Ketika interaksi tatap muka menjadi terbatas akibat pandemi COVID-19, banyak generasi muda usia produktif yang mulai mempertimbangkan untuk menjalani karier alternatif sebagai pekerja lepas (freelance). Freelance menawarkan fleksibilitas dan kebebasan yang sesuai dengan gaya hidup mereka, memungkinkan untuk bekerja dengan cara yang lebih mandiri dan dinamis.

Menurut survei Fiverr (Februari 2024) yang melibatkan 10.033 generasi Z di seluruh dunia menunjukkan, sebanyak 70% generasi Z memilih atau berencana menjadi freelancer di masa depan. Sedangkan, menurut Indonesia Gen Z report 2024, Gen Z di Indonesia memilih freelance sebagai sumber pendapatan tambahan, dimana sebanyak 14% merasa freelance memberikan kontribusi tambahan sebesar 25%-50% dari pendapatan utamanya.

Baca Juga: 10 Jenis Pekerjaan Freelance yang Bisa Dikerjakan dari Rumah

Tantangan yang Sering Dihadapi Freelancer

Menjadi freelancer juga menghadapi beberapa tantangan, sebagai berikut: 

1.  Ketidakpastian penghasilan

Pendapatan sebagai freelancer tidak stabil karena bukanlah penghasilan tetap setiap bulan dan tidak ada manfaat karyawan seperti asuransi.

2. Manajemen waktu

Freelancer dihadapi dengan kemampuan dalammenyeimbangkan berbagai proyek dengan deadline yang berbeda-beda hingga dengan pekerjaan tetapnya.

3. Negosiasi harga

Menentukan harga kepada klien bisa cukup menantang dimana harus memasang harga yang sesuai dengan nilai pekerjaan, kemampuan dan nilai kompetitif di pasar.

4. Persaingan ketat

Semakin global klien yang dituju, maka semakin besar persaingannya. Freelancer harus membangaun portoflio untuk mendapatkan perhatian lebih dari klien. 

5. Kendala pembayaran

Cara menagih yang masih manual dan terbatasnya pilihan metode pembayaran dapat membuat klien menunda pembayaran atau merasa kurang nyaman bekerja sama dengan freelancer, sementara untuk menambah metode pembayaran, freelancer harus mendaftar ke setiap bank untuk memiliki rekening yang berbeda.

Baca juga6 Tips Mengatur Keuangan Buat fFreelance

Mengapa Pembayaran bagi Freelancer menjadi Aspek Penting?

Pembayaran sangat penting bagi freelancer karena merupakan sumber pendapatan yang mendukung kebutuhan hidup. Tanpa pembayaran yang tepat waktu dan memadai, freelancer menghadapi risiko ketidakstabilan finansial, menghambat arus kas yang dapat mempengaruhi kualitas hidup dan kemampuan untuk terus bekerja.

Selain itu, pembayaran yang lancar juga membangun kepercayaan dan profesionalisme dalam hubungan dengan klien, mendorong keberlanjutan kerja sama di masa depan. Untuk itulah, memberikan kemudahan pembayaran bagi klein sangat lah dibutuhkan. 

Payment Link, terima pembayaran cepat dari berbagai platform digital

Dihadapkan pada berbagai kendala termasuk dalam proses penerimaan pembayaran, kamu tidak perlu khawatir, kini ada solusi praktis yaitu Payment Link. Link pembayaran ini bisa jadi solusi untuk terima pembayaran dari berbagai project yang sedang kamu kerjakan.

  • Praktis & Cepat!: Cukup isi detail pembayaran dan ta-da! link siap dikirim melalui berbagai platform digital seperti aplikasi chat atau email. 
  • Satu Link untuk Terima Pembayaran Cepat: Cukup satu link pembayaran terproteksi, klien bisa langsung akses halaman pembayaran dan pilih metode pembayaran yang tersedia.
  • Tanpa Integrasi: Semua bisa pakai termasuk freelancer! Tanpa perlu keahlian coding dan integrasi rumit, payment link praktis untuk menerima pembayaran ke klien.
  • Notifikasi langsung: Kamu dapat mengirimkan notifikasi Payment Link ke email kamu maupun ke pelanggan, dengan begitu kamu bisa mengetahui status link pembayaran sudah terbayarkan atau belum.
  • Atur kadaluarsa link: Atur jangka waktu link pembayaran aktif. Jadi, kamu bisa berikan tenggat waktu pembayaran ke klien.

Fitur Payment Link

  • Partial Payment: Fitur ini memungkinkan klien untuk melakukan pembayaran sebagian dari total pembayaran (down payment), sehingga membantu meningkatkan tingkat keberhasilan transaksi karena klien diberikan fleksibilitas untuk melakukan pembayaran secara berkala.
  • Multiple Payment: Fitur ini memungkinkan klien bisa menggunakan link yang sama untuk melakukan pembayaran beberapa kali. Ini akan memberikan kenyamanan bagi klien untuk melakukan pembayaran karena link pembayaran tidak berubah.

Baca Juga: 10 Jenis Pembayaran Digital Hingga Manfaatnya Buat Bisnis

Dengan berbagai manfaat yang ditawarkan, Payment Link menjadi solusi tepat bagi freelancer untuk mengatasi tantangan dalam proses terima pembayaran. Tidak hanya memudahkan kirim link pembayaran, tetapi juga memastikan transaksi berjalan lancar dan tepat waktu. Jadi, freelancer dapat fokus pada pekerjaan mereka tanpa perlu khawatir tentang masalah pembayaran, sekaligus menjaga hubungan baik dengan klien dan memastikan keberlanjutan bisnisnya. 

Payment Link tidak hanya alat pembayaran, tapi juga kunci untuk mengoptimalkan efisiensi dan profesionalisme dalam dunia freelance.

Ingin terima pembayaran digital cepat tanpa integrasi. Satu linknya, beragam metode pembayarannya!

*Artikel ini hasil kerja sama antara Paper.id dan DOKU

Muhamad Dika Wahyudi