Humand.co

Humand.co tidak hanya fokus dalam mengelola setiap aspek SDM di sebuah perusahaan, namun juga mampu mengoptimalkan komunikasi internal antar divisi.

Setiap workforce terintegrasi satu sama lain sehingga memungkinkan adanya kolaborasi antar karyawan.

Pertumbuhan individu maupun tim juga bisa lebih optimal, karena Humand.co juga fokus untuk mengembangkan budaya di perusahaan yang lebih kolaboratif, sehat, dan kreatif.

Baca Juga: Bagaimana Software Payroll Membantu Kerja HR?

6. ZenHR

Rekomendasi software HR yang terakhir adalah ZenHR. Tidak hanya manajer atau HR, karyawan juga bisa mengakses software ini untuk mencetak slip gaji, mengajukan cuti, dan lainnya.

Tampilan ZenHR juga ramah bagi pemula, sehingga tidak perlu khawatir kesulitan untuk menggunakan software ini.

Itulah 6 rekomendasi software HR terbaik dengan fitur paling ciamik. Bagaimana? Adakah yang cocok dengan kebutuhan perusahaanmu saat ini?

*Artikel ini hasil kerja sama antara LinovHR dan Paper.id

Muhamad Dika Wahyudi