Tidak semua para pelaku bisnis import terutama para importir China memiliki kesempatan untuk mendatangi langsung pusat grosir terbesar di China, yaitu Yiwu (Pasar Yiwu). Namun, pasti para pelaku bisnis memiliki hal tentang tempat satu ini dan memiliki produk yang berlabel made in China.

Nah, jika di Indonesia memiliki Mangga Dua, Tanah Abang dan Asemka, negara China juga memiliki Pasar Yiwu. Dilansir dari Wikipedia.org, Pasar Yiwu mempunyai 75.000 kios, 200 ribu penyuplai, 500 ribuan jenis produk-produk terlaris dan 2.000 kategori produk yang siap dipasarkan.

Fakta Pasar Yiwu

Berikut fakta-fakta Pasar Yiwu yang wajib kamu ketahui, di antaranya:

  1. Pasar Yiwu menyediakan berbagai macam Chinese Food (halal) dan kalian tidak perlu khawatir terkait makanan disini karena sudah berlabel halal.
  2. Sediakan mata uang China untuk melakukan transaksi di Pasar Yiwu, jika kekurangan atau masih bingung, kalian juga bisa membawa kartu paspor BCA/Mandiri (Cirrus,VISA) yang bisa kalian tari dari ATM di China, kemudian akan keluar RMB
  3. Pasar Yiwu sebagai pasar terbesar di China, jadi produk-produk yang tersedia adalah demo atau ontoh saja dan tidak bisa dibeli, jika ingin melakukan transaksi akan ada minimal ordernya tergantung dari kebijakan masing-masing supplier, ya!

Baca Juga: 4 Toko Online China Terpercaya Untuk Kebutuhan Usaha

Cara Berbelanja di Pasar Yiwu

Sebagai pusat grosir terbesar di China, Pasar Yiwu memiliki produk yang sangat banyak dan semua kebutuhan barang dagangan kalian pasti ada. Seperti contohnya perlengkapan make up, mainan anak-anak, perlengkapan olahraga, perlengkapan dapur, fashion, perlengkapan kantor dan miliaran produk lainnya.

Beberapa cara berbelanja di Pasar Yiwu adalah sebagai berikut:

1. Menyiapkan list produk

Hal pertama adalah menyiapkan list produk. Dimana kalian bisa membuat rencana berbagai produk Import apa saja yang ingin kalian cari dan kalian beli untuk kebutuhan usaha.

Fokus pada list yang kalian buat serta carilah supplier yang sudah terbukti handal, terpercaya dan memiliki garansi. Tak lupa untuk produk yang berkualitas dan siap bersaing di pasar Indonesia.

2. Menyiapkan mata uang China

Selanjutnya adalah menyediakan mata uang China. Kalian bisa melakukan penukaran mata uang terlebih dahulu, hal ini karena menukar mata uang di lokasi sedikit lebih mahal meski beberapa toko di Pasar Yiwu bisa menerima mata uang asing. Namun, lebih baiknya melakukan penukaran terlebih dahulu ya!

3. Memilah supplier tangan pertama

Jangan langsung menentukan pada satu pilihan. Kalian jangan terpaku terhadap satu pilihan, banyak toko serta berbagai produk import yang ada di Pasar Yiwu. Jika kalian ingin membeli banyak produk atau secara grosir, mungkin bisa mengunjungi Pasar Yiwu lebih dari satu hari.

Baca juga: Jualan Apa yang Cepat Laku dan Menguntungkan? Cek Daftarnya!

Tertarik dengan Pasar Yiwu?

Apakah kalian tertarik untuk mengunjunginya? Jangan lupa beberapa point mudah di atas ya. Namun, jika belum memiliki kesempatan untuk berkunjung ke Pasar Yiwu, kalian bisa menghemat waktu dengan menggunakan Pusat Grosir Online Ocistok.

Ocistok adalah platform belanja grosir (B2B) yang memudahkan kalian dalam mencari barang keperluan bisnis dengan harga grosir TERMURAH untuk mendukung para pelaku bisnis ritel online maupun offline di Indonesia dengan minimal pembelian 1 Juta Rupiah.

Ocistok sebagai penghubung bisnis para wirausaha yang bergerak dalam berbagai macam industri atau platform seperti online store, offline store, perusahaan dan lain sebagainya. Kalian bisa langsung menghubungi Customer Service Ocistok via WhatsApp di 0812-1000-1808.

*Artikel ini hasil kerja sama antara Paper.id dan Ocistok

Muhamad Dika Wahyudi