Di era digital ini, kecepatan dan efisiensi menjadi kunci utama dalam memajukan bisnis. Namun, kenyataannya sesuai survei oleh Bank Indonesia pada 2022 menunjukkan bahwa 49,3% UMKM masih menggunakan transfer bank sebagai metode utama.

Bukan hal yang salah dan belum tentu juga benar. Namun, bukankah menggunakan platform pembayaran lebih cepat dan efisien dibandingkan dengan transfer bank tradisional? Apakah kamu masih menggunakan transfer bank untuk menerima pembayaran?

Terlebih, sesuai studi Databoks pada 2022 menunjukkan bahwa 70% responden dari kalangan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) menggunakan platform pembayaran digital karena kecepatan dan kemudahannya.

Nah, untuk itu, berikut beberapa alasan mengapa platform pembayaran digital harus menjadi pilihan utama bisnis kamu. Simak selengkapnya di bawah!

Alasan Bisnis Harus Memakai Platform Pembayaran Digital

1. Meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis

Bayangkan berapa banyak waktu yang terbuang untuk mencocokkan pembayaran dan memantau transaksi satu per satu melalui transfer bank. Misalnya, kamu harus memeriksa 100 atau bahkan lebih transaksi setiap harinya. Pertimbangkan juga berapa banyak orang yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas tersebut.

Nah, platform pembayaran digital hadir sebagai solusi cerdas dalam mengatasi tantangan itu. Dengan fitur-fitur otomatisasi dan pelacakan transaksi secara real time, platform pembayaran memungkinkan kamu bisa mengelola pembayaran menjadi sat set.

Dengan beberapa klik saja, transaksi bisa langsung dicatat, dipantau, dan dilacak secara hanya dalam satu platform. Hal ini tentu akan mengurangi beban kerja administratif dan memungkinkan kamu bisa lebih fokus terhadap kebutuhan operasional lainnya yang lebih penting.

Eits, tidak hanya itu, platform pembayaran digital juga biasanya mengakomodir berbagai metode pembayaran, seperti kartu kredit, debit, e-wallet, hingga marketplace, sehingga mempermudah customer untuk melakukan pembayaran. 

Dengan begitu, customer punya keleluasaan untuk membayar dengan metode yang sesuai dengan preferensi mereka sendiri. Selain akan meningkatkan kepuasan customer, tentu akan mempercepat proses transaksi sehingga akan berujung pada peningkatan penjualan. Menarik sekali, ‘kan?

tagih pembayaran

Baca Juga: Memahami Lebih Jauh Pembayaran Digital untuk UMKM

2. Memudahkan dalam manajemen keuangan

Tahu tidak, jika platform pembayaran menyediakan laporan transaksi yang lengkap dan akurat? Nah, hal ini memungkinkan kamu bisa dengan mudah untuk memantau cash flow, menganalisis penjualan, hingga membuat keputusan bisnis yang tepat.

Misalnya, kamu bisa melihat tren penjualan mingguan atau bulanan dengan cepat, memudahkan kamu dalam mengidentifikasi produk mana yang paling laris, atau bahkan mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan campaign.

Tidak hanya itu, platform pembayaran digital juga biasanya sudah terintegrasi dengan akuntansi sederhana, sehingga proses pencatatan keuangan menjadi lebih otomatis dan minim kesalahan. Hasilnya, kamu bisa menghemat waktu, mengurangi biaya operasional, dan fokus pada pengembangan bisnis. 

3. Meningkatkan kepercayaan dan citra bisnis

Menggunakan platform pembayaran digital menunjukkan bahwa bisnismu modern, profesional, dan mengikuti perkembangan zaman. Hal ini meningkatkan kepercayaan dan citra bisnis di mata customer dan membuat mereka lebih yakin untuk bertransaksi denganmu.

Pernyataan tersebut juga diperkuat dengan adanya temuan dari riset Populix pada 2021 yang menemukan bahwa 75% responden lebih memilih menggunakan platform pembayaran digital karena terjamin keamanannya dan mereka merasa lebih nyaman saat bertransaksi.

Selain itu, platform pembayaran digital juga tidak kalah aman kok dengan bank. Bagaimana tidak, platform pembayaran digital biasanya dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan seperti enkripsi data dan otentikasi dua faktor, yang semakin meningkatkan kepercayaan customer

Nah, ketika customer merasa aman dan nyaman, mereka cenderung akan lebih loyal dan lebih sering bertransaksi. Ini tentunya berdampak positif pada peningkatan penjualan dan reputasi bisnismu. 

4. Memperluas jangkauan market

Platform pembayaran digital memiliki potensi besar untuk memperluas jangkauan pasar bisnis B2B dengan menyediakan berbagai metode pembayaran yang memenuhi preferensi customer yang beragam. 

Misalnya, dengan mendukung berbagai metode pembayaran seperti kartu kredit, pembayaran mobile, hingga e-wallet memungkinkan bisnis bisa melayani customer dari berbagai negara dan latar belakang, sehingga meningkatkan aksesibilitas dan kenyamanan dalam bertransaksi.

Baca Juga: 10 Jenis Pembayaran Digital Hingga Manfaatnya Buat Bisnis

Gunakan Paper.id Sebagai Solusi Pembayaran Digital Bisnismu

Setelah mengetahui alasan mengapa menggunakan platform pembayaran digital, kini pertanyaannya adalah platform seperti apa yang harus kamu pilih dan gunakan? Terlebih, menggunakan platform yang tepat akan berpengaruh terhadap kepercayaan dan citra bisnis kamu ke depannya.

Di sinilah, Paper.id hadir sebagai platform pembayaran digital antar bisnis yang aman, nyaman, mudah digunakan, dan terjangkau untuk membantu bisnismu. Dilengkapi dengan fitur-fitur yang bermanfaat, memungkinkan kamu mengoperasionalkan bisnis jadi lebih mudah dan praktis.

Mulai dari sebagai platform invoicing, memudahkan kamu dalam membuat, mengirim, hingga melacak pembayaran invoice dan langsung terekonsiliasi secara otomatis. Jadi, kamu tidak perlu lagi mencocokkan pembayaran dan memantau transaksi satu per satu.

Baca Juga: Rahasia dibalik Terima dan Kelola Pembayaran Digital yang Efisien

Tidak hanya itu, Paper.id juga menawarkan berbagai metode pembayaran, seperti kartu kredit, e-wallet, transfer bank, dan marketplace sehingga memudahkan customer untuk melakukan pembayaran sesuai dengan preferensinya sendiri.

Jangan khawatir juga soal keamanannya, sebab Paper.id juga sudah dibekali dengan sistem keamanan informasi dengan memperoleh sertifikasi ISO 27001. Jadi, dipastikan bahwa data dan informasi transaksi kamu disimpan dengan aman dan tidak bisa diakses oleh pihak yang tidak berwenang.

Yuk, daftarkan segera bisnis kamu di Paper.id dan mulai nikmati semua fitur-fitur yang tersedia dengan cara klik tombol di bawah ini!

Muhamad Dika Wahyudi