Kamu pernah makan di restoran Jepang ternama seperti Okinawa Sushi atau Sushi Tei? Di balik bahan setiap hidangan lezat di restoran tersebut terdapat bahan baku berkualitas yang didistribusikan oleh PT Mulia Kencana Lestari, lho. 

PT Mulia Kencana Lestari menjadi salah satu pemain utama di balik beberapa restoran Jepang dan Korea, Hotel, maupun Kafe yang tersebar di seluruh Indonesia, mulai dari bahan baku seperti Nori (rumput laut) merk Ichi Nori dan Tokinori, beras Jepang (Japonica) merk Akira dan Kyoto, serta ratusan produk dry dan frozen pendukung bahan masakan Jepang lainnya.

Supply dalam jumlah banyak ke restoran-restoran terkemuka pasti membutuhkan dana operasional yang besar. Apa jadinya jika perusahaan ini tidak memiliki modal yang cukup dan cash flow yang tidak lancar? Tentu, mereka akan menghadapi kesulitan besar dalam memenuhi permintaan tinggi dengan tempo pembayaran yang sangat cepat dari buyer mereka.

Sebagai founder PT Mulia Kencana Lestari, Pak Welly Hendry berbagi kisah inspiratif tentang bagaimana mereka mengatasi tantangan finansial hingga menemukan solusi financing melalui Paper.id.

Penasaran bagaimana ceritanya? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Tempo Pembayaran Singkat, Ekspansi Terhambat

produk mulia kencana lestari

Pada tahun 2011, Pak Welly Hendry mendirikan PT Mulia Kencana Lestari dengan tujuan sederhana, yakni bisa menyuplai bahan baku makanan ke restoran-restoran Jepang yang ada di Indonesia. 

Pak Welly melihat bahwa restoran Jepang tidak hanya tumbuh pesat di Jakarta, tetapi juga mulai merambah kota-kota besar lainnya seperti Bandung,Bali, Medan, Surabaya, dan kota-kota besar lainnya. Melihat peluang ini, ia pun membangun PT Mulia Kencana Lestari untuk memenuhi kebutuhan pasar yang berkembang tersebut.

Pak Welly menyadari bahwa untuk berkembang hingga bisa ekspansi, diperlukan modal yang besar. Dengan keterbatasan jumlah buyer yang dapat dilayani,  PT Mulia Kencana Lestari menghadapi banyak tantangan dalam mewujudkan pertumbuhan bisnis sesuai harapan, apalagi mengingat usahanya yang bergerak di ranah distribusi makanan berkualitas premium. 

Berikut beberapa gambaran yang harus dihadapi PT Mulia Kencana Lestari, di antaranya:

1. Target market sempit, keuntungan sedikit

Tanpa modal yang cukup, Pak Welly harus membatasi target market mereka. Misalnya, dengan melayani beberapa restoran dan kafe saja. Padahal, peluang pasar yang tersedia sangat besar, akibatnya pertumbuhan perusahaan menjadi stagnan.

Misalnya, kalau mereka memiliki modal lebih, mereka seharusnya bisa memperluas jangkauan market ke berbagai kota dan melayani lebih banyak restoran, hotel, dan kafe. Dengan begitu, pendapatan mereka tentu bisa meningkat pesat dan membuka peluang untuk ekspansi.

2. Ketidaksesuaian tempo pembayaran

Sebagai distributor bahan makanan, Pak Welly sering menghadapi situasi cash flow yang rumit. Pihak PT Mulia Kencana Lestari harus melakukan pembayaran cash sampai dua minggu ke principal (pabrik dan importir), namun di sisi lain, mereka juga harus memberikan tempo pembayaran yang sama atau bahkan lebih lama kepada para buyer

Belum lagi, kadang buyer yang sudah besar suka meminta tempo pembayaran mulai dari satu hingga dua bulan. Melihat situasi cash flow yang tidak lancar, Pak Welly biasanya akan mundur atau menolak permintaan calon buyer 100%.

Masalahnya, para buyer ini seringkali terlambat melakukan pembayaran, bisa 3 minggu bahkan hingga sebulan baru dibayar. Akibatnya, aliran dana menjadi kacau dan Pak Welly harus terus mencari cara untuk menjaga agar bisnis tetap berjalan lancar.

Jika dana tidak tersedia, maka Pak Welly harus siap dan mengikhlaskan kehilangan buyer potensialnya yang mungkin saja bisa berpindah ke kompetitor, dan ini akan berdampak juga pada omzet bisnis. Merugikan sekali, ‘kan?

Baca Juga: Agave Hall, Optimalkan Bisnis Event & Venue Management dengan Paper.id

3. Butuh alternatif pendanaan dengan limit tinggi dan proses pengajuan mudah

Selain mendapatkan tambahan modal dari saudara dan teman terdekat, Pak Welly juga pernah memanfaatkan pendanaan yang ditawarkan oleh bank. Sayangnya, pendanaan tersebut tidak sesuai harapan.

Prosesnya yang rumit dan persyaratan yang ketat membuat Pak Welly kesulitan memenuhi kriteria yang ditetapkan. Misalnya saja, pinjaman bank dengan collateral yang menawarkan lebih dari 100 juta, tetapi harus dengan jaminan rumah, mobil, tanah, dan sebagainya.

