Di era digital ini, inovasi dalam alat pembayaran semakin berkembang untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang semakin kompleks. Salah satu inovasi terbaru adalah virtual credit card (VCC), yang hadir sebagai solusi pembayaran modern. 

Meski masih baru, VCC di Indonesia diklaim banyak orang sebagai salah satu metode pembayaran revolusioner. Beda dengan kartu kredit fisik, kartu kredit virtual diklaim punya lebih banyak keunggulan, apalagi bagi business owners. Apa sajakah manfaat virtual credit card? 

Baca juga : Memahami Virtual Credit Card, Bermanfaat untuk Bisnis Lho!

Manfaat Virtual Credit Card Yang Perlu Diketahui

VCC adalah kartu kredit virtual yang hanya ada dalam bentuk digital, tidak memerlukan fisik seperti kartu kredit konvensional. Kartu ini diterbitkan oleh bank maupun lembaga keuangan non-bank dan dilengkapi dengan nomor kartu unik yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi online.

Seperti kartu kredit fisik, VCC juga memiliki tanggal kadaluarsa dan kode keamanan CVV (Card Verification Value). Namun, informasi tersebut hanya tersedia secara digital berbeda seperti pada kartu kredit fisik. Meski beda, VCC hadir dengan berbagai solusi yang berguna bagi bisnis, berikut beberapa diantaranya: 

1. Proses pengajuannya lebih cepat dari kartu kredit fisik

Menurut NerdWallet, VCC menawarkan banyak keunggulan. Pertama, business owner tidak perlu menunggu waktu lama untuk dapat menggunakan VCC sejak pengajuan dilakukan. Tidak seperti bank yang butuh 30 hari waktu kerja untuk menerbitkan kartu kredit fisik, VCC bisa diproses dalam waktu 5 hari.

2. Persyaratannya lebih mudah

Yang kedua, VCC lebih mudah didapatkan daripada kartu kredit bisnis fisik. Kartu kredit bisnis biasanya membutuhkan survei kunjungan & dokumen bisnis, sedangkan VCC hanya membutuhkan dokumen bisnis saja. Hal ini semakin memperkuat alasan mengapa VCC menjadi salah satu produk yang disukai oleh banyak business owner, terutama di Amerika. 

3. Lebih aman karena hanya bisa digunakan satu kali

Tidak seperti kartu kredit fisik, VCC hanya bisa digunakan untuk sekali transaksi. Ini cocok bagi divisi yang membutuhkan petty cash atau dana untuk kebutuhan jangka pendek, seperti business trip, pembelian ATK kantor, dan servis mobil kantor.

4. Budget lebih terkontrol

Business owner bisa mengatur anggaran per-divisi dengan pas, tanpa khawatir over-budget. Ketika sudah habis, kartu tidak dapat digunakan lagi. Ini sangat membantu business owner dalam mengontrol anggaran dengan tepat. 

5. Transaksi mudah dilacak & tercatat otomatis

Transaksi via VCC akan tercatat otomatis & real-time, sehingga dapat  mencegah terjadinya fraud karena setiap transaksi yang terjadi bisa dilacak. Hal ini menjadikan VCC sebagai metode pembayaran idaman di kalangan business owner.

Baca juga : Cara Membuat Virtual Credit Card Cukup 5 Langkah, Lebih Mudah!

Dengan semua kemudahan yang ada, ini menjadi sweet spot bagi business owner. Apalagi, kalau bisa mendapatkan limit hingga Rp100 juta dan cashback 0,1% di tiap transaksi dengan Paper Virtual Card.

Ini merupakan produk terbaru yang membantu business owner agar bisnis lebih produktif. Dengan Paper Virtual Card, business owner tidak akan mengalami kesulitan ketika stok dalam jumlah besar. Rasakan manfaat PVC dengan lakukan pengajuan di Paper.id

Gunakan sekarang untuk mencukupi kebutuhan dalam pembelian barang, agar lebih produktif & efektif! Isi formulir untuk mendapatkannya sekarang!

Daniel Nugraha