Survei adalah metode riset yang dimanfaatkan untuk mengumpulkan data atau informasi dari sekelompok orang yang menjadi responden. Manfaat riset dapat kita rasakan pada berbagai faktor, termasuk dalam pengembangan bisnis.

Melansir laman America’s SBDC, survei adalah metode yang terbukti terhubung dengan pelanggan untuk mendapatkan umpan balik yang dapat membantu Anda memahami seperti apa pandangan para pelanggan terhadap bisnis Anda.

Hal itu dapat memungkinkan para pebisnis menerima informasi objektif yang dapat membantu membuat keputusan penting untuk pengembangan bisnis Anda selanjutnya.

Manfaat Survei untuk Pengembangan Bisnis
Berikut ini adalah beragam manfaat survei yang bisa Anda rasakan dalam menjalankan bisnis.

  1. Mengetahui yang Diinginkan Pelanggan
    Survei memungkinkan para pebisnis atau perusahaan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang keinginan konsumen dan umpan balik yang sangat spesifik, seperti kebutuhan, preferensi, dan harapan mereka. Data tersebut bermanfaat untuk mengembangkan strategi bisnis yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan Anda.

Baca juga: Ternyata, Seperti Ini Kebiasaan Berbelanja Gen Z!

  1. Mengukur Kepuasan Pelanggan
    Survei sangat penting bagi perusahaan kecil maupun berskala besar untuk menyempurnakan produk bisnis mereka. Dengan bertanya tentang kepuasan, pelanggan dapat memberikan umpan balik yang berharga tentang hal yang mereka sukai dan tidak sukai. Mengutip Business.com, perusahaan teknologi besar seperti Apple, Verizon, Nest, menggunakan riset pasar dana survei kepuasan pelanggan untuk mengetahui hal-hal yang disukai berdasarkan pelanggan mereka. Tak hanya perusahaan teknologi besar, perusahaan LEGO dan McDonald’s pun menggunakan data survei untuk berkembang.
  1. Mengumpulkan Umpan Balik (Feedback)
    Menurut Nicole Anderson, The HR Entrepreneur, dalam unggahannya di LinkedIn, survei dapat memberikan umpan balik positif dan negatif yang dapat digunakan bisnis untuk berkembang. Mengumpulkan umpan balik melalui survei adalah salah satu cara terbaik bisnis mendapat informasi dari pelanggan maupun karyawan.
  1. Identifikasi Kompetitor
    Survei bisnis dapat dimanfaatkan untuk mengumpulkan informasi tentang pesaing dan posisi pasar perusahaan Anda. Anda dapat mengidentifikasi kompetitor utama, mengukur tingkat kesadaran merek, serta memahami preferensi konsumen terhadap pesaing. Informasi tersebut dapat membantu bisnis Anda membuat strategi pemasaran yang tepat sehingga penjualan pun lebih efektif dan keberadaan bisnis Anda di pasar lebih kuat.
  1. Mengetahui Perilaku Pasar
    Satu lagi manfaat survei untuk bisnis yaitu dapat membantu memahami perilaku pasar dan tren terbaru. Dengan begitu Anda dapat mengidentifikasi peluang baru hingga mengarahkan strategi bisnis menyesuaikan dengan tren saat ini.

Baca juga: 5 Manfaat Survei untuk Pengembangan Bisnis

Survei Online Mempermudah Anda Mengembangkan Bisnis

Saat ini ada banyak jenis survei, tetapi satu jenis survei yang cukup efektif dilakukan yaitu survei online. Mengapa demikian? Sebab, mengisi survei online dapat dilakukan dalam beberapa menit dan dari manapun. Konsumen atau pelanggan bisnis Anda dapat memberikan opini mereka secara cepat.
Dengan melakukan survei online, diharapkan perusahaan Anda dapat dengan cepat merasakan manfaat survei untuk pengembangan bisnis yang lebih baik.

*Artikel ini adalah hasil kerja sama Paper.id & Populix.
Daniel Nugraha