Di sisi lain, memang ada juga KTA atau Kredit Tanpa Agunan, tetapi limitnya maksimal hanya sampai 100 juta saja, sementara Pak Welly membutuhkan lebih dari itu.

Fitur Financing Paper.id, Membantu Cash Flow PT Mulia Kencana Lestari Jadi Stabil

sebelum dan sesudah menggunakan paper.id

Solusi demi solusi pernah Pak Welly gunakan dan rasakan dampaknya namun masih tidak puas dengan solusi tersebut, hingga pada akhirnya ia mendapatkan rekomendasi dari supplier-nya untuk menggunakan fitur financing yang ditawarkan Paper.id.

Sebenarnya, Pak Welly sudah mengetahui Paper.id sejak tahun 2020. Saat itu, ia hanya menggunakan fitur invoicing-nya saja, alhasil baru menggunakan Paper.id secara aktif khususnya fitur financing pada awal tahun 2023 kemarin atau sudah 1,5 tahun lalu.

Nah, berikut ini beberapa poin yang PT Mulia Kencana Lestari rasakan manfaatnya setelah menggunakan fitur pendanaan dari Paper.id, di antaranya:

1. Dana lancar, target market jadi besar

Pak Welly menyadari bahwa melakukan ekspansi, perusahaan perlu menargetkan pasar yang lebih luas dan besar. Dengan memanfaatkan fitur financing dari Paper.id, PT Mulia Kencana Lestari akhirnya mendapatkan pendanaan yang memadai sehingga mampu melayani belasan hingga puluhan buyer, kini mereka berhasil melayani sekitar 500 buyer di seluruh Indonesia.

Selain itu, Pak Welly juga mulai menyasar reseller online dan end-customer melalui platform e-commerce serta toko-toko tradisional untuk menjual produknya. 

Langkah ini memungkinkan PT Mulia Kencana Lestari menjangkau berbagai segmen pasar dan memperluas cakupan bisnisnya secara lebih efektif. Hasilnya, perusahaan ini tidak hanya berkembang pesat tetapi juga semakin dikenal di berbagai lapisan masyarakat.

Baca juga: Kisah Sukses PT. ERDEHA MULTI NIAGA: Dari Modal Terbatas Ke Revenue Naik Kelas

2. Sering dapat diskon dari supplier

Menariknya lagi, setelah menggunakan solusi pendanaan dari Paper.id, PT Mulia Kencana Lestari sering mendapatkan diskon dari supplier, lho. Pembayaran yang stabil membuat supplier lebih bahagia dan membuat importir serta pabrik menjadi lebih tepat waktu dalam mengirim bahan baku.

Selain itu, Pak Welly juga mendapatkan kemudahan dalam negosiasi. Dengan jaminan pembayaran tepat waktu, Ia bisa meminta manfaat tambahan dari supplier, seperti diskon ekstra. 

Pak Welly menuturkan meskipun diskon tersebut hanya 1%, jika transaksi mencapai 1 miliar rupiah, perusahaan bisa mendapatkan potongan sebesar 10 juta rupiah. Tentu, manfaat ini sangat membantu dalam mengurangi biaya dan meningkatkan keuntungan perusahaan.

3. Lebih berani memberikan tempo ke buyer

Keadaan berubah ketika Pak Welly menggunakan solusi dari Paper.id. Dengan fitur financing dari Paper.id, PT Mulia Kencana Lestari bisa membeli barang dari supplier tanpa harus khawatir tentang cash flow.

“Paper.id membayar supplier terlebih dahulu, dan kami membayar Paper.id di akhir bulan. Ini membuat arus kas kami lebih lancar dan pengadaan barang lebih mudah,” jelas Pak Welly. 

Di sisi lain, Pak Welly juga menjadi lebih berani memberikan tempo pembayaran kepada para buyer. Hal ini membuat mereka mampu menarik lebih banyak buyer besar yang biasanya meminta tempo pembayaran lebih panjang.

Kendati demikian, Pak Welly menjelaskan bahwa pihaknya tidak akan sembarangan memberikan tempo pembayaran yang panjang kepada setiap buyer. Mereka akan menyaring buyer berdasarkan riwayat pembayaran yang baik dan mempertimbangkan beberapa faktor lainnya.

Baca Juga: Waroeng Teh Kotjok: Ubah Proses Penagihan Berbelit Menjadi Elit dengan Paper.id

Nah, itulah bagaimana PT Mulia Kencana Lestari bisa mengatasi tantangan finansial dengan menggunakan solusi financing dari Paper.id.

Kisah ini menjadi contoh nyata jika strategis bisnis tidak didukung oleh solusi yang tepat tidak akan berhasil. Untungnya, Paper.id tidak hanya menjadi solusi finansial bagi PT Mulia Kencana Lestari, tetapi juga partner dalam menggapai kesuksesan.

Paper.id solusi terbaik bagi kamu yang ingin ekspansi tapi terkendala oleh modal bisnis. Daftar Paper.id dan rasakan manfaat pendanaan, serta fitur lainnya yang ditawarkan oleh Paper.id untuk kembangkan bisnismu. Gratis!

Muhamad Dika Wahyudi