Proses penggajian di sebuah perusahaan bisa dilakukan dengan akurat, tepat waktu, dan efisien menggunakan aplikasi payroll.

Bagi yang belum tahu, kini terdapat inovasi canggih berupa HRIS system yang mengelola segala hal berkaitan dengan kepegawaian di sebuah perusahaan.

Termasuk penggajian, hadirnya aplikasi payroll jelas bisa menjadi solusi jitu untuk mempermudah setiap proses mulai dari perhitungan hingga pencairan gaji.

Apa Itu Aplikasi Payroll Terintegrasi? 

Aplikasi payroll terintegrasi adalah sebuah program yang digunakan perusahaan untuk mengurus semua aspek dalam penggajian, mulai dari pendataan, perhitungan, hingga pencairan gaji.

Aplikasi ini biasanya saling terintegrasi satu sama lainnya, sebagai contoh dengan software absensi online.

Aplikasi yang saling terintegrasi ini tentunya memiliki tujuan supaya lebih mudah untuk memperoleh informasi yang terkait dengan perhitungan gaji.

Misalnya jumlah kehadiran karyawan yang direkap dalam aplikasi absensi online tentu akan masuk ke dalam komponen perhitungan payroll.

Baca juga: Rekomendasi 5 Aplikasi Absensi Online Android & IOS Berbasis Web

Manfaat Aplikasi Payroll Terintegrasi

Lantas apa saja manfaat dari aplikasi payroll terintegrasi? Tentu saja terdapat banyak kelebihan yang bisa diberikan.

Pertama tentu saja membuat perhitungan gaji menjadi lebih akurat karena aplikasi ini sudah terdigitalisasi sehingga memudahkan dalam perancangan formula payroll.

Selain lebih akurat, perusahaan tidak perlu khawatir dengan keterlambatan jadwal penggajian akibat kesulitan dalam proses perhitungan.

Pengumpulan data atau komponen gaji pun lebih efisien berkat setiap aplikasi yang saling terhubung satu sama lain.

Seluruh proses dapat dilakukan dengan lebih cepat, teratur, dan minim kesalahan. Departemen SDM pun bisa lebih fokus pada tugas-tugas lain daripada hanya mengurusi payroll.

Penggunaan aplikasi payroll terintegrasi juga cenderung lebih hemat dari segi biaya ketimbang menyewa staf khusus untuk mengurus penggajian.

Dampak Negatif dari Sistem Payroll yang Tidak Terintegrasi

Setelah mengetahui manfaat dari aplikasi payroll terintegrasi, saatnya untuk menyelami dampak negatif bila menggunakan sistem penggajian yang tidak saling terintegrasi.

1. Pengambilan data lebih sulit

Penggunaan aplikasi payroll yang tidak terintegrasi cenderung menyulitkan dari segi pengambilan data untuk keperluan perhitungan gaji.

Salah satu contohnya adalah bila sistem payroll tidak terintegrasi dengan aplikasi absensi, sehingga perlu penarikan data secara manual untuk memperoleh informasi absen karyawan.

2. Kesalahan proses perhitungan

Resiko terjadi kesalahan dalam proses perhitungan juga bisa terjadi bila menggunakan aplikasi payroll yang tidak terintegrasi.

Misalnya, komponen perhitungan gaji diambil secara manual bukan tak mungkin terjadi kesalahan dalam penginputan.

3. Lebih repot dan memakan waktu

Proses pengambilan data yang dilakukan secara manual jelas lebih memakan waktu dan merepotkan.

Sehingga proses perhitungan jadi lebih lama bahkan beresiko untuk terlambat saat tahapan pencairan gaji.

Baca jugaRekomendasi Aplikasi Kwitansi, Terbaik dan Mudah Digunakan!

Rekomendasi Software Payroll Terintegrasi

Namun apa saja rekomendasi software payroll terintegrasi yang punya fitur mumpuni? Berikut selengkapnya

1. LinovHR

Aplikasi Payroll LinovHR

Aplikasi payroll terintegrasi yang paling direkomendasikan adalah LinovHR. 

Tidak hanya fokus pada aplikasi payroll, LinovHR juga memiliki aplikasi ciamik lainnya untuk mendukung pengelolaan setiap aspek SDM di perusahaan.

Misalnya aplikasi absensi online, LinovHR memiliki modul time management yang mengelola semua hal yang berkaitan dengan kehadiran karyawan.

Tidak hanya itu, aplikasi payroll LinovHR sudah terintegrasi dengan berbagai aplikasi pendukung lainnya seperti software penilaian kinerja, dan data karyawan.

Sehingga proses perhitungan gaji sudah lebih detail berdasarkan data karyawan yang ada. Bila performa karyawan bagus, maka perhitungan kenaikan gaji bisa dilakukan dengan otomatis.

Perusahaan juga bisa mengatur sendiri rumus perhitungan gaji yang berlaku. Tidak hanya itu, menghitung tunjangan hingga uang pisah bisa dilakukan dalam satu sistem yang sama.

2. Excel Payroll

Selanjutnya ada Excel Payroll. Aplikasi payroll ini memiliki tampilan yang mudah untuk dimengerti oleh pemula.

Perhitungan penggajian juga akurat dan bisa diselesaikan dengan tepat waktu. Sesuai dengan namanya, perhitungan payroll dilakukan melalui aplikasi Microsoft Excel.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Investasi Online, Tambahan Pemasukan Pasif Untukmu!

3. Paycom

Aplikasi payroll yang terakhir adalah Paycom. Aplikasi ini cocok untuk perusahaan kecil maupun besar yang ingin menciptakan proses penggajian yang praktis.

Paycom menyediakan layanan yang cepat tanggap dan mudah untuk digunakan bagi pemula. Keamanan datanya pun terjamin.

Itulah pentingnya penggunaan aplikasi payroll terintegrasi untuk sebuah perusahaan. Semoga bermanfaat.

*Artikel ini hasil kerja sama antara Paper.id dan LinovHR

Muhamad Dika Wahyudi