Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif, pengalaman pelanggan menjadi kunci utama dalam membangun loyalitas dan meningkatkan penjualan.

Salah satu cara untuk mencapai hal ini adalah dengan menggunakan aplikasi omnichannel, yang mengintegrasikan berbagai saluran komunikasi dan penjualan dalam satu platform.

Kalau kamu belum tahu, aplikasi omnichannel adalah platform yang membantu bisnis untuk mengelola berbagai saluran penjualan secara terintegrasi, termasuk toko offline, e-commerce, social commerce, website, dan marketplace

Keuntungan Aplikasi Omnichannel untuk Bisnis

Aplikasi omnichannel menawarkan berbagai keuntungan bagi bisnis, terutama dalam hal integrasi, efisiensi, dan pengalaman pelanggan. 

Berikut keuntungan dari menggunakan aplikasi omnichannel untuk bisnis, diantaranya:

1. Pengalaman pelanggan yang konsisten

Aplikasi omnichannel mengintegrasikan berbagai saluran penjualan dan komunikasi, seperti toko fisik, e-commerce, media sosial, dan aplikasi mobile. 

Hal ini memastikan pelanggan mendapatkan pengalaman yang konsisten, terlepas dari saluran yang mereka gunakan.

Di satu sisi, kamu bisa mengumpulkan data pelanggan dari berbagai saluran dapat digunakan untuk memberikan layanan yang lebih personal dan relevan, meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

2. Meningkatkan efisiensi operasional

Dengan aplikasi omnichannel, bisnis dapat mengelola inventaris secara terpusat sehingga bisa meminimalisir risiko kehabisan stok dan mengoptimalkan proses restock barang.

Selain itu, kamu juga bisa memproses pesanan yang masuk dari berbagai saluran penjualan didalam satu sistem sehingga bisa mempercepat pemrosesan dan pengiriman pesanan.

3. Meningkatkan penjualan dan konversi

Platform omnichannel memungkinkan bisnis menjangkau pelanggan melalui berbagai platform, meningkatkan peluang penjualan dan memperluas basis pelanggan.

Dari situ, kamu dapat menentukan strategi penjualan, karena adanya integrasi data dari berbagai saluran, bisnis dapat mengembangkan strategi penjualan yang lebih efektif, seperti upselling dan crossselling, berdasarkan perilaku dan preferensi pelanggan.

Baca Juga: Tips Jitu Kelola Bisnis Online Pakai Platform Omnichannel Marketplace

4. Analisis data yang lebih mendalam

Tidak hanya membantu operasional bisnis saja, tetapi omnichannel memberikan laporan dan analisis yang komprehensif tentang performa penjualan di berbagai saluran. 

Data tersebut, nantinya bisa kamu gunakan untuk memahami tren dan melakukan penyesuaian strategi secara tepat waktu.

5. Fleksibilitas dalam pemenuhan pesanan

Tersedia opsi pengiriman yang beragam dan memberikan keleluasaan kepada pelanggan untuk memilih pengiriman barang yang nyaman.

Contohnya, pengambilan di toko (click and collect), pengiriman ke rumah, atau pengiriman dari toko terdekat.

Ketika ada retur barang, aplikasi omni channel juga memudahkan pengelolaan pengembalian barang, di mana pelanggan dapat mengembalikan barang melalui berbagai saluran yang berbeda.

Baca juga: Cara Memilih Software Omnichannel Terbaik untuk Bisnis

Software Omnichannel Terbaik di Indonesia

aplikasi omnichannel jubelio

Ini dia rekomendasi aplikasi omnichannel terbaik di Indonesia yang dapat kamu gunakan, yaitu Jubelio Omnichannel.

Buat kamu yang mungkin belum tahu, Jubelio adalah sebuah sistem omnichannel yang memudahkanmu kendalikan seluruh operasional bisnis hanya dari satu sistem yang terintegrasi.

Maka dari itu, fitur yang ditawarkan sudah sangat lengkap, seperti:

1. Proses pesanan yang terintegrasi

Kamu bisa kelola seluruh pesanan dari berbagai channel penjualan secara terpusat lewat satu sistem sehingga pemenuhan pesanan bisa lebih cepat sesuai urutan otomatis dari tanggal masuk.

2. Manajemen produk

Fitur ini membantu kamu untuk mengontrol dan mengatur seluruh produk di berbagai channel penjualan sekaligus dengan mudah. Misalnya, upload produk massal, salin produk, upload harga, sampai pengaturan produk bundling.

3. Sistem manajemen gudang

Kontrol gudang secara penuh untuk menghindari kesalahan input barang, double pengiriman barang, dan kesalahan pengambilan barang.

4. Manajemen inventory

Tersedia fitur sinkronisasi stok otomatis di semua saluran penjualan sehingga kamu nggak perlu lagi pakai cara manual. Fitur manajemen inventory Jubelio, seperti stok cadangan, stok tidak terbatas, toko prioritas, perkiraan produk stok menipis. 

5. Laporan dan analisis bisnis

Di fitur ini kamu bisa analisis data secara akurat untuk pengambilan keputusan bisnis dan ketahui waktu yang tepat untuk campaign terbaik.

Baca Juga: Bingung Mulai Bisnis Online? Pelajari Perbedaan E-Commerce dan Marketplace Sebelum Memilih

Ada hal yang wajib kamu tahu, kalau Jubelio Omnichannel tidak hanya sekadar platform omni channel saja tetapi merupakan ekosistem yang sudah dilengkapi produk lainnya untuk mendukung operasional bisnis kamu, diantaranya:

  1. Jubelio POS yang bisa kamu gunakan untuk toko fisik. Integrasikan toko offline kamu dengan aplikasi kasir untuk memudahkan operasional bisnis
  2. Mau buat website toko online sendiri secara mudah? Kamu bisa manfaatkan Jubelio Store untuk buat toko online dalam hitungan menit dengan desain premium
  3. Ada Jubelio Chat sebagai aplikasi chat commerce yang mempermudah kamu untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan dari berbagai channel penjualan. 
  4. Kirim pesanan ke pelanggan makin mudah dengan berbagai pilihan kurir yang terintegrasi pakai Jubelio Shipment
  5. Jubelio Page bisa hubungkan sosial media, marketplace, dan berbagai halaman lainnya lewat link in bio secara mudah, cepat, dan bisa digunakan free.

Untuk mendapatkan produk-produk tambahan tersebut, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan lagi, lho!

Mulai penasaran sama semua fitur Omnichannel dan produk Jubelio lainnya? 

Kalo iya, kamu bisa langsung kunjungi website Jubelio dan langsung coba semua fitur Jubelio Omnichannel. Cari Tahu Selengkapnya Disini!

*Artikel ini hasil kerjasama Jubelio dan Paper.id

Muhamad Dika Wahyudi