Sebagai business owner, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan Virtual Credit Card atau VCC, terlebih kini kartu kredit ini sedang tren dalam dunia bisnis, lho

Bagaimana tidak, di Amerika Serikat saja, menurut Mordor Intelligence (2014) diperkirakan VCC akan mengalami pertumbuhan dengan Compounded Annual Growth rate (CAGR) hingga 6% pada tahun 2029 nanti.

VCC adalah kartu kredit yang berbentuk virtual dan dapat digunakan secara online. Virtual Credit Card menawarkan solusi praktis dan aman untuk transaksi bisnis dengan keamanannya yang lebih baik dan kemudahannya dalam digunakan untuk transaksi secara digital. 

Pertanyaannya, di antara banyaknya opsi yang tersedia, mana yang benar-benar cocok untuk kebutuhan bisnis kamu?

Untuk itu, berikut 4 Virtual Credit Card (VCC) terbaik di Indonesia yang cocok untuk kebutuhan bisnis. Simak selengkapnya di bawah!

Baca Juga: Virtual Credit Card (VCC): Pengertian, Cara Kerja & Manfaatnya untuk Bisnis

1. Paper Virtual Credit Card

Paper.id sebagai platform invoicing dan pembayaran antar bisnis, memperkenalkan Paper Virtual Credit Card. Kartu ini akan memudahkan kamu dengan memberikan solusi tempo pembayaran selama 50 hari dan membantu pencatatan bisnis menjadi lebih teratur.

Dengan menggunakan Paper Virtual Credit Card, kamu bisa lebih hemat karena setiap kali melakukan transaksi bisnis di Paper.id, kamu akan menerima cashback sebesar 0,1%. Bayangkan, jika ditambah promo lainnya, akan lebih hemat, ‘kan?

Kamu bisa gunakan kartu kredit virtual ini untuk bayar supplier atau kamu manfaatkan untuk menerima pembayaran dari buyer dengan lebih efisien, sehingga membantu kamu dalam mengelola dan mengontrol cash flow bisnis kamu jadi lebih sehat.

Tidak hanya itu, kamu berkesempatan memantau transaksi bisnis kamu yang dilakukan di Paper.id. Yang artinya, kamu bisa kelola dan pisah antara pengeluaran bisnis atau pribadi dengan mudah menggunakan fitur business expense management yang sudah otomatis terintegrasi.

Yuk, dapatkan Paper Virtual Credit Card sekarang juga dan manfaatkan semua keunggulannya dengan cara klik tombol di bawah ini!

2. UOB Virtual Credit Card

UOB adalah salah satu bank yang menyediakan kartu kredit virtual (VCC) khusus untuk kebutuhan bisnis. Fitur-fitur yang ditawarkan oleh UOB sangat beragam dan bisa kamu sesuaikan dengan jenis bisnis yang sedang dijalani.

Hal utama yang ditawarkan oleh Virtual Credit Card dari UOB di Indonesia ini untuk membantu meningkatkan cash flow bisnis dan mempermudah pengelolaan risiko keuangan.

Selain itu, keunggulannya adalah kemudahan akses melalui aplikasi mobile dengan Business Internet Banking Plus (BIBPlus). Kamu bisa mengelola berbagai rekening bisnis langsung dari ponsel, membuat proses keuangan menjadi lebih praktis dan efisien.

Menariknya, UOB juga menawarkan berbagai jenis rekening bisnis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan spesifik bisnis kamu, termasuk akun dalam mata uang rupiah maupun multi-mata uang asing.

Sayangnya, meskipun UOB menawarkan berbagai keuntungan melalui VCC-nya, biaya bunga untuk tiap transaksinya cukup tinggi, yaitu sebesar 1,75% per bulan atau 21% per tahun. Ini bisa dianggap besar, mengingat sudah banyak penyedia lain yang menawarkan biaya bunga lebih rendah.

3. Kartu Kredit Virtual Monit

Selanjutnya ada kartu kredit virtual dari Monit yang memberikan berbagai manfaat untuk mempermudah transaksi bisnis kamu. Dengan dukungan jaringan transaksi VISA dan Mastercard, Monit memberikan keleluasaan dalam memilih jaringan pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Maka dari itu, keunggulan VCC Monit ini bisa digunakan untuk transaksi pada merchant, baik di dalam negeri maupun internasional, kapanpun dan dimanapun. Tidak hanya itu, kartu ini bebas dari bunga keterlambatan dan biaya tambahan lainnya, sehingga kamu bisa fokus pada pengembangan bisnis tanpa khawatir tentang biaya ini.

Menariknya lagi, kamu juga bisa mengatur limit transaksi secara fleksibel, sehingga kamu punya kontrol penuh atas pengeluaran bisnismu sendiri. Selain itu, transaksi kamu juga akan lebih jelas dengan fitur dasbor yang menampilkan setiap transaksi secara real-time.

Dengan demikian, kamu bisa memantau dan mengatur pengeluaran dengan lebih efisien, termasuk menetapkan kategori merchant, menentukan limit harian atau bulanan, dan menetapkan nama merchant secara spesifik.

Namun, meskipun bebas dari bunga keterlambatan dan biaya tambahan, ada kemungkinan terdapat biaya tersembunyi atau biaya administrasi yang mungkin tidak disebutkan secara eksplisit di awal. Jadi, pastikan membaca semua syarat dan ketentuan dengan teliti, ya.

4. Kartu Kredit Virtual Volopay

Terakhir, ada kartu kredit virtual Volopay yang dilengkapi dengan masa tenggang (grace period), kredit bebas bunga, dan tanpa perlu jaminan, sehingga memberikan fleksibilitas dan kemudahan bagi bisnis kamu.

Dengan Volopay, kamu bisa mengakses kartu kredit virtual melalui aplikasi dan software, membuatnya sangat praktis dan mudah digunakan. Proses bisnis kamu akan lebih terintegrasi berkat rekening bisnis Volopay yang memungkinkan manajemen keuangan yang lebih efisien.

Tidak hanya itu, Volopay menyediakan visibilitas dan laporan transaksi secara real-time, sehingga kamu selalu bisa memantau arus kas dan pengeluaran bisnis dengan cepat dan akurat. 

Menariknya lagi, kamu bisa membuat kartu yang dihubungkan langsung dengan dompet mata uang USD, sehingga memudahkan kamu dalam melakukan proses transaksi pembayaran merchant atau supplier/vendor yang berasal dari Amerika Serikat tanpa dikenakan biaya tambahan FX.

Baca Juga: Makin Aman & Mudah, Ini Manfaat Virtual Credit Card Untuk Bisnis

Nah, itu dia 4 Virtual Credit Card (VCC) terbaik di Indonesia yang cocok untuk kebutuhan bisnis. Setiap kartu kredit virtual ini menawarkan berbagai keunggulan yang bisa membantu kamu mengelola keuangan bisnis dengan lebih efisien dan aman. 
Dengan memilih VCC yang tepat, kamu bisa menikmati berbagai manfaat seperti cashback, biaya yang rendah, serta keamanan transaksi yang terjamin. Jadi, Virtual Credit Card seperti apa yang akan kamu gunakan untuk kebutuhan bisnis kamu?

Muhamad Dika Wahyudi