Kalau kita bicara tentang bagaimana cara berjualan di TikTok, siapa sih yang tidak kenal dengan platform yang satu ini. Aplikasi ini sudah digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. 

Selama dua tahun kebelakang, tercatat sudah ada 313 juta pengguna aplikasi TikTok yang berada di wilayah Asia Pasifik (di luar China dan India). Selain itu, pengguna di Amerika Latin serta Eropa berjumlah 346 juta pengguna. Rata-rata, pengguna TikTok berusia 20-29 tahun dan menyentuh 35% dari populasi penduduk di dunia. 

Data pengguna tiktok

Dengan semakin meningkatnya jumlah penggunanya, TikTok banyak mengembangkan fitur baru yang berfokus pada bisnis seperti profil bisnis, iklan, hingga TikTok Shop. 

Nah buat kalian yang tertarik untuk mengembangkan bisnis dan berjualan di platform TikTok. Berikut ini, cara berjualan di TikTok yang harus kalian tahu!

Baca Juga: Tips Memilih Partner Bisnis Yang Tepat Untuk Bisnis Anda!

Mengenal Fitur Tiktok Shop

Pada pertengahan tahun 2021 lalu, aplikasi TikTok meluncurkan sebuah fitur baru yang cukup menyaingi media sosial yang lain untuk berjualan online. Fitur tersebut dinamakan TikTok Shop. 

Tak heran kalau TikTok meluncurkan fitur ini, karena menurut data Semrush, pergeseran perilaku konsumen akan berbelanja online dipengaruhi oleh perkembangan e-commerce dan pandemi Covid-19 yang melanda di dua tahun sebelumnya. 

Selain itu data dari Sirclo, 17,5% masyarakat umumnya sudah berpindah dari berbelanja offline ke online. Tentunya mereka juga sudah cukup nyaman akan metode pembayaran yang telah disediakan serta sistem belanja online nya. 

Peningkatan pelanggan yang berbelanja online juga cukup besar. Dari semula yang hanya 11%, meningkat menjadi 25% pada tahun 2021. Tak heran kalau banyak para pebisnis serta customer yang berpindah ke online dalam bertransaksi. 

TikTok Shop merupakan salah satu fitur terbaru yang ada di TikTok. Fitur ini memungkinkan para kreatornya untuk berjualan serta menyertakan sebuah produk di video yang mereka unggah. 

Tampilan TikTok Shop

Nah dengan fitur ini, para penonton bisa membeli secara langsung melalui aplikasi TikTok. Tentunya hal ini sangat mempermudah para penonton karena tidak perlu lagi membuka aplikasi toko online yang terpisah untuk membeli produk yang ditawarkan oleh kreator video tersebut. 

Tentunya fitur ini memberikan peluang bisnis bagi para penggunanya ketika mereka membuat konten sekaligus berjualan. Ketika para pengguna mengaktifkan fitur ini, maka akan terdapat fitur tab shopping di profilnya. 

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Adweek, sebanyak 49% pengguna tiktok akan membeli produk atau jasa yang telah mereka tonton di iklan, ulasan, atau promosi yang ada. 

Baca Juga: Apa itu UMKM? Pengertian Hingga Jenis UMKM

6 Alasan Berjualan di TikTok Shop, Lebih Untung 3x Lipat Lho

Ada beberapa alasan mengapa kita harus berjualan di TikTok Shop. Menurut Facts.net, ada beberapa alasan mengapa harus berjualan di Tiktok Shop. 

  • Tiktok merupakan aplikasi yang memiliki rata-rata satu juta tayangan perhari dalam satu tahun pertama. Tentunya ini angka yang cukup luar biasa. Tentunya jumlah ini akan terus meningkat setiap waktunya. 
  • TikTok bisa membuat konten secara duet dengan dua kreator yang berbeda. Tentunya fitur ini sangat menguntungkan bagi para kreator serta yang ingin mengembangkan bisnis. Daripada kalian membayar seorang influencer untuk produk kalian. 
  • Data membuktikan bahwa 34% pengguna aplikasi TikTok membagikan kontennya setiap hari. Tentu saja dari data tersebut, disebutkan bahwa pengguna aktif tiktok sangat tinggi dibandingkan dengan media sosial yang lain. 
  • Terdapat fitur analisa video yang ada di platform TikTok yang membantu kalian dalam melihat kinerja dari konten video yang sudah di unggah. 
  • TikTok dapat diakses mulai dari browser pc hingga mobile. Tentu kalian bisa memproduksi konten dimana saja dan kapan saja. 
  • Aplikasi TikTok tersedia di 154 negara yang ada di penjuru dunia. 

Baca Juga: Berikut Beberapa Tata Cara Mengisi Kwitansi Yang Benar

6 Cara Jualan di TikTok Shop Untuk Pemula, 100% Pasti Laku

Seperti yang sudah disebutkan, tidak hanya sebagai media sosial, ternyata TikTok juga bisa digunakan untuk jualan. Nah berikut cara berjualan di TikTok Shop untuk pemula. 

