Kehadiran karyawan di perusahaan adalah elemen krusial dalam manajemen administrasi sumber daya manusia. Sehingga diperlukan cara yang lebih efisien dalam pengelolaan absensi, salah satunya dengan memanfaatkan sistem e-absensi mobile.

1. Aplikasi Hadirr

Hadirr merupakan aplikasi absensi online yang menawarkan berbagai fitur canggih untuk memantau produktivitas karyawan, baik yang bekerja di kantor atau dari rumah, di lapangan, maupun tim penjualan.

Dengan aplikasi ini, kamu dapat memantau kehadiran, lembur, serta pergantian shift karyawan di berbagai lokasi secara tepat dan efisien tanpa perlu kontak langsung.

Beragam perusahaan swasta ternama, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan lembaga pemerintahan di Indonesia telah mempercayakan manajemen kehadiran mereka kepada aplikasi Hadirr.

Keunggulan aplikasi Hadirr adalah mempunyai fitur-fitur lengkap untuk mengelola kehadiran dan kinerja karyawan secara bersamaan, yaitu:

Aplikasi Absensi Online Gratis

a. E-absensi mobile dengan scan wajah dan GPS

Karyawan dapat melakukan absensi dengan swafoto, yang kemudian diverifikasi melalui teknologi pengenalan wajah. Dengan dukungan GPS tracking, absensi bisa dilakukan di mana saja, sesuai kebijakan perusahaan.

b. Manajemen shift kerja

Bagi perusahaan yang menerapkan sistem shift, fitur ini memudahkan pengaturan jadwal shift karyawan. Sekali atur, jadwal dapat digunakan untuk memantau karyawan secara otomatis.

c. Timesheet online

Hadirr membantu tim HR memantau aktivitas kerja karyawan tanpa perlu pengawasan langsung. Timesheet ini mencatat jam kerja harian, dan juga memungkinkan kolaborasi antar karyawan dalam menyelesaikan tugas.

d. Monitor kunjungan klien

Fitur ini mempermudah pemantauan karyawan lapangan seperti tim sales. Dengan GPS, kamu tangan digital, dan dokumen rapat yang tersimpan secara otomatis, laporan kunjungan dapat diakses HR atau atasan kapan dan di mana saja.

Aplikasi absensi mobile Hadirr cocok untuk berbagai jenis usaha, mulai dari kantor, pabrik, cabang retail, hingga layanan publik. Fitur-fitur Hadirr yang fleksibel memastikan kemudahan penggunaan sesuai skala bisnis. Aplikasi ini dapat diakses melalui komputer, ponsel, dan tablet.

Baca juga: Rekomendasi 5 Aplikasi Absensi Online Android & IOS Berbasis Web

2. Aplikasi Quickbooks

QuickBooks adalah aplikasi mobile yang membantu mengelola absensi karyawan dan proyek dengan lebih efisien, termasuk dalam hal pencatatan jam kerja. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur seperti:

  • Pengawasan dan persetujuan presensi oleh supervisor dari mana saja
  • Laporan yang dapat dikustomisasi
  • Analisis bisnis yang berguna
  • Pengelolaan penggajian untuk meningkatkan keuntungan
  • Sinkronisasi data waktu kerja 

3. Open Time Clocks

Aplikasi absensi digital ini dirancang untuk memantau kehadiran dan mencatat jam kerja karyawan secara akurat. Aplikasi Open Time Clocks tersedia dalam berbagai platform, termasuk smartphone, web, dan desktop.

Untuk akses, karyawan dapat memilih beberapa metode seperti penggunaan username dan password, pengenalan wajah, PIN, kode QR, serta RFID (Radio Frequency Identification).

Fitur utama yang ditawarkan Open Time Clocks meliputi:

  • Absensi dengan teknologi pengenalan wajah
  • Pelacakan jam kerja karyawan
  • Sistem manajemen penggajian
  • Pembuatan tagihan kepada klien

Baca juga: Rumus dan Cara Menghitung Absensi Karyawan

4. Aplikasi Jibble

Jibble merupakan aplikasi absensi berbasis e-absensi yang membantu perusahaan memantau kehadiran karyawan secara real-time, baik di kantor maupun jarak jauh. Menggunakan teknologi RFID dan NFC, aplikasi ini memungkinkan proses administrasi yang cepat dan data kehadiran otomatis tersimpan di cloud, mempermudah pengelolaan tim.

5. When I Work

Aplikasi untuk absensi dan penjadwalan kerja ini yang dirancang untuk membantu perusahaan menghemat waktu dalam pengelolaan jadwal. When I Work memfasilitasi komunikasi dan kolaborasi yang lebih baik di antara tim, sehingga memudahkan pengaturan kerja shift yang fleksibel.

Pengguna mempercayai When I Work karena kemampuannya dalam mempermudah koordinasi shift dengan jadwal yang berbeda-beda. Fitur utama yang ditawarkan aplikasi ini meliputi absensi online, pengajuan izin dan cuti, hingga penjadwalan shift.

Baca juga: 5 Software Payroll Buatan Indonesia yang Layak Bisnis Kamu Coba

Nah, demikianlah 5 aplikasi absensi mobile terbaik dengan fiutr yang lengkap. Sebagai solusi modern untuk manajemen kehadiran karyawan, aplikasi absensi mobile memberikan kemudahan dan efisiensi dalam memantau kehadiran dan produktivitas karyawan.

Setiap aplikasi yang disebutkan dalam artikel ini memiliki fitur-fitur unggulan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, baik kecil maupun besar. 

Salah satu aplikasi absensi terbaik yang bisa kamu pertimbangkan adalah aplikasi absensi mobile Hadirr.

Dengan memilih aplikasi Hadirr, perusahaan tidak hanya dapat meningkatkan produktivitas, tetapi juga mengoptimalkan waktu, budget dan sumber daya dalam menjalankan operasional sehari-hari.

Tunggu apa lagi? Coba gratis fitur-fitur aplikasi Hadirr sekarang juga!

*Artikel ini hasil kerja sama antara Paper.id dan Hadirr

Muhamad Dika Wahyudi