Kesuksesan bisnis sangat ditentukan oleh tingkat penjualan produk. Semakin banyak produk yang terjual, akan semakin besar pula pendapatan yang Anda hasilkan sehingga berdampak positif terhadap kesuksesan bisnis. Maka dari itu, Anda perlu tahu cara penawaran produk secara efektif untuk meningkatkan penjualan. Jadi, cara seperti apa yang sebaiknya Anda lakukan?
Cara Penawaran Produk
Dengan munculnya banyak pesaing di pasaran, Anda perlu putar otak agar target konsumen melirik produk bisnis Anda. Berikut beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk menawarkan produk dengan efektif:
1. Kenali konsumen sebaik mungkin
Sebelum menyusun strategi penawaran produk, kenali dulu target konsumen dari produk tersebut, mulai dari rentang usia mereka, gender, data geografis, hingga gaya hidup. Kemudian, cari tahu pain point target konsumen, yakni masalah yang mereka hadapi dan menimbulkan rasa tidak nyaman sehingga membutuhkan solusi. Dengan begini, bisa merancang cara penawaran produk untuk menarik perhatian target konsumen dengan efektif.
Baca juga: 4 Tips Menangkan Hati Konsumen dengan Emotional Branding, Jitu!
2. Ketahui dan tonjolkan kelebihan unik produk
Gali kembali unique selling point (USP) dari produk Anda dan pelajari hingga Anda paham luar-dalam tentang keunggulan produk. Setelah itu, tonjolkan kelebihan unik produk yang sesuai dengan pain point target konsumen. Pada konten penawaran, tunjukkan bahwa produk Anda mampu menjadi solusi atas masalah yang dihadapi oleh mereka.
Namun, pastikan Anda selalu menjaga kualitas produk yang ditawarkan. Misalnya jika Anda menjual barang, terapkan sistem pengelolaan stok yang teratur. Gunakan software khusus yang terintegrasi dengan laporan keuangan dan quotation digital untuk mempermudah pengembangan bisnis.
3. Buat promosi yang menarik
Perkuat penawaran produk Anda dengan memberikan promosi menarik. Ada banyak opsi yang bisa Anda eksplor, salah satunya menawarkan diskon dengan waktu terbatas. Hal ini akan menciptakan rasa urgensi sehingga target konsumen termotivasi untuk membeli produk Anda. Beberapa bentuk promosi lain yang bisa Anda tawarkan adalah bundling produk, buy 1 get 1, dan pemberian voucher diskon untuk pembelian selanjutnya.
4. Dorong word of mouth dengan referral
Buat produk Anda lebih dikenal melalui strategi word of mouth! Sebetulnya, selama kualitas produk selalu baik, konsumen pasti tidak akan ragu merekomendasikan produk tersebut ke orang lain. Namun, agar mereka lebih termotivasi melakukan hal tersebut, Anda bisa mengadakan program referral sebagai cara penawaran produk.
Saat bergabung dengan program tersebut, konsumen akan mendapat kode referral. Mereka bisa menggunakan kode tersebut untuk mengajak orang lain membeli produk Anda. Jika ia benar-benar melakukan pembelian dengan kode referral tersebut, konsumen akan mendapatkan insentif berupa uang, diskon, atau poin.
Contoh Jenis Penawaran Produk
Di era digital seperti sekarang, Anda punya banyak pilihan cara untuk menawarkan produk melalui berbagai platform; mulai dari media sosial, push notifications, email marketing, hingga loyalty program. Berikut penjelasannya!
Baca juga: 5 Strategi Pemasaran Produk Makanan dan Minuman yang Efektif
1. Media sosial
Memiliki banyak pengguna, media sosial dapat menjadi salah satu platform terbaik untuk menawarkan produk. Terlebih, ada banyak jenis platform yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, seperti TikTok, Instagram, dan Facebook.
Buatlah konten organik untuk menonjolkan kelebihan produk Anda, misalnya dengan menunjukkan bagaimana produk Anda bisa menyelesaikan masalah target konsumen. Kemas konten dalam bentuk video, gambar, stories, dan reels agar lebih menarik. Ajak audiens berinteraksi dengan konten Anda untuk meningkatkan engagement.
2. Push notifications
Untuk menginformasikan peluncuran produk baru, Anda bisa mengirimkan push notifications sebagai cara penawaran produk, terutama jika Anda menjual produk digital. Umumnya, strategi ini digunakan untuk memberi tahu adanya produk, fitur, atau promo terbaru pada website maupun aplikasi Anda.
3. Email marketing
Jika Anda ingin menawarkan produk ke banyak orang sekaligus dengan cepat, email marketing adalah pilihan tepat. Bahkan tidak hanya penawaran produk, Anda juga bisa mengirimkan informasi peluncuran produk baru, newsletter mingguan, hingga konten edukatif melalui email marketing. Pastikan Anda mempersonalisasi konten email agar lebih relevan dan menarik bagi konsumen.
Baca juga: Cara Menggunakan Email Marketing untuk B2B
4. Loyalty program
Cara ini tak hanya bagus untuk menawarkan produk, tapi juga sekaligus meningkatkan loyalitas konsumen. Melalui loyalty program, tawarkan reward menarik bagi target konsumen agar mereka terdorong untuk membeli produk Anda terus-menerus. Anda bisa merancang program ini secara gratis maupun berbayar.
Setelah menerapkan cara penawaran produk yang menarik, jangan lupa mengantisipasi kenaikan pada volume pemesanan dan pembayaran. Lengkapi bisnis dengan payment gateway seperti Midtrans yang memungkinkan bisnis untuk menerima berbagai metode pembayaran melalui satu pintu. Segera klik di sini untuk mendaftar!
*Artikel ini hasil kerja sama antara Paper.id dan Midtrans
- Main Game di Telegram, Hiburan Ringan dengan Banyak Bonus - Desember 21, 2024
- Klasifikasi Lapangan Usaha (KLU) Pajak: Pengertian, Fungsi, Hingga Cara Cek Kodenya - Desember 19, 2024
- Usaha Seperti Apa yang Kena Pajak? Berikut Kategorinya! - Desember 19, 2024