Sebagai business owner, khususnya yang berfokus pada produksi, penjualan, dan pendistribusian, pasti sudah sangat paham akan kebutuhan modal yang besar dan aliran kas atau cash flow yang cepat. Benar, ‘kan?

Pertanyaannya, mengapa demikian? Ya, pasalnya bisnis jenis ini harus menghadapi berbagai tantangan, mulai dari biaya produksi, penyimpanan, hingga pendistribusian produk ke tangan buyer yang tidak murah harganya.

Bayangkan, tanpa modal yang cukup, rasanya sulit bagi perusahaan untuk membeli bahan baku, membayar tenaga kerja, atau bahkan sampai untuk menyimpan stok yang cukup untuk memenuhi permintaan pasar.

PT. ERDEHA MULTI NIAGA salah satu contoh nyata yang sukses menjawab tantangan-tantangan tersebut. Bapak Muhammad Haykal selaku founder sekaligus CEO perusahaan ini bercerita jika perusahaannya bisa sukses hingga saat ini bukan tidak lain salah satunya karena menggandeng Paper.id.

Bagaimana tidak, PT. ERDEHA MULTI NIAGA kini telah menjadi perusahaan yang menyuplai daging ayam broiler ke beberapa perusahaan ternama, sebut saja perusahaan franchise seperti d’Besto, PT. Pangansari Utama sebagai catering langsung PT. Freeport Indonesia, dan bahkan hingga untuk PT PELNI se-Indonesia Timur. 

Menarik sekali, ‘kan? Untuk itu, yuk simak perjalanan sukses PT. ERDEHA MULTI NIAGA dengan memanfaatkan Paper.id di bawah ini!

Terhambat Modal Minim, Pertumbuhan Jadi Kecil

Pak Haykal mengakui bahwa sejak awal membangun PT ERDEHA MULTI NIAGA pada 2018 bersama dua temannya hingga tahun 2021 kemarin, memang ada pertumbuhan, tapi tidak sebesar sekarang. Bahkan, mereka belum cukup percaya diri untuk mencoba masuk ke segmen industri atau market lainnya.

Nah, berikut ini gambaran beberapa tantangan harus dihadapi oleh PT ERDEHA MULTI NIAGA, di antaranya:

1. Sedikit modal usaha, minim revenue

Di industri produk dan distribusi ayam, pertumbuhan bisnis tentu sangat bergantung pada cash flow yang besar dan stabil. Bayangkan saja, jika ingin menambah penjualan, maka stok ayam harus meningkat. Tidak hanya itu, untuk menambah stok, otomatis modal yang dibutuhkan juga harus bertambah.

Dari tahun 2018 hingga 2021, PT. ERDEHA MULTI NIAGA hanya mengandalkan dana pribadi dan support financing dari teman-teman terdekat saja. Akibatnya, pertumbuhan bisnis menjadi lambat karena keterbatasan modal.

Tanpa suntikan dana yang memadai, sulit bagi Pak Haykal dan tim untuk meningkatkan produksi, menyimpan stok yang cukup, dan memenuhi permintaan pasar yang terus meningkat. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya memiliki aliran kas yang kuat untuk mendukung ekspansi dan perkembangan bisnis di industri ini.

2. Invoice dibayar lambat, cash flow tersumbat

Tidak hanya itu, PT. ERDEHA MULTI NIAGA juga menghadapi tantangan pembayaran invoice yang lambat. Pak Haykal menjelaskan jika di industri distribusi dan produksi ayam, buyer sering meminta tempo pembayaran 30, 40, bahkan hingga 60 hari. 

Di sisi lain, perusahaan membutuhkan aliran kas yang cepat agar operasional tetap berjalan lancar. Akibatnya, cash flow sering tersumbat dan menyebabkan berbagai kendala dalam memenuhi kebutuhan operasional sehari-hari.

Bayangkan saja, misalnya, perusahaan harus membeli bahan baku tambahan untuk memenuhi pesanan besar, tetapi dana yang ada belum cukup karena invoice belum dibayar oleh beberapa buyer lainnya. 

Hal ini bisa menyebabkan keterlambatan produksi, yang pada gilirannya bisa juga membuat perusahaan kehilangan kepercayaan buyer. Belum lagi mungkin perusahaan harus menunda atau mengabaikan peluang baru lainnya karena tidak tersedia tepat waktu.

Baca juga: Waroeng Teh Kotjok: Ubah Proses Penagihan Berbelit Menjadi Elit dengan Paper.id

Paper.id: Mitra Financing yang Membawa Perubahan Besar

Sebelum Pakai Paper.idSetelah Pakai Paper.id
Revenue tumbuh perlahanRevenue bahkan naik sampai dengan 6X lipat
Belum mampu menjangkau market food processingBerhasil menembus pasar food processing, salah satunya PT Belfood Indonesia.
Dibutuhkan 30 hingga 60 hari invoice dibayar oleh buyerMaksimal H+1 transaksi, invoice langsung cair
Rate interest platform financing lain berkisar 2%-2,25% Di Paper.id hanya cukup 1,75% per bulan.

