Ketika sebuah bisnis memasok produk atau jasa dan ingin mendapatkan pembayaran, mereka mengeluarkan sebuah invoice atau faktur. Invoice ini merupakan dokumen kunci yang mendetailkan segala aspek pembelian, termasuk deskripsi produk, total jumlah yang harus dibayar, tanggal batas waktu pembayaran, dan informasi penting lainnya. 

Cara yang paling mudah untuk membuat invoice adalah dengan menggunakan template invoice, baik dalam format Word, Excel atau PDF yang bisa kamu download secara gratis. 

Template yang disediakan dapat menghemat waktumu sehingga kamu tidak perlu mengisi ulang informasi yang sama setiap kali membuat faktur. Berikut ini template invoice Excel yang bisa kamu download secara gratis, dan cara membuatnya di excel!

Baca Juga: 5 Langkah Cara Membuat Invoice Dengan Mudah & Cepat, Pebisnis Wajib Tahu!

Cara Membuat Invoice dari Template Excel

Membuat invoice dari template Excel sangatlah mudah dan tidak memakan waktu lama, biasanya hanya sekitar 30 menit. Namun, sebelum memulainya, penting untuk menyadari bahwa ada cara yang lebih cepat dalam pembuatan invoice, hanya dalam waktu 5 menit!

Jawabannya adalah menggunakan platform Paper.id. Dengan Paper.id, kamu bisa membuat invoice secara cepat dan mudah dalam waktu hanya 5 menit. Selain itu, tersedia berbagai macam template invoice profesional yang dapat digunakan secara gratis.

Kendati demikian, kamu juga bisa menggunakan template yang sudah tersedia di Ms. Excel. Dengan template tersebut, kamu bisa dengan mudah menyesuaikan invoice dengan merek bisnismu, termasuk warna, logo, hingga font yang diinginkan.

Berikut ini cara membuat invoice dari template Excel: 

1. Buka Microsoft Excel

Langkah pertama adalah membuka Microsoft Excel yang sudah terinstal di dalam komputer atau laptop kamu. Selanjutnya, kamu bisa pilih File > New > Klik New From Template. Dari sana, kamu bisa memilih template yang sesuai dengan keinginan. 

2. Cari template invoice

Setelah itu, kamu bisa mencari template yang diinginkan dengan cara mencarinya di kolom search. Posisinya terletak di pojok kanan atas, kemudian ketikkan kata “invoice”. Dengan demikian, semua template yang berhubungan dengan invoice akan muncul untuk dipilih.

3. Edit dan sesuaikan template invoice

Setelah memilih template yang diinginkan, coba kamu klik pada tamplate tersebut. Sebelum mulai mengedit, pastikan bahwa template sudah sesuai dengan kebutuhan kamu, ya. Nah, template invoice excel harus memenuhi beberapa unsur seperti berikut:

  • Kata “Faktur” atau “Invoice” pada bagian header
  • Nama perusahaan dan informasi kontaknya
  • Nama klien dan detail kontrak
  • Tanggal jatuh tempo pembayaran
  • Tanggal penerbitan invoice 
  • Nomor invoice
  • Daftar rinci produk dan deskripsi singkat
  • Syarat pembayaran
  • Pajak atau diskon
  • Jumlah yang harus dibayar

Setelah semua unsur tersebut sudah terpenuhi, kamu bisa mempersonalisasikan atau mengedit template invoice Excel sesuai preferensi kamu sendiri.

4. Simpan dan kirim invoice

Terakhir, setelah kamu selesai mengedit template invoice sesuai dengan keinginan, simpan invoice tersebut. Caranya adalah dengan mengklik File > Save As > Pilih lokasi penyimpanan > Klik Save. Seperti yang ditunjukkan dalam gambar di bawah ini.

Kamu juga bisa save invoice tersebut dalam bentuk PDF lho. Setelah berhasil di-save, kamu bisa mengirim langsung kepada klien. 

Nah, klik tombol di bawah ini untuk template invoice Excel yang bisa kamu download!

Baca Juga: 7 Aplikasi Invoice Online yang bisa Digunakan GRATIS untuk Desktop & Mobile

Cara Membuat Invoice Tanpa Template di Excel

Jika sebelumnya membahas cara membuat invoice dengan menggunakan template yang sudah tersedia di Ms. Excel, sekarang akan membahas cara membuatnya secara manual tanpa menggunakan template.

