Dalam berbisnis, loyalitas pelanggan atau customer loyalty adalah salah satu aspek berharga yang perlu diperhatikan. Mengapa demikian? Sebab, menjaga loyalitas mereka dapat memastikan keberlangsungan bisnis kamu. 

Loyalitas pelanggan adalah komitmen pelanggan terhadap suatu merek, produk, maupun layanan yang ditunjukkan melalui keinginan mereka untuk terus melakukan pembelian berulang atau tetap menggunakan layanan tersebut meski ada pilihan lainnya. 

Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi customer loyalty, seperti kualitas produk atau layanan, harga kompetitif, hingga tersedianya program loyalitas pelanggan yang memberikan insentif tambahan bagi pelanggan setia. 

Lantas, bagaimana caranya menjaga loyalitas pelanggan dalam berbisnis, serta apa alasan para pebisnis harus menjaga bahkan meningkatkan customer loyalty? Melalui artikel ini akan dibahas seluruhnya. 

Baca juga: Strategi Meningkatkan Loyalitas Buyer: Beri Diskon atau Rewards?

Mengapa Loyalitas Pelanggan Penting?

Customer loyalty mengacu pada kesetiaan pelanggan terhadap produk atau layanan tertentu. Pelanggan yang loyal cenderung melakukan pembelian berulang dan merekomendasikan bisnis tersebut kepada orang lain. 

1. Mengurangi biaya akuisisi pelanggan baru

Mengakuisisi pelanggan baru sering kali membutuhkan biaya lebih besar dibandingkan dengan mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Dengan menjaga loyalitas pelanggan, bisnis dapat menghemat biaya pemasaran dan iklan, karena pelanggan yang puas akan terus datang kembali tanpa perlu dirayu dengan kampanye promosi yang mahal.

2. Stabilitas bisnis

Memiliki basis pelanggan yang setia memberikan stabilitas pendapatan, karena bisnis tidak sepenuhnya bergantung pada pelanggan baru atau tren sementara.

3. Peningkatan profitabilitas

Pelanggan yang loyal sering kali bersedia membayar lebih untuk produk atau layanan yang mereka percayai, yang berarti margin keuntungan bisa lebih tinggi.

4. Peningkatan customer lifetime value

Pelanggan yang loyal atau setia cenderung terus melakukan pembelian dalam jangka panjang, meningkatkan pendapatan total yang dihasilkan dari setiap pelanggan.

5. Pemasaran dari mulut ke mulut

Pelanggan yang puas dan setia cenderung merekomendasikan bisnis kepada orang lain, membantu memperluas basis pelanggan tanpa biaya tambahan.

Baca juga: Dikomplain Buyer di Sosmed, Atasi dengan 3 Cara Tepat Ini

Strategi Menjaga Loyalitas Pelanggan dalam Berbisnis

Dibutuhkan strategi yang konsisten dan tepat untuk menjaga bahkan meningkatkan loyalitas pelanggan. Adapun beberapa contoh strategi yang dapat kamu terapkan, yaitu:

1. Menjaga kualitas produk atau layanan

Langkah pertama yang perlu diperhatikan yaitu kualitas produk dan layanan. Hal ini tetap menjadi faktor penentu utama dalam menjaga customer loyalty

Bisnis harus selalu memastikan bahwa produk atau layanan yang ditawarkan memenuhi atau bahkan melampaui harapan pelanggan.

2. Personalisasi dan komunikasi relevan

Personalisasi termasuk cara tepat untuk menunjukkan kepada pelanggan bahwa mereka dihargai secara individual.

Mengirimkan penawaran khusus berdasarkan riwayat pembelian atau memberikan ucapan selamat ulang tahun dibarengi dengan memberikan diskon khusus adalah beberapa contoh dari personalisasi yang dapat meningkatkan customer loyalty.

3. Program loyalitas pelanggan

Program loyalitas pelanggan seperti pemberian poin atau diskon untuk pembelian berikutnya, dapat menjadi cara efektif untuk mendorong pelanggan kembali berbelanja.

Tidak hanya memberikan insentif kepada pelanggan, program ini juga memperkuat hubungan emosional antara mereka dan bisnis.

Untuk menjalankan program loyalitas, kamu dapat bekerja sama dengan loyalty solution partner terpercaya seperti Responova by Populix

Responova dapat mengintegrasikan survei menarik dan peluang pemberian hadiah ke platform bisnis kamu untuk mendorong keterlibatan dan kepuasaan user tanpa biaya apa pun yang harus dikeluarkan. Yuk, bergabung menjadi partner Responova!

Baca juga: 3 Hal Kecil Yang Sering Diabaikan Tapi Bisa Membuat Customer Makin Cinta

Loyalitas pelanggan adalah fondasi yang kuat untuk kesuksesan jangka panjang dalam berbisnis. Dengan menerapkan strategi yang tepat, bisnis dapat menjaga pelanggan agar tetap setia. 

Pada akhirnya, menjaga loyalitas pelanggan tidak hanya akan meningkatkan keuntungan, tetapi juga membangun reputasi bisnis yang kuat di pasar.

*Artikel ini hasil kerja sama antara Populix dan Paper.id

Muhamad Dika Wahyudi