Customer Relationship Management (CRM) telah menjadi salah satu alat penting bagi bisnis untuk membangun dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan.

CRM memungkinkan perusahaan untuk mengakses berbagai fitur yang dapat membantu meningkatkan produktivitas, mengoptimalkan komunikasi, dan memaksimalkan keuntungan.

Jika perusahaan tidak menggunakan CRM, mereka berisiko kehilangan jejak interaksi dengan pelanggan, kesulitan mengelola data pelanggan, dan membangun hubungan jangka panjang.

Namun, dengan banyaknya aplikasi CRM yang tersedia, memilih software CRM yang tepat bisa menjadi tantangan. Terutama dengan banyaknya opsi yang menawarkan keunggulan berbeda-beda.

Untuk itu, berikut rekomendasi software CRM dengan harga terjangkau yang cocok untuk bisnis kamu beserta fitur dan harganya.

1. CRM.ID

CRM.ID adalah software CRM dan penyedia WhatsApp API yang berfokus untuk membantu bisnis dalam mempermudah pelayanan pelanggan.

Dengan antarmuka yang minimalis dan rapi, kamu bisa membuat template pesan kustom dengan mudah, menyimpan kontak pelanggan secara otomatis, dan mendapatkan analisis yang lengkap.

Selain itu, CRM.ID juga memungkinkan kamu untuk mengirim pesan tanpa batasan jumlah dan tanpa batasan agen, sehingga jika kamu memiliki tim dengan banyak anggota pun, semua bisa menggunakan satu CRM.ID saja.

Bisnis apa yang cocok menggunakan CRM.ID?

Bisnis dengan segala ukuran, tetapi terutama bisnis kecil dan menengah yang menginginkan solusi untuk pelayanan pelanggan bisa menggunakan CRM.ID.

Jika kamu baru merintis bisnis atau belum pernah menggunakan CRM sebelumnya, kamu tidak perlu khawatir.

Sebab, CRM.ID menawarkan dukungan one-on-one untuk melatih karyawan hingga asistensi selama penggunaan.

Harga

CRM.ID tidak memungut biaya bulanan, tetapi hanya biaya per pesan saja, yaitu Rp40 per pesan.

Jika tertarik, kamu bisa mencoba menggunakan CRM.id melalui tautan ini.

Baca Juga: Jangan Asal! 10 Tips Memilih Aplikasi CRM yang Tepat untuk Bisnis

2. Zoho

Zoho adalah software CRM dengan fitur kokoh dan harga yang kompetitif. Aplikasi ini serba bisa dan mampu memenuhi kebutuhan bisnis dan industri dalam berbagai skala dengan fiturnya yang luas dan integrasinya yang lengkap.

Zoho CRM menyediakan banyak fitur penting seperti otomatisasi penjualan dan pemasaran serta kustomisasi produk.

Beberapa fiturnya bisa kamu gunakan secara gratis tanpa perlu mendaftar untuk akun premium. Misalnya, dengan akun gratis saja, kamu sudah bisa membuat dan mengirim email kustomisasi.

Salah satu kelebihan Zoho yang lain adalah kemampuannya untuk berintegrasi dengan teknologi kecerdasan buatan (AI). Akan tetapi, fitur ini hanya tersedia dalam paket Enterprise dan Ultimate.

AI akan membantu kamu dalam memprediksi respon pelanggan dan menentukan waktu dan metode yang paling optimal untuk berinteraksi dengan mereka.

Zoho juga menggunakan AI untuk mentranskrip dan merangkum panggilan, sehingga kamu bisa memahami inti percakapan secepat mungkin.

Bisnis apa yang cocok menggunakan Zoho?

Zoho CRM adalah pilihan yang ideal untuk startup atau usaha yang memerlukan fitur manajemen klien dan kontak, juga dengan fitur prediksi penjualan dan otomatisasi pemasaran.

Harga

Zoho CRM bisa kamu gunakan mulai dari Rp193.250 per bulan untuk paket Stkamurd hingga Rp717.667 per bulan untuk paket ultimate.

3. HubSpot

HubSpot adalah software CRM yang cukup terkenal dan menawarkan berbagai fitur untuk membantu bisnis berjualan dengan lebih efektif, seperti otomatisasi formulir, segmentasi daftar, live chat dan rekomendasi SEO, membantu bisnis menciptakan leads, dan mengatur hubungan antara konsumen dan tim pemasar.

Selain fitur di atas, HubSpot juga terintegrasi dengan CallRail, sebuah sistem pelacak panggilan dari Google Ads, dan langsung menambahkannya secara otomatis ke database.

Bisnis apa yang cocok menggunakan HubSpot?

HubSpot adalah CRM yang dirancang secara spesifik untuk bisnis berukuran kecil dan medium karena tools-nya cocok untuk tim berukuran kecil atau bisnis dengan sumber daya terbatas.

Jika kamu baru pertama kali menggunakan CRM, HubSpot adalah pilihan yang tepat karena mudah diatur dan digunakan, lalu tools yang tersedia dari versi gratisnya pun cukup lengkap.