Memang keuntungannya adalah kamu punya lebih banyak kebebasan dalam mengatur isi dan tampilan template. Namun, langkahnya sedikit lebih rumit. Mari kita simak caranya di sini!

1. Buka workbook baru

Untuk membuka workbook Excel baru, kamu bisa menekan File > New. Setelah itu, secara otomatis Excel akan membuat sebuah spreadsheet kosong untukmu.

2. Hapus gridlines

Kedua, kamu bisa mengghapus gridlines atau garis kisi. Dengan cara ini, kamu bisa membuat lembar kerja yang terlihat lebih bersih dan rapi. Namun, tahapan ini bersifat opsional, ya.

Untuk melakukannya, buka menu layout, dan kemudian pada bagian tampilan, hilangkan centang pada kotak gridlines.

3. Buat header invoice

Berikut beberapa komponen header invoice, di antaranya sebagai berikut:

  1. Kata “Invoice”
  2. Nama Bisnis dan informasi kontak seperti alamat jalan, kita, nomor telepon, dan email. 
  3. Logo Bisnis. 

Setelah itu, kamu bisa memasukkan elemen tersebut ke dalam Excel seperti contoh berikut.

4. Tambahkan tanggal jatuh tempo pembayaran & nomor invoice

Di sisi kanan tajuk, buat tiga baris yang merinci tanggal penagihan, tanggal jatuh tempo pembayaran, dan nomor invoice unik.

5. Masukkan informasi kontak klien

Rincian kontak klien termasuk nama klien, alamat jalan, kota, dan nomor telepon.  Awali bagian ini dengan kata-kata “invoice ke” atau hanya “ke”, lalu isi semua detailnya.

6. Buat daftar layanan dan produk yang rinci

Sebuah daftar terperinci dari layanan dan produk meliputi:

  1. Nama dan deskripsi layanan/produk.
  2. Harga per unit
  3. Jumlah yang dibeli
  4. Diskon dan pajak
  5. Subtotal untuk setiap lini produk
  6. Jumlah total

Cara termudah untuk membuat daftar ini adalah dengan menambahkan tabel, dengan kolom dan baris untuk setiap elemen. Lakukan ini dengan membuka Tabel, dan mengklik New.

Selanjutnya, kamu mempersonalisasi warna tabel dengan skema warna yang diinginkan menggunakan fitur Table Styles yang terletak di bagian kiri atas menu Tabel yang sama.

Setelah memilih desain, isi tabel dengan detail penjualan yang sesuai. Sekarang, invoice kamu akan terlihat seperti ini:

7. Sertakan syarat pembayaran dan catatan tambahan lainnya

Di bagian bawah invoice, sertakan persyaratan pembayaran dengan catatan singkat “terima kasih“.

8. Simpan dan kirim invoice

Simpan invoice yang sudah selesai sebagai file PDF dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan sebelumnya.

Terakhir, kirimkan invoice kepada klien menggunakan metode pilihan kamu, dan akhirnya, terimalah pembayaran invoice tersebut.

Download Template Format Invoice Excel!

Di bawah ini adalah template invoice dengan bentuk atau format Excel, yang bisa kamu download secara gratis!

Sementara, inilah format template invoice yang bisa langsung kamu edit dari Word/Google Docs.

Buat Invoice Mudah dengan Aplikasi Invoice Online dari Paper.id

Software invoice online bisa dibilang sebagai salah satu aplikasi yang sering digunakan oleh para pebisnis. 

Hal ini dikarenakan, invoice adalah salah satu hal yang paling dekat dengan transaksi dalam sebuah bisnis dan kadang pembuatan faktur menghabiskan waktu yang tidak sedikit.

Sehingga banyak pemilik bisnis yang memilih untuk memanfaatkan aplikasi faktur untuk mengefektifkan proses pembuatan faktur ini, khususnya bagi bisnis online dimana transaksi antara penjual dan pembeli tidak bertemu secara langsung dalam kegiatan jual-beli. Untuk mempermudah dalam membuat invoice, kamu bisa menggunakan Paper.id. 

Paper.id salah satu platform invoice online dan pembayaran digital yang memudahkan para pebisnis dalam membuat invoice dan juga kirim invoice. 

Selain itu invoice yang sudah dibuat, sudah langsung terekonsiliasi dengan sistem pembayaran digital, jadi kamu tidak perlu lagi repot dalam menyediakan metode pembayaran untuk customer-mu. Yuk, pakai Paper.id sekarang juga dengan klik tombol dibawah ini!

Alfian Dimas