Faktor yang mempengaruhi Analisis SWOT – Dalam suatu bisnis atau perusahaan, pasti dibutuhkan suatu strategi yang kuat untuk menghadapi persaingan bisnis.
Banyak strategi yang bisa diterapkan, mulai dari strategi bisnis, SDM, strategi pemasaran produk bisnis, strategi operasional, hingga analisis SWOT.
Analisa SWOT merupakan sebuah analisa yang sering digunakan oleh banyak orang dalam menentukan strategi suatu bisnis atau perusahaan. Disini Analisis SWOT sendiri merupakan suatu pendekatan tradisional yang sudah lama ada dan digunakan oleh para pebisnis untuk menganalisa suatu bisnis serta bahan untuk pengambilan keputusan.
Proses pengambilan keputusan strategis harus selalu berkaitan erat dengan visi, misi, serta tujuan dari perusahaan. Oleh karena itu dalam menentukan keputusan, perlu adanya data dari hasil analisa SWOT.
Ketika melakukan analisis tersebut tentunay terdapat beragam faktor yang bisa mempengaruhi analisa SWOT guna mendapatkan data yang cukup untuk pengambilan keputusan.
Nah apa aja sih faktor yang mempengaruhi Analisa SWOT? Lalu apa itu Faktor Internal dan Eksternal dalam analisa SWOT ? Berikut penjelasan secara singkat.
Baca Juga: Pahami Lebih Jauh Analisis SWOT Untuk Bisnis & UMKM Kalian!
Apa itu Faktor Internal dan Eksternal dalam Analisa SWOT
Dalam menentukan strategi bisnis menggunakan Analisa SWOT, terdapat sebuah faktor yang mempengaruhi analisa SWOT itu sendiri. Diantaranya sebagai berikut:
Faktor Internal Analisa SWOT
Pertama ada faktor internal analisa SWOT, dimana pada faktor ini terdapat kekuatan (Strength), dan kelemahan (Weakness). Faktor internal dalam analisa swot adalah faktor yang berasal dari perusahaan itu sendiri.
Faktor internal sendiri yang terdiri dari kekuatan serta kelemahan sendiri akan berdampak positif apabila faktor kekuatan jauh lebih besar daripada faktor kelemahan. Dengan begitu, kekuata internal yang maksimum pastinya akan memberikan hasil yang positif untuk bisnis.
Yang termasuk kedalam faktor internal itu sendiri seperti SDM yang dimiliki, finansial atau keuangan, kelebihan serta kekurangan perusahaan, serta pengalaman yang sudah didapat.
Untuk lebih jelasnya, Analisa faktor internal sendiri, terdapat indikasi yang bisa kita lihat dari faktor internal ini seperti berikut:
- Pengalaman Perusahaan
- Finansial pada Perusahaan
- Sumber daya yang dimiliki perusahaan
- Serta Kekuatan dan Kelemahan dari Perusahaan
- Sumber daya Manusia
- Sumber daya Keuangan
- Produk yang dihasilkan
- Kemampuan distribusi produk bisnis nya
- Kemampuan marketing dari perusahaan.
Baca Juga: Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan, Pebisnis Wajib Tahu!
Faktor Eksternal Analisa SWOT
Kedua ada faktor eksternal dari analisa SWOT, dimana faktor ini terdapat peluang (opportunity) dan ancaman (threat). Faktor eksternal eksternal SWOT sendiri adalah faktor yang berasal dari luar perusahaan.
Faktor eksternal analisa SWOT sendiri bisa disebut sebagai faktor yang tidak secara langsung terlibat pada apa yang sedang dilakukan secara internal.
Adanya peluang serta ancaman bisa menjadi masukan dan data yang bisa digunakan guna pengambilan keputusan strategis yang bisa bermanfaat untuk bisnis.
Untuk mengidentifikasi faktor eksternal ini, terdapat beberapa hal yang bisa kita lihat dari faktor eksternal ini, sebagai berikut:
- Lingkungan
- Pemerintah
- Trend
- Perkembangan Teknologi
- Budaya
- Kondisi sosial dan politik
- kondisi ekonomi suatu negara
- Budaya yang berkembang di masyarakat sekitar
Nah itulah beberapa informasi terkait faktor yang mempengaruhi analisa SWOT. Jadi Analisa SWOT terdapat dua faktor, pertama faktor internal, dan juga faktor eksternal.
- Fraud, Istilah Kecurangan yang Sering Terjadi dalam Dunia Bisnis - Januari 29, 2024
- Khusus Pengguna Garuda Indonesia, Gratis Paper+! - Januari 11, 2024
- Contoh Jurnal Akuntansi Keuangan yang Benar - Januari 1, 2024