Pak Haykal bercerita bahwa pada akhirnya ia menemukan solusi untuk masalah cash flow perusahaan melalui Paper.id pada tahun 2021. Awalnya, Pak Haykal mendapat rekomendasi dari teman-temannya yang bekerja di bidang keuangan. Mereka menyarankan menggunakan Paper.id, yang saat itu ia kira hanya sebagai platform invoicing saja.

tagih pembayaran

Namun, Pak Haykal kemudian menemukan bahwa Paper.id juga menawarkan solusi financing atau pendanaan yang sangat membantu perusahaan dalam mengatasi tantangan-tantangan yang sedang PT ERDEHA MULTI NIAGA hadapi.

Nah, berikut ini beberapa poin yang PT ERDEHA MULTI NIAGA rasakan manfaatkan setelah menggunakan solusi financing dari Paper.id, di antaranya:

1. Revenue naik 6X lipat sejak 2021

Dengan menggunakan layanan pendanaan dari Paper.id, PT. ERDEHA MULTI NIAGA bisa mempercepat aliran kas, sehingga operasional perusahaan tetap berjalan lancar. Hasilnya? Sejak 2021, perusahaan mengalami peningkatan revenue hingga 6 kali lipat, lho!

Bagaimana tidak, selain membantu dalam pengelolaan invoice secara digital, menggunakan fitur reminder yang memudahkan PT ERDEHA MULTI NIAGA menagih invoice, baik via WhatsApp, Email, maupun SMS, Paper.id juga memberikan dukungan finansial yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan bisnis.

Daripada menunggu 30 hari atau lebih untuk pembayaran dari buyer, kini PT ERDEHA MULTI NIAGA bisa mendapatkan dana maksimal H+1 pakai fitur Get Paid Faster dari Paper.id. Pasalnya, fitur ini memungkinkan perusahaan mempercepat pembayaran dari buyer dengan cara mencairkan invoice lebih awal secara aman dan terpercaya.

Dengan begitu, PT ERDEHA MULTI NIAGA bisa meningkatkan penjualan 6x lipat menggunakan Paper.id sejak 2021, menjaga aliran kas tetap lancar, dan fokus pada pengembangan bisnis tanpa harus khawatir tentang keterlambatan pembayaran.

2. Bisa masuk ke market food processing 

Berkat solusi financing dari Paper.id, PT ERDEHA MULTI NIAGA kini bisa masuk ke market food processing yang sebelumnya tidak bisa mereka jangkau. Dulu, PT ERDEHA MULTI NIAGA kesulitan karena syarat pembayaran atau Terms of Payment (TOP)  di segmen ini terlalu lama, sekitar 30-45 hari, dan mereka tidak memiliki modal yang cukup untuk memenuhi syarat tersebut.

Namun, setelah menemukan dan menggunakan solusi financing dari Paper.id, PT ERDEHA MULTI NIAGA kini bisa mempercepat pencairan invoice dan menjaga cash flow-nya tetap lancar. Hal ini juga membuat PT ERDEHA MULTI NIAGA lebih percaya diri untuk masuk ke pasar food processing, membuka peluang baru, dan menambah jumlah penjualan.

3. Mendapatkan interest rate yang murah

Salah satu kelebihan utama Paper.id dibandingkan platform financing lainnya, menurut Pak Haykal, adalah interest rate atau suku bunganya yang lebih terjangkau. Selain pelayanannya yang cepat, Paper.id menawarkan bunga sekitar 1,75%, jauh lebih rendah dibandingkan platform lain yang berkisar antara 2-2,25%.

Nah, dengan interest rate yang lebih rendah ini, PT ERDEHA MULTI NIAGA jadi bisa menghemat keuangan dan memaksimalkan keuntungan. Tidak hanya itu, mereka juga lebih leluasa dalam mengelola keuangan dan mempercepat ekspansi.

Baca juga: Mengintip Kesuksesan dari LEKA, Tumbuh 10x Lipat Bersama Paper.id

Nah, itu dia bagaimana perjalanan sukses PT ERDEHA MULTI NIAGA, mulai dari menghadapi tantangan hingga pada akhirnya menemukan solusi dari fitur financing yang ditawarkan Paper.id.

Secara keseluruhan, Paper.id tidak hanya membantu PT ERDEHA MULTI NIAGA dalam mengatasi tantangan cash flow dan mempercepat pencairan invoice saja, tetapi juga menawarkan suku bunga yang lebih rendah dan layanan yang cepat. 

Dari pengalaman Pak Haykal dan PT ERDEHA MULTI NIAGA, kita bisa memetik pelajaran penting bahwa memiliki mitra yang tepat dalam bisnis sangatlah krusial. Nah, Paper.id telah membuktikan diri sebagai mitra yang dapat diandalkan, memberikan solusi finansial yang tepat guna dan membantu perusahaan berkembang lebih cepat.

Jadi, apakah kamu siap untuk membawa bisnis kamu ke level berikutnya? Yuk, temukan kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan oleh Paper.id serta ikut sukses bersama PT ERDEHA MULTI NIAGA dengan cara klik tombol di bawah ini secara gratis!

Muhamad Dika Wahyudi