1. Ubah Akun TikTok ke Akun Bisnis

Pertama, kalian harus membuat akun TikTok yang akun bisnis. Untuk bisa berjualan di TikTok Shop, tentunya kalian harus mempunyai akun bisnis seperti yang sudah disebutkan. Pertama, kalian bisa mengunjungi halaman TikTok Shop Seller.

Daftar Via TikTok Shop Seller

Setelah itu kalian bisa memilih sign up with TikTok Account, kalau sudah mempunyai akun tiktok. Kalau belum, kalian harus mendaftarkan diri terlebih dahulu di halaman yang sama, dengan cara mengisi data diri seperti nomor HP, Email, Password kemudian klik submit. 

2. Lengkapi Data dan Verifikasi Akun Jualan Anda

Setelah kalian berhasil daftar di TikTok Shop, langkah selanjutnya adalah melengkapi informasi atau data diri pada akun anda. Mulai dari alamat, contact person hingga rekening bank. 

Kalau sudah, kalian bisa melakukan verifikasi akun dengan cara melengkapi data diri pada bagian ‘verify documents’ yang terdapat di bagian homepage. Pilih tipe akun yang ingin kalian buat, apakah berbentuk individu atau korporasi. Kemudian unggah foto KTP dan ukurannya tidak melebihi 10MB. Pastikan informasi yang kalian submit sudah benar ya.

3. Tambahkan Produk Yang kalian Jual Ke TikTok Shop 

Setelah akun Anda berhasil terverifikasi, kini Anda bisa mulai menambahkan produk ke akun TikTok Shop milik Anda. Caranya adalah sebagai berikut ini:

  • Masuk ke TikTok Seller Shop Center.
  • Pastikan produk yang ingin Anda upload tidak termasuk ke dalam produk terlarang atau yang melanggar kebijakan TikTok.
  • Scroll ke bawah lalu klik ‘Add First Product’ dan pilih ‘Upload Now’.
  • Masukan nama produk dan detail lainnya seperti dimensi produk, berat, warna, dan lain sebagainya.
  • Pilih kategori produk.
  • Tambahkan brand produk jika ada.
  • Unggah foto produk minimal 3 gambar dan maksimal 9 gambar. Pastikan foto yang digunakan beresolusi tinggi dengan dimensi 1:1 dan menunjukan detail produk secara jelas.
  • Unggah video produk jika ada.
  • Tambahkan pilihan variasi seperti ukuran dan lain sebagainya.
  • Periksa kembali lalu tekan ‘Publish’.

Tips Menambahkan Produk Jualan di TikTok Shop:

  • Gunakan foto berukuran 1:1.
  • Gunakan deskripsi yang menarik. Deskripsi yang menarik berupa kalimat aktif yang dilengkapi dengan emoji untuk menampilkan kesan visual pada text yang ada.
  • Upload dokumen ownership untuk menerangkan produk tersebut adalah milik Anda atau menyatakan keasliannya.
  • Agar lebih menarik, tambahkan video produk.

4. Buatlah Konten Yang Dapat Menarik Audiens 

Keempat, ini merupakan hal yang sangat penting, yaitu kalian tidak lupa dalam membuat konten yang menarik, konten yang mampu menjangkau banyak audiens juga. Kalau bisa, konten tersebut bisa masuk ke dalam FYP (For Your Page). 

5. Buat promo yang menarik

Selanjutnya, ada banyak strategi marketing yang bisa kalian terapkan untuk mendongkrak penjualan TikTok. Salah satu nya yaitu seperti dengan memberikan promo menarik seperti Buy One Get One dan masih banyak promo menarik yang bisa kalian buat. 

6. Bekerja sama dengan influencer

Salah satu bentuk promosi yang dapat menghasilkan banyak pembeli adalah bekerja sama dengan influencer. Jumlah pengikut dan penonton yang banyak dari TikTok seorang influencer, dapat menjangkau audiens yang lebih banyak juga. Sehingga dapat meningkatkan penjualan produkmu.

Nah itulah beberapa langkah atau cara bagaimana sih berjualan di TikTok Shop untuk pemula dan untung!

Selain itu, untuk mempermudah kalian dalam berjualan atau bisnis di TikTok Shop. Kalian bisa menggunakan software invoice online dari Paper.id.

Dengan Paper.id maka kalian bisa membuat digital invoice online secara mudah, bisa via browser ataupun menggunakan aplikasi yang sudah tersedia di Google Play Store. Selain itu tersedia beragam metode pembayaran yang memudahkan kalian menyediakan pembayaran ke customer.

Selain membuat invoice, kalian bisa mengirim invoice dengan mudah hanya dengan sekali klik melalui Whatsapp, Email, hingga SMS. Juga terekonsiliasi sekaligus dengan pembayaran digital. Yuk Pakai Paper.id sekarang juga dengan klik tombol daftar dibawah ini!