Ketika memulai sebuah bisnis, banyak pelaku usaha yang masih tidak tahu cara membuat invoice & mengandalkan invoice generator. Apakah itu salah? Tentu tidak. Seiring dengan kemajuan zaman, alat-alat gratis yang tersedia di dunia maya dan bisa digunakan untuk membuat invoice.

Sayangnya, hal ini bisa membawa banyak masalah di kemudian hari. Semakin sering kamu terbiasa untuk melakukan hal tersebut, maka akan ada banyak hal buruk yang bisa kamu rasakan. Penasaran hal buruk apa yang bisa menimpamu di masa depan?

Mengenal invoice generator, AI yang membantumu membuat invoice

Apa itu invoice generator? Sebenarnya invoice generator tergolong sebagai artificial intelligence. Jika dilihat, invoice generator termasuk sebagai salah satu program yang dibuat manusia untuk mempermudah orang-orang dalam membuat invoice. Jadi, bisa dibilang invoice generator satu jenis dengan ChatGPT

Caranya sangat mudah, dimana kamu hanya tinggal memasukkan data-data pelanggan dan juga bisnismu, seperti jumlah tagihan, barang yang dibeli dan lainnya. Setelah itu, kamu tinggal mengunduh file tersebut dan mengirimkannya ke pelanggan.

Bisa dibilang, banyak orang mengandalkan cara tersebut untuk membuat invoice. Salah satu alasan yang mendorong mereka adalah gratis. Kemudahan tersebut akhirnya mendorong banyak orang untuk merasakan hal tersebut.

Coba Buat Invoice Gratis Tanpa Daftar

Hanya 5 Menit & Mudah

powered by Advanced iFrame. Get the Pro version on CodeCanyon.

Alasan kenapa jangan membuat invoice di invoice generator

Meski terkesan mudah, kamu perlu berpikir ulang jika ingin membuat invoice di invoice generator, kenapa? Berikut 4 alasannya. 

Format dan design invoice-nya terbatas

Faktanya, format invoice yang disediakan oleh invoice generator itu hanya sedikit. Mungkin, hal ini bukan masalah bagi pelaku usaha berskala kecil atau freelance. Tapi, itu akan menjadi masalah bagi pelaku usaha yang sudah lama membangun bisnis.

Format invoice yang terbatas membuat kamu hanya bisa membuat invoice dengan format yang sama secara terus-menerus. Format invoice yang sama tentunya membuat bisnis kamu terlihat kurang profesional. Apalagi, desain invoice tersebut bisa terlihat sama dengan orang lainnya yang juga menggunakan invoice generator yang sama.

Detil invoice yang tidak bisa detil

Invoice yang disediakan oleh generator itu sangat terbatas. Kamu hanya bisa membuat invoice dengan detil yang terbatas. Sebagai contoh, detil data yang tersedia hanya seputar jumlah barang yang dibeli, jumlah harga yang dibayar serta nama pelanggan dan juga penjual.

Selebihnya, kolom tersebut tidak bisa ditambahkan. Padahal, kamu perlu menambahkan informasi yang lain seperti informasi uang muka atau rekening bank. Tentunya, hal-hal tersebut sangat berguna untuk bisnismu agar memberikan informasi pembayaran yang jelas.

Ancaman pencurian data

Invoice generator tidak menjamin data kamu tetap aman. Bisa jadi, setiap data yang dimasukkan bisa saja disimpan dalam cloud orang lain. Setelah itu, datamu akan diambil dan bisa disalah gunakan untuk hal-hal yang tidak diinginkan.

Paper.id resmi mengantongi sertifikat ISO27001

Meski gratis, orang-orang perlu paham akan hal tersebut, karena hal ini tentunya bersifat sangat meresahkan. Apalagi, banyak pelaku usaha yang masih belum paham akan hal tersebut, sehingga, mereka tentunya perlu melakukan hal tersebut. 

Bagi para pelaku usaha yang bingung mencari alat invoice online yang cocok untuk kamu, maka Paper.id jadi software invoice yang cocok buat kamu. Berdiri sejak akhir 2016, Paper.id menyediakan fitur invoice & pembayaran bisnis yang bisa diakses oelh semua pebisnis secara GRATIS.

Transaksi bisnis jadi makin mudah dengan Paper.id

Iya, kamu tidak salah baca, Paper.id itu benar-benar gratis. Tapi, Paper.id sudah memiliki ISO27001, jadi kualifikasi pengamanan datanya sudah terjamin. Tentunya, hal ini menjamin banyak keamanan data bisnismu dan juga keamanan data dari pelangganmu.

Bukan itu saja, buat invoice di Paper.id bisa dilakukan dimana saja dan dari HP bisa. Dengan begitu, menagih pelanggan bisa dilakukan dimana saja. Hal penting lainnya yang bisa diketahui adalah, invoice terintegrasi dengan fitur pembayaran bisnis dan bisa dibayar dengan berbagai metode termasuk kartu kredit dan metode lainnya, walaupun supplier/vendor tidak menyediakan metode pembayarannya. Jadi tunggu apalagi? Ayo gunakan Paper.id untuk membayar transaksi bisnismu sekarang.