Pengelolaan invoice, terutama ketika volume invoice yang diterima sangat besar, memang bisa memakan waktu. Ini karena kamu perlu mengecek secara manual setiap invoice yang masuk dan belum lagi invoice tersebut harus dipindai untuk diubah menjadi format digital.

Namun, kini ada solusi praktis dengan menggunakan software OCR atau optical character recognition. Teknologi ini bisa mengidentifikasi dan mengekstrak data penting dari invoice yang dipindai, seperti nomor, tanggal, nama supplier, jumlah, dan detail lainnya. Sehingga, invoice kertas dapat langsung diubah menjadi format digital secara otomatis.

Tak hanya itu, beberapa software OCR juga dilengkapi dengan fitur tambahan, seperti integrasi langsung dengan sistem akuntansi atau ERP, yang memungkinkan data invoice diproses lebih cepat dan akurat. Lalu, apa saja software OCR yang terbaik di tahun 2024 ini? Simak penjelasannya sebagai berikut

1. Paper.id: Platform Invoicing dan Supplier Portal

Paper.id adalah platform invoicing yang mampu membuat, membayar, mengirim, dan mengelola  invoice digital tanpa batasan dengan beragam template yang telah tersedia. Invoice dari Paper.id juga telah terjamin keabsahannya karena dilengkapi e-Materai dari PERURI.

Software OCR Paper.id

Kamu juga bisa mengirimkan invoice digital secara otomatis ke buyer melalui email, SMS, dan WhatsApp. Buyer pun bisa membayar melalui metode m-banking, VA, Tokopedia, Shopee, Blibli, hingga kartu kredit untuk tambahan tempo pembayaran. Semua transaksi dan proses pun tercatat otomatis.

Paper.id juga menghadirkan supplier portal yang memudahkan dalam pengelolaan tagihan, melihat status pembayaran, dan mengakses dokumen dengan lebih mudah, sementara perusahaan bisa memantau dan mengelola hubungan dengan supplier secara efisien. Kemudahan yang diberikan supplier portal dari Paper.id, yaitu sebagai berikut: 

  • Three way matching: Pengecekkan invoice, goods receipt dan PO terjadi secara digital, jadi lebih cepat dan minim error.
  • Self service dashboard: Baik kamu dan supplier memiliki dashboard sendiri untuk tukar invoice dari awal hingga akhir proses.
  • Opsi pendanaan usaha untuk kamu dan supplier: Nikmati pendanaan berbasis invoice untuk supplier dan kamu lewat tambahan tempo sampai dengan 60 hari.

Nikmati proses setup hanya dalam 90 hari. Selain itu, supplier portal bisa dihubungkan ke sistem procurement kamu. 

Baca Juga: Memahami OCR Invoice, Bagaimana Manfaatnya untuk Account Payable?

2. Abbyy FineReader: Software OCR yang Cocok untuk SMB

Abbyy FineReader adalah perangkat lunak yang membantu mengelola dokumen, khususnya untuk bisnis kecil atau SMB (Small and Medium Business). Fitur utamanya adalah optical character recognition (OCR), yang memungkinkan kamu mengubah teks dari gambar atau dokumen yang dipindai menjadi format digital seperti PDF dan Microsoft Office.

Software OCR Abbyy FineReader
Source: Abbyy FineReader

Selain itu, FineReader memungkinkan kamu membandingkan dokumen, menambahkan catatan, komentar, atau tanda pada dokumen digital. Dengan dukungan 192 bahasa, FineReader sangat fleksibel untuk berbagai kebutuhan bisnis dalam banyak bahasa. Fitur-fitur ini membantu mengelola dan memproses dokumen dengan efisien di dalam lingkungan bisnis.

3. Adobe Acrobat Pro DC: OCR Berbasis Cloud Adobe

Adobe Acrobat Pro DC adalah singkatan dari ‘Document Cloud‘, yang semuanya terintegrasi rapi dengan solusi cloud Adobe. Jadi, kamu bisa mengakses file dari komputer manapun. 

