Saat ini, hampir semua bisnis, baik yang berskala kecil maupun besar, memiliki landing page. Pasalnya, landing page web yang dirancang dengan baik dapat membantu bisnismu mendapatkan calon pelanggan. 

Melansir  Webfx.com, 68% perusahaan yang bergerak dalam business-to-business (B2B) menggunakan landing page untuk mendapatkan leads. 

Lalu, gimana caranya bikin landing page kalo kamu nggak ngerti IT? Tenang aja, Paper.id bakal bahas semuanya di artikel ini.

Baca juga: 5 Rekomendasi Website untuk Membantu Bisnis Anda

Landing Page dalam Bisnis B2B

Sebelum kita membahas langkah-langkah membuat landing page yang mudah, mari kita pelajari definisinya terlebih dahulu.

Landing page dalam bisnis B2B adalah sebuah situs web yang dirancang khusus untuk mendapatkan pelanggan potensial dari perusahaan lain. 

Pengunjung memberikan informasi kontak mereka sebagai imbalan untuk mendapatkan materi berharga seperti e-book, whitepaper, webinar, atau demonstrasi produk.

Landing page  biasanya berisi ajakan kepada pengunjung untuk melakukan tindakan tertentu, seperti membeli produk atau mendaftar newsletter

Pengunjung dapat mengakses halaman ini melalui iklan, halaman utama situs web bisnis, postingan media sosial, pencarian organik di Google, atau email campaign

Pentingnya Landing Page untuk Menarik Prospek Klien 

Landing page yang dirancang dengan baik merupakan salah satu faktor penting untuk bisnis. Hal ini dikarenakan, halaman tersebut mampu  mengubah pengunjung situs web menjadi calon pelanggan, sehingga mempercepat proses penjualan.

Halaman semacam ini juga biasanya lebih efektif dalam menghasilkan pelanggan potensial dibandingkan halaman situs web biasa.

Melansir data dari WordStream, untuk landing page B2B, tingkat konversi rata-rata adalah 2,23%. Di antara 10% yang terbaik, tingkat konversi dapat mencapai 11,7%.

Dari data ini, dapat disimpulkan bahwa landing page memiliki peran yang penting dalam menarik calon konsumen dan memiliki peluang besar untuk mengubah mereka menjadi pelanggan produk atau jasa yang ditawarkan.

Invoice Penjualan

Cara Mudah Membuat Landing Page

Setelah mengerti apa itu landing page dan betapa pentingnya halaman ini  untuk mendapatkan calon pelanggan, kamu mungkin ingin membuatnya sendiri. 

Jangan khawatir jika kamu tidak memiliki keahlian IT, karena kamu bisa mengikuti langkah-langkah sederhana berikut ini untuk membuat landing page dengan mudah.

1. Kalimat ajakan yang Jelas 

Tujuan utama membuat halaman landing adalah  meyakinkan pengunjung melakukan tindakan tertentu, seperti mengisi formulir kontak atau mendownload file. 

Kalimat ajakan yang jelas (Call-to-Action atau CTA) diperlukan untuk menggerakkan pengunjung tersebut. Jika CTA ini tidak jelas, mereka mungkin tidak akan melakukan apa-apa. Hal ini tentu saja merugikan bagi bisnis.

2. Pemisahan konten yang sesuai

Halaman landing perlu dibagi dengan baik supaya pengunjung bisa mengikuti arahan dengan mudah dan mengerti isinya dengan cepat. Untuk melakukannya, kamu bisa menggunakan ruang kosong, latar belakang, dan gambar untuk memberikan pemisahan visual.

Dengan cara ini, bisnis juga memastikan pengunjung tidak bingung saat berkunjung ke halaman tersebut, sehingga akan membuat mereka tinggal lebih lama di sana.

3. Teks yang tidak bertele-tele

Semakin mudah pengunjung memahami teks di landing page, peluang mereka jadi calon klien semakin besar. Konten yang langsung to the point lebih efisien dan terlihat baik.

Kamu bisa mulai melakukannya dengan menggunakan font yang sederhana dan mudah dibaca, serta hindari konten teks yang terlalu panjang.

4.Tambahkan gambar

Selain teks yang singkat dan tegas, kamu bisa tambahkan gambar. Gambar ini penting untuk lebih jelasin pesan yang ingin kamu sampaikan. Gambar bisa berupa diagram, chart, atau infografis. Penggunaan visual seperti itu sering kali lebih efektif dalam menyampaikan pesan kepada pengunjung daripada hanya teks saja.

5. Gunakan warna yang menarik

Penggunaan warna menarik selain bikin mata senang juga bisa tingkatkan pengalaman pengguna. Gunakan warna-warna yang  user-friendly agar mereka mudah paham konten di landing page kamu.

Baca juga: Download Ebook Gratis: Buat Website Mudah Untuk Lancarkan Bisnis

Itulah pembahasan lengkap mengenai landing page, mulai dari definisi, pentingnya halaman ini sebagai lead generator, hingga cara buat landing page dengan mudah.

Biasanya, beberapa bisnis pakai jasa agensi website untuk membuat landing page dan kontennya. Nah, kalo kamu punya agensi jenis ini dan memiliki banyak klien, mungkin sering kesulitan bikin dokumen pengajuan pembayaran secara manual.

Dalam hal ini, Paper.id punya solusinya.

Paper adalah platform invoicing digital yang bisa membantu kamu membuat dokumen penagihan pembayaran dengan mudah, ringkas, dan cepat. Kamu juga bisa mengirimkan invoicing ini melalui Whatsapp, lho!

Terlebih, Paper.id gratis! Tunggu apa lagi segera gunakan Paper.id sekarang juga!

Muhamad Dika Wahyudi