Pandemic COVID-19 melumpuhkan hampir seluruh sektor usaha di dunia. Hampir seluruh negara berjuang untuk memulai dan menumbuhkan kehidupan ekonomi yang sedang terpuruk. Banyak pebisnis berjuang untuk mempertahankan usaha yang telah di bangun yang semakin hari terasa semakin menurun. Sektor ekonomi kian memburuk hampir di seluruh belahan dunia. Tak terkecuali Indonesia. Tidak sedikit perusahaan yang terimbas dampak pandemi Covid-19 ini. Menurunnya omset yang didapat menyebabkan banyak sekali pelaku usaha yang mau tidak mau harus menutup usaha dan merumahkan karyawan mereka.
Keadaan ini menuntut para pelaku ekonomi khususnya pelaku bisnis untuk dapat bertahan di masa pandemi ini agar dapat melanjutkan bisnisnya selama mungkin. Untuk itu diperlukan langkah yang bisa diambil untuk membantu melindungi bisnis Anda untuk tetap berjalan di masa pandemic ini.
Baca juga: 10 Jenis Strategi Marketing Cocok Untuk Semua Bisnis (Dan Contohnya)
Fokuskan Penjualan Secara Online Di Kala Pandemic
Melakukan penjualan secara online di masa pandemic adalah waktu yang tepat untuk memulai sebuah toko online milik Anda sendiri. Anda dapat memanfaatkan layanan pos dan kurir untuk melakukan pengiriman barang. Anda juga dapat menggunakan jasa pengiriman barang seperti ojek online dengan sistem pengiriman barang tanpa ada interaksi langsung dengan driver, sehingga lebih aman dari Covid-19.
Kolaborasi strategis
Suatu bisnis pastinya memiliki beberapa kekuatan dan kelemahan. Biasanya bisnis sangat kuat di bidang kompetensi. Untuk itu, saat ini adalah waktu yang tepat untuk berkolaborasi dengan perusahaan lain untuk melengkapi kelemahan dan membantu memberikan penawaran yang baru untuk pelanggan. Inilah saatnya untuk mengindentifikasikan dengan siapa bisnis dapat membuat kemitraan untuk menghasilkan pendapatan.
Menjaga pelanggan lama
Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan bisnis dengan adalah menjaga pelanggan lama, pelanggan tetap dan setia. Di masa krisis seperti ini untuk mendapatkan output yang maksimal, bisnis akan lebih cenderung ke arah pemasaran digital dan teknologi pemasaran. Daripada menghabiskan budget untuk pelanggan baru, lebih baik menjaga pelanggan tetap dan setia yang paling menguntungkan, serta merancang penawaran menarik untuk mereka.
Baca juga: Trik Marketing: Kenapa Banyak Produk Dijual dengan Harga Akhiran .900?
Tetap Konsisten Posting di Media Sosial
Sebagian besar bisnis menggunakan platform sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram untuk mempromosikan hampir semua produk dan berinteraksi dengan pelanggan. Dengan adanya penerapan pembatasan sosial berskala besar membuat masyarakat melakukan semua kegiatan dari rumah, hal tersebut membuat konsumsi konten di media sosial otomatis akan meningkat. Untuk itu, Anda sebagai pemilik usaha harus manfaatkan momen ini dengan lebih aktif di media sosial. Gunakan profil bisnis Anda untuk tetap berkomunikasi dengan pelanggan. Kedepannya, Anda dapat memiliki hubungan yang lebih baik dengan semua pelanggan ketika semuanya kembali normal.
Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
Perusahaan harus berorientasi pada keterlibatan pelanggan, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan menciptakan hubungan yang dalam. Di masa physical distancing seperti saat ini, bisnis sepenuhnya memanfaatkan pemasaran secara digital untuk menjangkau konsumen. Jika disaat pandemic ini perusahaan harus menjaga konsumen dengan memberikan nilai dan konten yang layak, maka di masa depan perusahaan bisa mendapatkan hasil ribuan kali lipat.
- Fraud, Istilah Kecurangan yang Sering Terjadi dalam Dunia Bisnis - Januari 29, 2024
- Khusus Pengguna Garuda Indonesia, Gratis Paper+! - Januari 11, 2024
- Contoh Jurnal Akuntansi Keuangan yang Benar - Januari 1, 2024