Software OCR Adobe Acrobat Pro DC
Source: Adobe Acrobat Pro DC

Aplikasi ini memiliki fitur tambahan, seperti kemampuan untuk mengedit teks dan gambar, menambahkan komentar, memindai tabel, dan membandingkan dokumen. Kamu juga bisa mengedit dokumen secara langsung setelah dipindai. 

Selain itu, Acrobat Pro DC memungkinkan kamu untuk membuat dan mengisi formulir PDF, mengonversi dokumen dari dan ke berbagai format, serta melindungi file dengan enkripsi dan tanda tangan digital. Untuk fitur yang jauh lebih mumpuni, Adobe menawarkan langganan bulanan dan tahunan untuk Acrobat Pro.

Baca Juga: Apa Perbedaan Mendasar Invoice Digital dan Invoice Elektronik?

4. Readiris: OCR yang Menyediakan 138 Bahasa

Software OCR bernama Readiris memiliki banyak fitur berguna, seperti mendukung berbagai format file, teks yang dapat dibaca dengan suara, hingga menyediakan tanda tangan digital untuk melindungi dokumen. Readiris juga menjadi salah satu program OCR tercepat dalam memproses dan mengarsipkan dokumen.

Readiris
Source: Readiris

Adapun fitur lainnya termasuk menambahkan watermark, komentar, atau tanda pada dokumen digital menjadi keunggulan dari OCR ini. Tak hanya itu, Readiris mendukung 138 bahasa dan kamu bisa melindungi file PDF dengan password. Jika ingin fitur lainnya yang lebih mumpuni, kamu perlu membayar biaya langganannya. 

5. Rossum: Software OCR dengan Teknologi AI 

Rossum adalah software OCR (Optical Character Recognition) berbasis cloud. Artinya, pengguna bisa mengakses dan memproses dokumen dari mana saja tanpa perlu perangkat khusus.

Rossum
Source: Rossum

Software ini memungkinkan penyesuaian model OCR sesuai kebutuhan. Meskipun sangat baik dalam menangani invoice, Rossum kurang cocok untuk memindai dokumen atau gambar lainnya, di luar invoice.

Rossum bisa diintegrasikan dengan sistem ERP dan aplikasi bisnis lainnya, yang memudahkan alur kerja. Adapun teknologi AI di dalamnya, membantu dalam memproses dokumen dengan cepat dan akurat, sehingga pengguna tidak perlu lagi pakai cara manual.

Baca Juga: Procure-to-Pay dengan Supplier Portal untuk Proses yang Teratur

6. Tungsten Automation: Menawarkan Kecepatan Tinggi

Tungsten Automation adalah perangkat lunak OCR (Optical Character Recognition) yang dirancang untuk mengonversi berbagai format dokumen dan gambar dengan akurat. Perangkat lunak ini secara efektif mengekstrak informasi penting dari invoice, baik fisik maupun digital, seperti nomor invoice, tanggal jatuh tempo, jumlah pembayaran, serta detail supplier.

Tungsten Automation
Source: Tungsten Automation

Tungsten Automation menawarkan sejumlah fitur yang cocok untuk berbagai jenis pengguna, mulai dari individu hingga bisnis kecil dan perusahaan besar. Salah satu keunggulannya adalah proses konversi yang bisa dilakukan 24 jam hanya dengan sekali klik, serta kecepatan tinggi dalam mengonversi dokumen, sehingga memudahkan pengguna mengolah dokumen kapan saja dengan efisien.

Dari enam rekomendasi di atas, kamu bisa menggunakan software OCR invoice dari Paper.id yang menghadirkan supplier portal. Selain membuat invoice secara otomatis, proses rekonsiliasi menjadi lebih mudah dengan metode three way matching.

Baik kamu dan supplier memiliki dashboard sendiri untuk tukar invoice dari awal hingga akhir proses. Kamu juga bisa menikmati pendanaan usaha berbasis invoice untuk atasi cash flow yang macet. Tunggu apalagi?