Marketplace tidak hanya berfungsi sebagai platform belanja online, tetapi juga sebagai alat untuk pembayaran bisnis, seperti pembayaran invoice.

Beberapa marketplace juga menyediakan integrasi dengan sistem invoicing yang memudahkan pembayaran dan pelacakan invoice. Selain itu, mereka juga menawarkan berbagai metode pembayaran untuk kenyamanan transaksi.

Lalu, mengapa membayar invoice di marketplace bisa menawarkan banyak keuntungan? Yuk, simak lima alasannya di bawah ini sebagai bahan pertimbangan bisnismu.

1. Bebas Pilih Metode Pembayaran

Marketplace umumnya menyediakan berbagai metode pembayaran untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Berikut penjelasan detail opsi metode pembayarannya:

  • Kartu Kredit dan debit: Menggunakan kartu kredit atau debit untuk melakukan pembayaran invoice via marketplace. Ini adalah metode yang umum untuk transaksi sehari-hari.
  • E-wallet: Beberapa marketplace mendukung pembayaran melalui e-wallet atau dompet digital, seperti OVO, GoPay, atau DANA. E-wallet menawarkan kemudahan pembayaran tanpa perlu memasukkan detail kartu setiap kali bertransaksi.
  • Transfer bank: Marketplace menghadirkan opsi transfer bank yang memungkinkan kamu untuk membayar langsung dari rekening bank. Ini bisa dilakukan melalui internet banking, mobile banking, atau bahkan transfer manual di bank.
  • Metode pembayaran lainnya: Beberapa marketplace menawarkan opsi tambahan, seperti pembayaran melalui kode QR atau sistem pembayaran berbasis fitur khusus yang mereka miliki, seperti Shopee Pay.

Baca Juga: Sering Bayar Invoice Pakai Lebih dari Satu Kartu Kredit, Amankah?

2. Lebih Cepat & Bisa dari HP

Bayar invoice di marketplace jelas mempermudah business owner dalam menyederhanakan proses pembayaran menjadi lebih cepat karena semua transaksi dilakukan dalam satu platform. Business owner bebas memilih metode pembayaran sesuai keinginan dan melakukan pembayaran langsung dari HP, dengan proses cepat seperti belanja online.

Layanan ini bisa kamu nikmati melalui platform Paper.id yang menghadirkan pembayaran invoice via marketplace seperti Tokopedia, Blibli dan Shopee. Metode pembayarannya memiliki 2 pilihan yaitu dengan kartu kredit maupun tanpa kartu kredit, yang terpenting ini bisa diakses dari HP! 

Setelah kamu memilih metode yang diinginkan, kamu akan mendapatkan Unique ID yang bisa disalin untuk menyelesaikan proses pembayaran. Selanjutnya, kamu cukup buka aplikasi Tokopedia untuk membayar invoice melalui marketplace tersebut.

3. Cek Pembayaran Lebih Mudah, Aman dari Fraud

Bayar invoice di marketplace memberikan transparansi dalam pengelolaan keuangan bisnis kamu. Berikut beberapa keuntungan utama yang bisa kamu rasakan:

  • Pencatatan transaksi yang jelas: Semua transaksi akan tercatat secara otomatis pada marketplace, sehingga memudahkan kamu dalam melacak dan mengelola pembayaran invoice.
  • Pantau transaksi langsung dari HP: Business owner bisa memantau transaksi langsung tanpa harus membuka file Excel atau lainnya. Selain itu, data transaksi yang tersimpan  di marketplace tercatat secara realtime, sehingga lebih mudah untuk dipantau.

Baca Juga: 9 Kelebihan QRIS bagi Bisnismu dan Buyer, Terhindar Uang Palsu!

4. Ada Otentikasi Dua Faktor (OTP)

Marketplace biasanya menggunakan teknologi enkripsi yang canggih untuk melindungi data transaksi dan informasi pribadi penggunanya. Ini berarti, data yang dikirimkan antara pengguna dan marketplace dienkripsi sehingga sulit untuk diakses atau dicuri oleh pihak ketiga.

Adapun keamanan dengan autentikasi dua faktor (2FA) yang menambahkan lapisan keamanan tambahan dengan meminta pengguna untuk memasukkan kode verifikasi selain kata sandi mereka. Jika kamu pengguna marketplace, kemungkinan besar familiar dengan sistem ini.

5. Bisa Diintegrasikan dengan Sistem Invoicing

Canggihnya teknologi dan inovasi telah membawa sistem di marketplace yang bisa terintegrasi dengan platform invoicing atau software akuntansi. Jadi, ketika kamu membayar invoice via marketplace, data langsung terupdate di sistem tersebut tanpa perlu input manual. 

Kedua, kamu bisa cek data secara real-time. Sehingga, informasi keuangan bisnismu selalu up-to-date dan laporan keuangan jadi lebih jelas dan akurat. Semua data bisa digabung, jadi kamu bisa lihat gambaran keseluruhan soal keuangan bisnis.

Seperti Paper.id sebagai platform invoicing yang mampu membayar invoice dengan berbagai metode, mulai dari m-banking, VA, Tokopedia, Shopee, Blibli, hingga kartu kredit untuk tambahan tempo pembayaran. Tak hanya membayar, kamu juga bisa membuat invoice digital yang dilengkapi dengan berbagai template dan e-materai dari PERURI. 

Di Paper.id, kamu tak perlu repot mengingatkan buyer satu per satu karena ada fitur pengingat invoice yang otomatis mengirimkan pengingat untuk buyer agar membayar invoice-nya. Tunggu apalagi?