Menjelang berakhirnya tahun ini, tak ada salahnya jika kamu mengambil waktu sejenak untuk mengingat-ingat kembali setahun ke belakang dalam menjalankan bisnismu. Pasti tidak mudah, ya? Banyak sekali hal yang sudah kamu lalui, baik yang baik maupun buruk. 

Dalam artikel ini, Paper.id ingin mengajakmu untuk melakukan sekilas introspeksi terkait bisnismu terkait berbagai aspek, mulai dari finansial, performance, marketing, sales, dan lain-lain.

Yuk, langsung saja simak lakukan evaluasi bisnismu sebelum 2024 mulai!

1. Aspek finansial

Sudah bukan rahasia lagi bahwa begitu banyak bisnis gagal karena tidak cakap mengelola finansialnya dengan baik.

Menurut Score.org, 82% bisnis khususnya skala kecil hingga menengah gagal karena masalah cash flow. Biasanya, pendapatan dan pengeluaran bisnis tidak konsisten, sehingga sulit untuk menepati waktu pembayaran tagihan atau juga terlambat menerima pembayaran.

Apakah selama setahun ini kamu sudah merasa cash flow-mu lancar? Jika belum atau merasa bisa membuatnya lebih optimal lagi, berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan:

  • Tinjau laporan laba rugi dan neraca: Analisis pendapatan, beban, laba, dan rugi bisnismu selama setahun. Kenali tren atau pola yang menunjukkan kekuatan atau kelemahan.
  • Bandingkan kinerja kamu dengan benchmark industri: Cari tahu rasio keuangan rata-rata untuk industri yang sama dengan bisnis untuk melihat bagaimana posisi kamu dibandingkan kompetitor.
  • Evaluasi efektivitas strategi keuangan kamu: Apakah strategi penganggaran dan pengelolaan arus kas kamu berjalan efektif? Adakah area yang bisa kamu tingkatkan?

Jika butuh pedoman mengenai bagaimana menilai cash flow yang sehat atau tidak, Paper.id punya artikelnya yang bisa kamu baca di bawah ini.

2. Aspek operasional bisnis

Penyebab bisnis kurang maksimal bisa jadi bukan karena aspek finansial, namun operasional. Di tahun 2023 ini, apakah operasional bisnismu sudah baik? 

Dalam laporan tahun 2018 dari McKinsey & Company yang berjudul “Choosing to grow: The leader’s blueprint”, ditemukan bahwa perusahaan dengan operasional yang efektif bisa mengungguli kompetitornya hingga 20% dalam aspek profitabilitas dan pertumbuhan.

Maka dari itu, mulai tahun depan, yuk, tingkatkan lagi sistem operasional bisnismu dengan cara:

  • Analisis proses saat ini: Cek apakah ada bottleneck atau yang menghambat serta ketidakefektifan lainnya.
  • Evaluasi kinerja tim: Lakukan penilaian kinerja individu atau terapkan survei 360 derajat untuk mengumpulkan feedback tentang kekuatan dan kelemahan masing-masing karyawan.
  • Buat KPI atau metrik baru: Tetapkan tujuan untuk meningkatkan bisnismu, misalnya “menurunkan waktu pembuatan invoice hingga 90%”

Menurunkan waktu pembuatan invoice secara signifikan bukan hal yang mustahil, lho. Apalagi dengan Paper.id. Pakai Paper.id, buat invoice hanya perlu 1 menit saja!

3. Aspek Marketing dan Sales

Jangan remehkan marketing dan sales dari bisnismu. Tanpa pemasaran dan penjualan, akan sulit untuk mendapatkan keuntungan, bukan? Meski produkmu bagus, orang tidak akan tahu tanpa marketing dan sales.

  • Analisis efektivitas campaign marketing: Saat ini, strategi marketing apa yang kamu gunakan? Apabila menggunakan digital marketing, misalnya SEO, SEM, atau sosial media, kamu bisa mengecek metrik-metriknya untuk tahu apakah sudah berhasil dengan baik atau belum. Jika belum, cobalah cobalah untuk cek kompetitor dan lihat strategi mereka yang berhasil untuk bisa direplikasi untuk bisnismu.
  • Analisis data: Apakah kamu sudah cukup menggunakan data sebagai basis pembuat keputusanmu? Dari data yang ada

4. Aspek Perencanaan Strategis

Menghadapi tahun yang baru, jangan lupa untuk punya goals alias tujuan atau cita-cita bisnis yang baru. Nah, untuk menetapkan tujuan tersebut, harus dilandaskan strategic planning atau perencanaan strategis yang sistematis dan terukur.

Kalau selama ini kamu belum mengaplikasikannya untuk bisnismu, berikut adalah beberapa tipsnya:

  • Gunakan metode SMART: Metode SMART adalah kerangka penetapan tujuan untuk mencapai tujuan yang jelas, dapat dicapai, dan bermakna. 
  • Kembangkan rencana aksi untuk mencapai tujuan kamu: Uraikan tujuan kamu menjadi langkah-langkah kecil yang dapat ditindaklanjuti dan tetapkan tanggung jawab kepada anggota tim kamu.
  • Identifikasi potensi risiko dan tantangan: Pertimbangkan hambatan potensial yang dapat menghambat kemajuan kamu di tahun depan dan kembangkan rencana kontinjensi untuk mengatasinya.

Nah, itulah dia introspeksi atau evaluasi bisnis akhir tahun. Semoga dengan evaluasi ini, bisnismu bisa makin gemilang di tahun mendatang, ya. Jangan lupa gunakan Paper.id untuk kelola bisnismu lebih efektif dan efisien lagi!

Nadiyah Rahmalia