AP (Account Payable) Automation muncul sebagai solusi masa kini yang membantu perusahaan berskala enterprise dalam mengelola ribuan invoice. Ada berbagai manfaat yang dirasakan, salah satunya, dapat mengurangi budget operasional bisnis hingga 70-80% menurut Microsoft Dynamic

Di balik penghematan tersebut, AP Automation juga merupakan investasi jangka panjang yang berharga bagi para business owner. Seiring dengan pertumbuhan bisnis, solusi ini tidak hanya menangani volume invoice yang semakin besar, tetapi juga membantu menciptakan alur kerja yang lebih mulus dan scalable. Inilah yang menjadikan AP Automation sebagai solusi strategis untuk jangka panjang, karena memungkinkan bisnis untuk terus berkembang dengan proses yang lebih efisien dan terstruktur.

Baca Juga: AP Automation: Pengertian, Cara Kerja, dan Manfaatnya Untuk Bisnis

AP Automation: Investasi Jangka Panjang Untuk Anggaran Perusahaan

AP automation bukan hanya tentang menghemat uang, tapi juga tentang memecahkan masalah yang lebih besar dan berpotensi menghambat pertumbuhan bisnismu dengan beragam manfaat: 

1. Mengurangi ongkos pengelolaan invoice hingga 75%

AP automation dapat mengurangi pengeluaran operasional lebih efektif. Data dari stampli.com, menunjukkan pengelolaan invoice dengan AP Automation bisa mengurangi ongkos operasional hingga 75%!

Data dari Freshbooks menunjukkan 1 invoice yang biasanya menghabiskan sekitar Rp120 ribu bisa berkurang hingga Rp34 ribu. Ini mengurangi pengeluaran dengan sangat efisien, perusahaan dapat mengalokasikan dana untuk hal lainnya seperti pembelian fasilitas kantor baru, pembelian alat-alat digital untuk tim marketing, dsb. 

2. Memaksimalkan kinerja karyawan lebih efektif

Melansir dari SkyNova , satu karyawan terbiasa mengelola 5 invoice dalam satu hari, dimana gaji untuk staff AP rata-rata menghabiskan sekitar Rp5 juta di Jakarta. Jika satu perusahaan mengurus 5000 invoice dalam 1 bulan maka, butuh sekitar 45 karyawan untuk mengelolanya (Dengan estimasi waktu kerja 5 hari dalam seminggu). 

Apakah ini normal? Tentu, tapi lebih baik jika proses yang monoton ini bisa diselesaikan oleh sistem bukan? Dengan adanya AP Automation, biarkan artificial intelligence (AI) yang bekerja. Setelah itu, karyawan-karyawan bisa dialokasikan untuk sales atau membantu divisi lain seperti Customer Service atau tim marketing

Di era AI ini, teknologi semakin memudahkan kinerja bisnis, termasuk dalam operasional AP. Sistem AI dalam AP automation bisa membantu bisnis dalam mengurangi anggaran operasional secara drastis.

Baca Juga: Rahasia Kesuksesan Produktivitas Marc Jacobs Dengan AP Automation

Memang, ini menjadi sebuah peluang yang sangat bagus, terutama bagi para manager finance. Dengan begitu, mereka dapat mengalokasikan anggaran untuk kebutuhan front liners seperti sales atau account manager.

Di sisi lain, ini juga menjadi langkah investasi jangka panjang. Sistem kerja yang telah di otomasikan menjadi ciri penting sebuah perusahaan modern yang bisa bertahan dalam zaman yang kian berubah. 

Ini adalah salah satu keuntungan utama dari AP automation yang seringkali diabaikan: kemampuannya untuk meningkatkan kinerja seluruh rantai nilai bisnis. Apalagi, jika bisa diintegrasikan dengan mudah hanya dalam 90 hari!

Ya, Paper.id hadir dengan Paper enterprise solution, solusi untuk perusahaan skala besar untuk memudahkan pengelolaan AP Automation lebih optimal. Solusi kami dapat digunakan secara solo maupun diintegrasikan dengan sistem ERP yang telah kamu punya.

Ingin tahu lebih lanjut? Jadwalkan konsultasi dengan kami dengan klik tombol di bawah!

Daniel Nugraha