Mengapa Kalian Perlu Menentukan Syarat Pembayaran Atas Invoice? kalian pasti pernah dong terbesit pertanyaan seperti ini di otak kalian.
Kalian pasti masih ingat pertama kali mendapatkan pembeli atau berhasil menjual produk untuk yang pertama kalinya?
Selain kalian menjual barang dan produk kalian, tentu kalian harus memikirkan juga bagaimana sebuah invoice atau faktur bisa diterima bisnis tepat waktu.
Menentukan ketentuan pembayaran sangat penting loh buat bisnis kalian. Ketentuan disini termasuk seperti diskon, periode waktu pembayaran hingga metode pembayarannya juga.
Sebagai pelaku usaha, kalian harus menentukan persyaratan pembayaran untuk pelanggan, juga persyaratan pembayaran untuk vendor atau pemasok, jadi tidak hanya dari satu pihak saja.
Baca Juga: Permudah Pembayaran Invoice Bisnis Via QRIS dengan Paper.id
Pentingnya Ketentuan Pembayaran atau Syarat Pembayaran
Sebuah transaksi tidak akan berguna kalau tidak ada uang dari pelanggan. Artinya uang masih belum dibayarkan oleh pelanggan.
Oleh karena itu, penting untuk membuat syarat pembayaran atau ketentuan pembayaran dalam berbisnis. Hal ini tentunya untuk memenuhi pengeluaran bisnis kalian.
Kalau bisnis kalian tidak ada ketentuan pembayaran, maka pelanggan kalian akan melakukan pembayaran sesuka hati mereka. Tentu ini akan menjadi masalah di usaha kalian.
Selain itu juga, bisnis yang tidak ada ketentuan pembayaran didalamnya biasanya memiliki masalah dalam arus kas mereka.
Seperti yang sudah disebutkan diatas, kalau tidak ada ketentuan pembayaran, biasanya pelanggan akan membayar kapan saja semau mereka.
Banyak sekali ragam ketentuan pembayaran yang ada saat ini, seperti COD atau cash on delivery.
Macam Macam Ketentuan Pembayaran
1. Pembayaran langsung / COD
Pertama ada ketentuan pembayaran langsung atau COD. Saat ini banyak pebisnis yang menerapkan metode pembayaran langsung ini.
Dengan menggunakan ketentuan ini, maka pembeli harus segela melakukan pembayaran dan harus dibayar saat produk dikirim.
Kalau pembeli gagal melakukan pembayaran maka, penjual bisa mengambil kembali barang yang ia jual tersebut.
2. Net 30
Maksud Net 30 atau n/30 disini ialah, pembeli harus menyelesaikan pembayaran dalam waktu 30 hari dari tanggal tercantum pada invoice.
30 hari disini bukan 1 bulan ya, ini hitungan dalam harian. Misal faktur yang ditulis tanggal 1 Januari, maka pembeli harus membayar sebelum tanggal 31 Januari.
Selain dari Net 30, ada juga Net 7, Net 14, Net 60, dan Net 90. Semua itu bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan masing-masing.
3. 2/10 Net 30
Nah pasti kalian bingung dengan artinya, meskipun sama sama Net 30, tapi 2/10 Net 30 itu berbeda loh.
Namun disitu dijelaskan, kalau pembeli melakukan pembayaran dalam waktu 10 hari, maka akan mendapatkan diskon sebesar 2%.
4. Melakukan pembayaran dengan menggunakan metode cicilan
Ini metode yang sering digunakan oleh bisnis, dimana ketentuan pembayaran cicilan atau kredit menawarkan kepada pembeli untuk kredit produk atau layanan yang mereka beli.
Ketentuan ini populer di perusahaan besar, karena syarat pembayaran ini memberikan invoice atau faktur bulanan kepada setiap pembeli yang kemudian dibayarkan melalui cek atau transfer bank.
Baca Juga:Apa Perbedaan Nota dan Kwitansi? Simak Selengkapnya
5. Kirim Invoice atau Faktur
Sebagai pelaku usaha, kalian pastinya mengirim faktur atau invoice setiap bulannya dong. Mengirim faktur merupakan salah satu tantangan dalam berbisnis juga.
Nah dalam mengirim invoice ke pelanggan, kalian juga harus memastikan bahwa invoice bisa dibayar tepat waktu oleh pelanggan.
Untuk bisa dibayar tepat waktu, kalian perlu menentukan beberapa ketentuan pembayaran sebelum mendistribusikan produk kalian ke pelanggan.
Seperti memberikan informasi ke pelanggan, metode pembayaran menggunakan apa dan lain sebagainya.
Untuk mempermudah itu semua, kalian bisa menggunakan Aplikasi Invoice Online dari Paper.id yang membantu kalian dalam membuat serta mengirim invoice sekaligus secara otomatis, dan mudah.
Penasaran seberapa mudahnya? Buktikan sendiri lewat demo produk di bawah!
Coba Buat Invoice Gratis Tanpa Daftar
Hanya 5 Menit & Mudah
powered by Advanced iFrame. Get the Pro version on CodeCanyon.
Klik tombol di bawah untuk melanjutkan demo produk ini
Dimana invoice yang tercatat akan masuk kedalam pembukuan bisnis secara langsung. Mudah bukan?
Selain itu juga, Paper.id menyediakan beragam metode pembayaran serta menerima pembayaran lebih cepat menggunakan Paper Pay in.
Itulah beberapa hal seputar ketentuan pembayaran invoice yang perlu kalian ketahui. Nah dengan menggunakan Paper.id kalian bisa membedakan persyaratan pembayaran setiap customer loh.
Yuk, daftar sekarang juga dengan klik tombol dibawah ini!
- 6 Cara Deteksi dan Cegah Fraud dalam Bisnis, Lakukan Sebelum Terlambat! - November 4, 2024
- Bahaya Invoice Palsu: Ancaman Tersembunyi yang Bisa Menguras Kas Bisnis Kamu - Oktober 28, 2024
- Cara Membuat Kwitansi di Word dan Excel, Mudah dan Cepat! - Oktober 10, 2024