Proses urus dokumen bisnis dan pembayarannya yang rumit dan banyak melalui berbagai tahapan adalah fakta yang sudah banyak diketahui pebisnis di mana pun. Paper.id sebagai platform invoicing dan pembayaran bisnis yang menyediakan layanan dari hulu ke hilir untuk membantu business owners di Indonesia berkolaborasi dengan UOB sebagai salah satu bank bisnis terbesar di Indonesia dalam event pada hari Rabu, 3 Juli 2024.

Dilaksanakan di UOB Plaza, Paper.id dan UOB merangkum masalah bisnis serta memaparkan solusinya secara lengkap pada kesempatan ini. Acara yang dihadiri oleh 50 pebisnis dari berbagai sektor ini berlangsung meriah dan juga hadir sebagai kesempatan networking antarbisnis.

Proses Bisnis yang Tidak Efektif, Alasan Cash Flow Tidak Lancar 

Permasalahan utama yang diangkat dalam sesi ini adalah proses bisnis yang melibatkan proses pencocokan dokumen yang bukan hanya jumlahnya banyak namun juga tidak efektif. Proses pembayaran pun sering menjadi kendala bagi pebisnis khususnya pada sektor business-to-business (B2B).

Faktanya, 9 dari 10 bisnis sering mengalami keterlambatan pembayaran invoice. Di sisi lain, bisnis juga menghabiskan begitu banyak waktu untuk rekonsiliasi pembayaran yang bisa memakan waktu berjam-jam hingga berhari-hari, apalagi jika jumlah transaksi banyak. Tercatat pula, pebisnis rata-rata membutuhkan waktu 4 jam per hari untuk menagih pembayaran saja.

Keterlambatan atau juga kesalahan terkecil sekalipun dalam proses ini bisa berujung pada kerugian yang berarti bagi bisnis. Tanpa bantuan teknologi, usaha di era modern bisa kalah saing dan tenggelam. 

Kolaborasi Paper.id dan UOB menghadirkan solusi mulai dari proses pengelolaan dokumen bisnis hingga pembayaran yang solutif bagi masalah tersebut.

Baca Juga: Paper.id x Accurate Indonesia: Integrasi Transaksi serta Akuntansi Bisnis dalam Satu Platform

3 Way Matching dan Corporate Card UOB

Paper.id membantu para business owner untuk mengelola invoice lebih efisien dengan berbagai fitur, mulai dari format digitalnya yang memangkas waktu pembuatan invoice, pengiriman digital lewat email, WhatsApp, dan SMS, pengingat otomatis gratis agar pembayaran dilakukan tepat waktu, hingga e-Meterai resmi dari PERURI. Paper.id juga membuat kirim terima pembayaran jadi lebih mudah dengan PaperPay In dan PaperPay Out yang menawarkan beragam opsi metode pembayaran dengan biaya yang rendah.

Pada kesempatan ini, UOB juga memperkenalkan commercial card-nya yang bisa terintegrasi dengan 3-way matching Paper.id.

Pada proses invoicing, pencocokan dokumen PO (purchase order), GR (goods receipt), dan invoice adalah proses yang membutuhkan banyak waktu. Namun, di Paper.id, 3-way matching alias pencocokan tiga dokumen ini dapat dilakukan secara otomatis. Pembayaran dengan UOB corporate card dapat dilakukan untuk memperpanjang tempo pembayaran hingga 59 hari. Tentunya, rekonsiliasi juga terjadi secara otomatis, sehingga business owner dapat melacak status pembayaran invoice tanpa harus bolak-balik mengecek secara manual.

Baca Juga: Kolaborasi Paper.id dan Sift: Memajukan Keamanan dan Integritas Ekosistem Pembayaran

Dengan kombinasi invoice digital dan pembayaran dengan UOB corporate card, bisnis jadi lebih hemat waktu dan biaya, serta mengurangi kemungkinan fraud atau kecurangan dalam transaksi.

Febriani Piscessa sebagai narasumber dan perwakilan dari Paper.id menyebutkan, “Paper.id dan UOB hadir untuk saling melengkapi satu sama lain dan meningkatkan bisnis para user. Kami berharap ketika para pebisnis memaksimalkan digitalisasi, pengelolaannya jadi lebih mulus dan cash flow dapat pun lancar.”

Bayu Wibiyanto AVP Commercial Solutions Relationship Manager dari UOB pun menambahkan, “UOB dan Paper.id ingin melangkah ke masa depan dan membantu semua perusahaan untuk lebih melekat ke digitalisasi. Kami ingin terlibat dalam proses bisnis untuk maju lebih jauh dan menyediakan berbagai fasilitas pembayaran yang mampu mempermudah prosesnya sehingga bisnis berkembang.”

Daftar sekarang ke Paper.id, nikmati kemudahan invoicing dan transaksinya untuk jadikan bisnismu makin efisien!

Nadiyah Rahmalia