Bagaimana cara menentukan iklan yang targeted dengan pasar kamu? Salah satu cara terbaiknya bisa dibilang melalui sosial media. Itulah kenapa, saat ini semakin banyak influencer dadakan yang bisa mendulang uang dengan mempromosikan bisnis-bisnis tertentu.

Zaman sekarang, banyak orang lebih memilih untuk menggunakan jasa influencer, karena mereka terbukti dapat memberikan keuntungan yang besar. Menurut Harvard Business School, bisnis yang dipromosikan oleh influencer mengalami kenaikan penjualan sebesar 4%. Karena itu, industri influencer kian populer dan dimanfaatkan banyak orang.

Industri influencer ini berjalan sangat lancar bahkan bergerak dengan sangat masif. Setiap pengguna Instagram yang telah memiliki jumlah followers dan tingkat engagement tertentu, mereka berhak untuk mengajak ataupun diajak untuk mempromosikan sebuah bisnis. Itulah kenapa jumlah influencer semakin meningkat setiap waktunya.

Industri influencer sama seperti batu akik. Tidak ada harga pasti sehingga setiap influencer bisa memasang harga sesuai dengan keinginan mereka sendiri. Selama kedua pihak setuju, maka tidak akan ada masalah yang bakal mendera ke depannya.

Namun karena industri yang semakin berkembang, tentunya mereka sudah mulai memahami harga yang cocok untuk setiap iklan yang mereka promosikan. Di bawah ini, Paper.id akan menjabarkan berapa sih harga rata-rata para influencer di Indonesia saat ini?

Apa itu Influencer

Secara sederhana, influencer adalah seseorang yang memiliki pengaruh besar kepada masyarakat. Pengaruh tersebut biasa disampaikan lewat berbagai channel seperti YouTube, Sosial media dan juga channel lainnya.

Jika familiar, Anda sering melihat mereka lewat Instagram, Facebook dan juga channel lainnya. Zaman sekarang, influencer sendiri sudah dibagi kedalam beberapa bidang sesuai dengan pilihan mereka masing-masing.

Ada yang membahas makanan, bisnis, personal finance, dan sebagainya. Semuanya tinggal dipilih sesuai dengan kebutuhan pebisnis. Karena itu, industri ini kian populer dan banyak orang, bahkan anak kecil sudah menentukan cita-cita mereka untuk menjadi seorang influencer. Setiap influencer memiliki harga yang berbeda-beda tergantung dari tingkatan mereka masing2. 

Berapa harga postingan influencer di Indonesia?

Apa Itu Influencer

Berdasarkan beberapa informasi yang telah dikumpulkan tim Paper.id, harga influencer sendiri dibedakan berdasarkan konten yang mereka sajikan. Kali ini, kami akan menyajikan informasi berdasarkan harga yang dipasang oleh masing-masing influencer yang ada di Instagram.

Kenapa Instagram? Karena Instagram masih menjadi salah satu channel yang paling populer dan digunakan oleh banyak influencer untuk berpromosi menurut influencer marketing hub. Selain itu, Instagram juga menjadi channel yang paling banyak digunakan oleh orang-orang untuk mencari produk baru.

Harga Postingan Foto Instagram Influencer 2023

Endorse selebgram

Data pertama diambil berdasarkan postingan foto Instagram. Setiap influencer mempunyai persyaratan yang berbeda, mulai dari jam postingan, berapa hari postingan akan bertahan hingga bahasa yang akan digunakan di caption. Semuanya bisa diatur sesuai dengan ketentuan yang disepakati oleh kedua pihak yang terlibat.

Lantas, terlepas dari persyaratan-persyaratan itu semua, berapa harga postingan yang diterapkan oleh mereka?

Jumlahnya berkisar dari 1 juta rupiah hingga 20 juta rupiah. Namun jika dirata-rata, akan didapatkan angka seperti ini:

  1. Micro I: >Rp. 1.500.000 (1.659 estimated reaches)
  2. Micro II: Rp. 1.500.000  (3.651 estimated reaches)
  3. Micro III: Rp. 2.500.000 (7.227 estimated reaches)
  4. Macro I: Rp. 4.500.000 (15.587 estimated reaches)
  5. Macro II: Rp. 7.000.000(35.993 estimated reaches)
  6. Premium I: Rp. 9.500.000  (62.069 estimated reaches)
  7. Premium II: Rp. 9.900.000  (87.986 estimated reaches)
  8. Celebriti: Rp. 16.702.703 (345.020 estimated reaches)

Walaupun Micro I memiliki perkiraan engagement yang lebih kecil, namun banyak brand yang mau mengajak mereka bekerja sama. Alasannya adalah karena followers mereka masih cukup segmented dengan jenis target audiences yang diinginkan oleh sebauh brand tersebut.

Harga Postingan Instagram Video Influencer 2023

endorse artis - alliancetalent.net

Effort dalam membuat postingan berbentuk video jauh lebih besar dibandingkan dengan foto. Karena dalam beberapa kasus, pihak brand ingin video yang dibuat tidak sembarangan sehingga harga untuk sebuah postingan berbentuk video jauh lebih mahal dibandingkan dengan foto. Namun, postingan video biasanya memang memberikan tingkat ketertarikan yang lebih besar pula.

Jadi, berapa harga rata-rata untuk satu postingan video?

  1. Micro I: Rp. 2.760.560 (1.596 estimated reaches)
  2. Micro II: Rp. 4.188.690 (3.650 estimated reaches)
  3. Micro III: Rp. 5.472.059 (7.461 estimated reaches)
  4. Macro I: Rp. 7.749.419 (15.804 estimated reaches)
  5. Macro II: Rp. 12.331.132 (35.772 estimated reaches)
  6. Premium I: Rp. 13.107.142 (61.023 estimated reaches)
  7. Premium II: Rp. 18.970.558 (86.742 estimated reaches)
  8. Celebriti: Rp. 27.718.750 (357.758 estimated reaches)

Video biasanya jauh lebih mudah trending apabila mendapatkan banyak views di Instagram. Lebih lanjut, video yang durasinya cukup panjang juga bisa dimasukkan ke dalam IGTV untuk mencari sponsor-sponsor lainnya.

Harga Postingan Instagram Stories Influencer 2023

Endorsement - Paper.id

Instagram stories kerap dikatakan menjiplak fitur milik Snapchat. Namun sejak tahun 2016 hingga saat ini, Instagram Stories ternyata mampu untuk menarik brand untuk mempromosikan produk mereka. Dari segi harga, Instagram Stories lebih murah dibandingkan dua jenis lainnya karena ini cuma bertahan sekitar 24 jam saja.

  1. Micro I: Rp. 983.333
  2. Micro II: Rp. 1.270.291
  3. Micro III: Rp. 1.570.604
  4. Macro I: Rp. 2.253.080
  5. Macro II: Rp. 4.089.583
  6. Premium I: Rp. 4.608.108
  7. Premium II: Rp. 4.714.286
  8. Celebriti:  Rp. 8.028.571

Kurang lebih, itu adalah harga rata-rata yang harus dikeluarkan sebuah brand untuk mengajak kolaborasi influencer. Apakah kamu punya pengalaman yang unik ketika mengajak mereka kolaborasi? Komentar di kolom bawah ini ya.