Begitu kamu mulai familiar dan ahil menggunakan CRM, kamu bisa menambahkan tools lain atau beralih ke paket berbayar mereka.

Harga

HubSpot menyediakan paket gratis yang tersedia untuk maksimal 5 orang. Jika kamu ingin melakukan upgrade, maka kamu bisa memilih paket Starter seharga $15 per bulan.

kamu juga bisa membuat paket kustom jika kamu hanya menginginkan satu atau dua fitur spesifik dan membayar biaya berlangganannya per bulan atau per tahun.

Baca Juga: 10 Aplikasi CRM untuk Mempermudah Rekap Data Klien

4. Zendesk Sell

Zendesk Sell adalah platform CRM dari Zendesk, yang juga menawarkan platform help desk yang bisa kamu integrasikan ke CRM. Dengan Zendesk Sell, kamu bisa mengatur support tickets, membuat chatbot, membuat help center untuk berkomunikasi lewat media sosial, dan masih banyak lagi.

Bisnis apa yang cocok menggunakan Zendesk Sell?

Zendesk Sell adalah software CRM yang mudah kamu pelajari, jadi ideal untuk bisnis yang sebelumnya belum pernah menggunakan CRM.

Software ini juga cocok untuk bisnis yang ingin berpindah dari model kerja berbasis kertas ke solusi CRM yang serba otomatis serta yang memerlukan platform yang terintegrasi dengan sistem lain.

Bisnis yang ingin melacak prospek melalui saluran penjualan atau bisnis dalam semua ukuran yang mencari alat manajemen penjualan yang komprehensif juga bisa menggunakan Zendesk Sell.

Sayangnya, Zendesk Sell kurang cocok untuk bisnis yang membutuhkan CRM gratis bisnis yang tidak menjual produk atau layanan secara langsung ke konsumen. Sebab, semua fitur Zendesk Sell lebih fokus ke tim yang berorientasi pada penjualan.

Harga

Zendesk Sell bisa kamu dapatkan mulai dari harga $19 per agen per bulan jika kamu membayarnya secara tahunan. Tapi jika kamu ingin membayar per bulan, maka harganya menjadi $25.

Untuk versi Profesionalnya, kamu perlu membayar $149 per agen per bulan atau $115 per agen per bulan (jika pembayarannya per tahun).

Selain dua versi di atas, tersedia juga versi Enterprise dengan harga mulai dari $169 per pengguna.

5. Apptivo

Apptivo adalah software CRM dengan kustomisasi yang super fleksibel, sehingga cocok untuk bisnis yang ingin menggunakan berbagai tools sesuai dengan kebutuhan mereka yang spesifik.

Selain kelebihan dari segi kustomisasi, Apptivo juga menyediakan fitur yang memungkinkan bisnis untuk menganalisis proses penjualan mereka. Fitur lainnya adalah otomatisasi penjualan yang akan membantu kamu menghemat waktu dalam melakukan kegiatan yang repetitif.

Apptivo juga tersedia di ponsel, jadi ini adalah pilihan yang tepat untuk pebisnis dengan tim penjualan on-the-go. Selain itu, Apptivo juga menyajikan metrik performa CRM, proyeksi penjualan, dan analisis dalam bentuk visual yang mudah dicerna.

Bisnis apa yang cocok menggunakan Apptivo?

Apptivo cocok untuk bisnis berbasis layanan yang memerlukan fitur-fitur yang akan membantu mereka dalam mengelola kontak dan leads dengan efektif. Sebab, Apptivo memiliki berbagai tools dan fitur terkait layanan dan sangat mudah untuk kamu kustomisasi dengan integrasinya pada API.

Harga

kamu bisa menggunakan Apptivo dengan membayar mulai dari $15 per bulan untuk paket Lite. Jika kamu ingin mencobanya dulu sebelum membeli, kamu bisa mendaftar untuk akun trial selama 30 hari atau menjadwalkan demo.

Baca Juga: CRM (Customer Relationship Management): Perlukah untuk Bisnis?

Intinya…

Berdasarkan penjelasan di atas, kamu sudah mengetahui bahwa ada banyak CRM dengan fitur dan harga yang berbeda-beda. Karena itu, pilihlah sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu.

Jika kamu adalah tipe bisnis yang tidak membutuhkan banyak fitur kompleks dan hanya ingin fokus untuk melayani pelanggan dengan efisien, maka kamu bisa mempertimbangkan CRM.ID.

Dengan CRM.ID, kamu dapat melayani pelanggan tanpa batasan jumlah kontak, agen, dan pesan, sehingga sangat cocok untuk bisnis yang memiliki tim customer service tersendiri.

Selain itu, CRM.ID juga tidak memerlukan biaya berlangganan bulanan yang mahal. Cukup dengan Rp40 per pesan saja, kamu sudah bisa mengakses semua fiturnya.

Jika kamu tertarik untuk mencoba CRM.ID, kamu bisa menjadwalkan demo dengan menggunakan tautan ini.

*Artikel ini hasil kerja sama antara Kledo.com dan Paper.id

Muhamad Dika Wahyudi