Saat ini, preferensi konsumen terhadap metode pembayaran semakin beragam dan dinamis. Bisnis dituntut untuk mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan ini, atau berisiko kehilangan konsumen yang beralih ke kompetitor.

Tanpa layanan pembayaran yang fleksibel dan mudah diakses, bisnis akan menghadapi kesulitan dalam memenuhi kebutuhan konsumen yang ingin kenyamanan dan keamanan dalam bertransaksi.

Dengan demikian, mengadopsi layanan pembayaran yang sesuai dengan preferensi konsumen menjadi kebutuhan utama untuk tetap kompetitif dan berkembang.

Mengapa Pembayaran Online semakin menjadi Pilihan Konsumen?

Sistem pembayaran digital tidak hanya bermanfaat bagi bisnis, tetapi juga sangat disukai oleh konsumen. Seperti pada laporan We Are Social, sebanyak 45,5% konsumen memilih berbelanja online karena kemudahan pembayarannya (saat checkout).

Berikut adalah beberapa alasan konsumen lebih memilih pembayaran digital. Alasan ini bisa menjadi pertimbangan bagi kamu untuk sediakan kemudahan sistem pembayaran bagi bisnis.

  1. Mudah & Cepat: Pembayaran digital memungkinkan konsumen transaksi lebih cepat tanpa input nomor rekening secara manual yang rentan kesalahan. Pembayaran online yang cashless ini terasa praktis karena tak khawatir jika tidak membawa uang tunai.
  2. Fleksibel: Dengan berbagai opsi metode pembayaran makan konsumen lebih fleksibel memilih cara bayar yang paling nyaman. Selain itu, transaksi bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.
  3. Riwayat Transaksi Tercatat: Pembayaran digital menyimpan catatan otomatis setiap transaksi, memudahkan konsumen untuk memantau pengeluaran dan mengelola keuangan tanpa takut kehilangan bukti pembayaran.
  4. Banyak Promo & Diskon: Banyak platform pembayaran digital menawarkan promo seperti cashback dan diskon, yang menarik menjadi salah satu alasan konsumen beralih ke pembayaran online.

Baca Juga: Payment Reconciliation: Pengertian, Jenis, Cara Kerja, dan Contoh

Mengapa Bisnis Butuh Mengadopsi Pembayaran Online?

Kini, konsumen semakin mengharapkan fleksibilitas saat melakukan pembayaran, termasuk dari berbagai platform digital seperti, email, aplikasi chat populer atau DM media sosial. Seperti menurut riset Kantar (Maret 2024), sebanyak 87% konsumen Indonesia memilih mengirim pesan untuk berkomunikasi dengan bisnis. 

Melihat temuan tersebut, maka bisnis perlu menyesuaikan diri untuk memenuhi kebutuhan, seperti menambah akses pembayaran online pada platform-platform digital baru yang dekat dengan konsumen. Jika terlambat bertransformasi, bisnis berpotensi untuk kehilangan konsumen dan tertinggal dari kompetitor. Berikut beberapa alasan pentingnya mengadopsi pembayaran online bagi bisnis.

1. Meningkatkan efisiensi operasional

Pembayaran online yang beragam tidak hanya memberikan fleksibilitas bagi konsumen, tetapi juga menyederhanakan proses transaksi dan manajemen keuangan bagi bisnis. Ini memungkinkan otomatisasi dalam pencatatan, rekonsiliasi pembayaran, dan meminimalisir kesalahan manual.

2. Mengurangi risiko transaksi tunai

Dengan meningkatnya adopsi pembayaran online, transaksi tunai semakin ditinggalkan karena lebih berisiko terhadap keamanan dan membutuhkan manajemen yang lebih kompleks. Pembayaran online cenderung lebih aman, mudah dilacak, dan membantu mengurangi risiko terkait pencurian atau kesalahan manusia dalam penghitungan uang.

3. Menghindari kehilangan konsumen

Menurut riset Populix, ketersediaan berbagai metode pembayaran (60%) menjadi salah satu faktor konsumen suka berbelanja online. Dengan mengadopsi pembayaran online yang sesuai dengan preferensi konsumen, bisnis dapat mencegah potensi kehilangan konsumen yang beralih ke kompetitor yang lebih fleksibel pembayarannya.

4. Memperluas jangkauan pasar

Dengan menyediakan berbagai metode pembayaran online yang sesuai dengan preferensi konsumen dari berbagai wilayah atau segmen pasar, bisnis dapat menarik lebih banyak calon pembeli termasuk dari generasi muda yang memiliki kebiasaan pembayaran berbeda.

Baca Juga: Payment Installment: Pengertian, Contoh, Tipe, Hingga Manfaatnya untuk Bisnis

Payment Link untuk Terima Pembayaran Konsumen dari Berbagai Platform Digital!

payment link

Payment Link adalah solusi praktis, efisien dan fleksibel bagi bisnis yang ingin menerima pembayaran digital tanpa kerumitan integrasi teknis yang bisa digunakan mulai dari bisnis enterprise hingga UMKM.

Cara untuk membuat link pembayarannya pun sangat variatif, mulai dari Web Dashboard, WhatsApp Bot dan khusus untuk segmen UMKM, link dapat dibuat melalui aplikasi Juragan DOKU.

Link pembayaran tersebut kemudian bisa dengan mudah kamu bagikan melalui berbagai platform digital seperti email, aplikasi chat hingga DM media sosial. Konsumen dapat dengan mudah melakukan pembayaran setelah membuka link yang sudah terhubung dengan check-out page DOKU.

Baca juga: Payment Link, Solusi Praktis untuk Masalah Klasik Freelancer!

Pemantauan status pembayaran konsumen menjadi mudah dan transparan, karena notifikasi transaksi dan rekap laporan berjalan secara real-time dan otomatis. Untuk segmen enterprise tersedia fitur tambahan seperti bulk payment untuk menerima pembayaran dari banyak konsumen dengan sekali proses upload data saja.

Selain itu, tersedia fitur custom link untuk personalisasi link sesuai kebutuhan bisnis, sehingga reputasi bisnis kamu menjadi semakin terpercaya. 

Miliki Akses ke Ragam Metode Pembayaran dengan Cepat. 

Terima Pembayaran Konsumen menggunakan Payment Link!

*Artikel ini hasil kerja sama antara DOKU dan Paper.id

Muhamad Dika Wahyudi