alam dunia bisnis yang kompetitif, memahami pelanggan bukan lagi sekadar keuntungan tambahan, tetapi sebuah keharusan karena berpengaruh untuk meningkatkan penjualan. 

Bisnis yang sukses adalah bisnis yang mampu mengenali kebutuhan, preferensi, dan kebiasaan konsumsi pelanggan dengan akurat. 

Adapun salah satu cara yang efektif untuk mendapatkan wawasan mendalam tentang pelanggan yaitu dengan menggunakan survei online. Mengapa demikian? Sebab, metode survei online tidak hanya hemat biaya, tetapi juga memberikan data akurat dan cepat. 

Akan tetapi, agar survei online benar-benar dapat meningkatkan penjualan bisnis, kamu perlu memahami cara memanfaatkannya dengan optimal. 

Alasan Melakukan Survei Online Dapat Meningkatkan Penjualan 

Survei online adalah metode pengumpulan data dari pelanggan maupun calon pelanggan melalui platform digital. Dibandingkan dengan metode tradisional seperti wawancara langsung atau survei yang menggunakan kertas, survei online memiliki beberapa keunggulan, di antaranya:

1. Jangkauan luas

Kamu sebagai pelaku bisnis dapat menjangkau pelanggan yang berasal dari berbagai lokasi, baik nasional maupun internasional. 

2. Efisiensi biaya dan waktu

Kamu tidak perlu mencetak dan menyebar kuesioner secara fisik. Sebab, survei online dapat dibuat dan disebar kepada target responden hanya dalam hitungan menit. 

3. Data lebih akurat dan real-time

Responden dapat mengisi survei kapan saja, bahkan hasilnya langsung tersedia untuk dianalisis. 

4. Analisis data dengan mudah

Di beberapa platform survei online menyediakan alat analisis yang memungkinkan bisnis memahami pola dan tren pelanggan dengan lebih baik. 

Baca Juga: Keuntungan Menerapkan Strategi Bisnis Berbasis Data dengan Survei Online

Cara Memanfaatkan Survei Online untuk Meningkatkan Penjualan

Inilah cara-cara yang dapat kamu lakukan:

1. Memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan

Gunakanlah survei untuk mengetahui apa yang diinginkan pelanggan dari produk maupun layanan bisnismu. Contoh pertanyaan yang bisa diajukan dalam survei seperti:

  • Produk atau layanan apa yang paling disukai?
  • Apa kendala yang dihadapi saat menggunakan produk atau layanan? 
  • Fitur apa yang diharapkan pelanggan dari produk atau layanan baru?

Dari data-data tersebut memungkinkan kamu untuk membuat produk ataupun layanan sesuai dengan kebutuhan pelanggan, yang pada akhirnya akan meningkatkan kepuasan dan penjualan. 

2. Identifikasi peluang pasar baru

Survei online bisa digunakan untuk memahami potensi pasar baru sebelum meluncurkan produk ataupun layanan, serta ekspansi bisnis. Contoh pertanyaan dalam survei:

  • Apakah kamu tertarik dengan produk atau layanan baru yang kami rencanakan? 
  • Berapa harga yang menurut kamu ideal untuk produk atau layanan ini?
  • Dari mana kamu biasanya mendapatkan informasi tentang produk atau layanan seperti ini?

Dengan data ini, bisnis bisa membuat strategi pemasaran lebih efektif untuk menarik pelanggan baru. 

3. Mengukur efektivitas kampanye pemasaran

Gunakan survei online untuk mengetahui apakah kampanye pemasaran yang sedang bisnis kamu jalankan itu efektif atau tidak. Contoh pertanyaan yang dapat diajukan yaitu: 

  • Menurut kamu, apakah promo ini menarik?
  • Bagaimana kamu mengetahui tentang promo ini?
  • Apakah kamu tertarik untuk membeli setelah melihat iklan kami? 

Apabila kampanye pemasaran tidak memberikan hasil sesuai harapan, bisnis dapat menyesuaikan strategi berdasarkan hasil survei. 

4. Meningkatkan pengalaman pelanggan

Melakukan survei kepuasan pelanggan membantu bisnis memahami sejauh mana produk maupun layanan mereka dapat memuaskan pelanggan. Jika ada keluhan atua kritik, bisnis bisa segera mengambil tindakan untuk memperbaikinya, 

Contoh pertanyaan dalam survei kepuasan pelanggan di antaranya:

  • Seberapa puas kamu dengan produk ataupun layanan kami?
  • Apakah kamu akan merekomendasikan produk ataupun layanan kami? 
  • Apa yang bisa kami tingkatkan untuk pengalaman yang lebih baik?

Bisnis yang terus meningkatkan kualitasnya berdasarkan saran pelanggan akan lebih mudah menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama. 

5. Mengoptimalkan program loyalitas pelanggan

Pelanggan yang puas cenderung menjadi pelanggan tetap. Dengan survei, bisnis dapat mengembangkan program loyalitas yang lebih efektif. 

Contoh pertanyaan dalam survei loyalitas pelanggan, yaitu: 

  • Apa yang membuat kamu setia kepada brand kami?
  • Hadiah atau insentif apa yang paling menarik bagi kamu?
  • Apakah kamu pernah berpikir untuk beralih ke brand lain? Jika ya, apa alasannya?

Dengan informasi tersebut, bisnis dapat menciptakan program loyalitas yang lebih menarik, meningkatkan retensi pelanggan, lalu pada akhirnya meningkatkan penjualan.

Baca Juga: 6 Manfaat Survei Peluang Pasar Baru bagi Perkembangan Bisnis

Solusi Platform Survei Online yang Efektif untuk Bisnis

Mengelola survei online bisa menimbulkan tantangan tersendiri jika tidak menggunakan platform yang tepat. Poplite by Populix adalah solusi tepat untuk bisnis yang ingin mengumpulkan data berkualitas secara cepat dan efisien. 

Beberapa keunggulan yang dapat bisnis rasakan jika melakukan survei online menggunakan Poplite by Populix: 

  • Akses ke Responden Berkualitas. Dapatkan data dari responden yang relevan dan sesuai dengan target bisnismu. Populix menerapkan sistem verifikasi berlapis untuk memastikan dan menjaga kualitas responden.
  • Beragam Kriteria Responden. Terdapat akses ke 600.000+ informasi demografis dasar dan kompleks. 
  • Hasil Cepat dan Terjangkau. Kumpulkan hingga 1000 jawaban responden dalam 2-3 hari, mulai dari harga Rp30.000.
  • Menggunakan Teknologi AI. Poplite telah didukung oleh teknologi AI yang dapat membantu kamu membuat kuesioner, sehingga membuat kuesioner survei bisa dilakukan kurang dari 5 menit. 

Baca Juga: 7 Tips Memilih Responden untuk Survei Bisnis yang Efektif

Ingin meningkatkan penjualan dengan data yang akurat? Gunakan Poplite by Populix sekarang!

Survei online adalah alat yang tepat untuk memahami pelanggan, meningkatkan pengalaman pelanggan, hingga mengoptimalkan strategi pemasaran. Dari adanya informasi-informasi tersebut, bisnis dapat mengambil keputusan lebih cerdas dan meningkatkan penjualan secara signifikan. 

*Artikel ini hasil kerja sama antara Populix dan Paper.id

Muhamad Dika Wahyudi