Penggunaan virtual credit card (VCC) atau kartu kredit virtual masih tergolong baru di Indonesia, jika dibandingkan kartu kredit fisik. Walaupun begitu, semakin banyak orang yang menggunakan VCC karena kesadaran akan pentingnya keamanan dalam transaksi online

Hal tersebut sejalan dengan meningkatkan nilai transaksi kartu virtual di Indonesia. Menurut data Juniper Research, beberapa tahun lalu, nilai global transaksi kartu virtual hanya mencapai sekitar $1,9 triliun. Pada tahun 2026, angka ini diproyeksikan mencapai $6,8 triliun.

Bagi kamu yang ingin menggunakan VCC sebagai salah satu metode pembayaran bisnis, simak informasi lengkap seputar virtual credit card beserta cara kerjanya berikut ini. Apa saja?

Baca Juga: Virtual Credit Card: Pengertian, Cara Kerja & Manfaatnya untuk Bisnis

Apa Itu Virtual Credit Card (VCC)?

Virtual credit card (VCC) adalah kartu kredit virtual, tidak ada bentuk fisik layaknya pada kartu kredit konvensional. Kartu kredit virtual ini dihasilkan dalam format digital dan terhubung langsung ke akun kamu. 

Dengan VCC, kamu bisa melakukan transaksi online menggunakan nomor kartu kredit yang berjumlah 16 digit dan transaksi akan muncul di laporan akun seperti halnya saat menggunakan kartu kredit fisik. Dengan begitu, transaksi dengan VCC memberikan kemudahan dan keamanan tambahan dalam pengelolaan pembayaran online.

Baca Juga: 5 Manfaat Virtual Credit Card Untuk Bisnis Yang Perlu Kamu Tahu!

Apa Saja Manfaat Virtual Credit Card?

Virtual credit card menawarkan manfaat yang tak kalah dengan kartu kredit fisik. Berikut manfaat dari VCC yang bisa menjadi bahan pertimbangan bisnismu:

  • Beberapa penyedia kartu kredit virtual memungkinkan pengguna untuk mengatur tanggal kadaluarsa dan batas kredit yang terpisah dari kartu kredit fisik mereka.
  • Kartu kredit virtual memberikan tingkat keamanan tambahan yang dilengkapi one-time password (OTP) untuk mencegah penggunaan yang tidak sah.
  • Pembuatan dan persyaratan pengajuan kartu kredit virtual lebih mudah dibanding kartu kredit fisik karena hanya melalui aplikasi atau situs web penyedia layanannya. 
  • Beberapa VCC tidak memerlukan deposit awal seperti yang biasanya dibutuhkan untuk kartu kredit fisik. Karena itu, VCC menjadi lebih mudah diakses oleh bisnis.

Baca Juga: 4 Virtual Credit Card (VCC) Terbaik di Indonesia, Cocok untuk Bisnis!

Bagaimana Cara Kerja Virtual Credit Card?

Kartu kredit virtual umumnya memiliki cara kerja yang tidak jauh berbeda dengan kartu kredit konvensional. Cara kerja kartu kredit virtual ini dapat diuraikan sebagai berikut:

1. Pengajuan dan persetujuan

Perusahaan mengajukan pembuatan kartu kredit virtual dan menunggu persetujuannya dari penyedia layanan, biasanya lembaga keuangan atau platform pembayaran.

2. Penerbitan kartu

Kartu kredit virtual diterbitkan oleh bank atau penyedia kartu kredit, melalui platform online atau aplikasi mobile mereka. Kartu ini terhubung dengan akun kartu kredit kamu yang sudah ada.

3. Nomor kartu

Berbeda dengan kartu kredit fisik, kartu kredit virtual menghasilkan nomor kartu yang unik dan bersifat sementara untuk setiap transaksi dalam waktu tertentu. Nomor ini hanya bisa digunakan untuk transaksi online

4. Batas pengeluaran

Kamu bisa mengatur batas pengeluaran, tanggal kadaluarsa, dan kategori bisnis untuk setiap kartu virtual. Penyesuaian ini membantu mencegah penggunaan yang tidak sah.

5. Proses transaksi

Saat melakukan transaksi online, kamu memasukkan detail kartu virtual (nomor, tanggal kadaluarsa, dan CVV) seperti yang kamu lakukan dengan kartu fisik. Hanya saja, dilengkapi kode OTP (one-time password (OTP) yang berlaku untuk satu kali transaksi. 

6. Pencatatan dan rekonsiliasi

Pembayaran dicatat dalam akun perusahaan, dan file rekonsiliasi otomatis dikirim ke sistem Enterprise Resource Planning (ERP) perusahaan untuk mencocokkan tagihan dan mengelola administrasi keuangan.

Kini, sudah hadir virtual credit card untuk bisnis bernama Paper Virtual Card. Ini adalah kartu kredit virtual yang disediakan oleh Paper.id untuk pebisnis pemula yang ingin meningkatkan jumlah transaksi dan merasakan manfaat perpanjangan tempo. 

Kartu kredit virtual ini hanya bisa digunakan di platform Paper.id untuk kebutuhan bisnis. Adapun, manfaat Paper Virtual Card untuk business owner sebagai berikut:

  • Tempo pembayaran s.d 50 hariĀ 
  • Biaya transaksi 1.5% (Paper+) dan 1.9% (tanpa Paper+) dengan cashback 0.1%
  • Bayar tagihan ke supplier lebih mudah