Menyesuaikan jadwal shift karyawan selama beberapa bulan sesuai dengan peraturan jam kerja yang berlaku adalah tugas yang rumit dan memakan banyak waktu. Apalagi jika kamu masih menggunakan metode manual seperti Spreadsheet atau Excel.

Menurut Deputy, manajer dapat kehilangan hingga 20% dari waktunya atau sekitar 140 jam kerja dalam setahun hanya untuk menyusun jadwal kerja secara manual.

Waktu tersebut sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk tugas-tugas prioritas lainnya. Di sisi lain, karyawan yang tidak memiliki jadwal terstruktur dengan baik melaporkan bahwa mereka membuang hingga 50% waktu mereka di tempat kerja.

Selain kerugian waktu, potensi kesalahan manusia juga tidak dapat dihindari.

Solusi yang hemat dan handal untuk masalah ini adalah menggunakan aplikasi penjadwalan karyawan. Aplikasi ini membantu kamu merencanakan jadwal shift karyawan dengan lebih efektif dan efisien.

Daftar Aplikasi Jadwal Shift Kerja Karyawan

Simak beberapa daftar aplikasi jadwal shift kerja karyawan terpopuler di Indonesia berbasis Android untuk mengatur pola kerja secara efisien dan otomatis.

1. Aplikasi jadwal shift Hadirr

aplikasi shift hadirr

Melalui aplikasi Hadirr, kamu dapat mengatur shift kerja karyawan dengan cara drag and drop saja. Tidak hanya itu, aplikasi shift kerja karyawan ini bisa digunakan untuk mengontrol apakah karyawan benar-benar bekerja sesuai dengan waktu yang kamu tetapkan atau tidak.

Dengan fitur timesheet digital dan absensi online, memungkinkan kamu untuk memantau status kehadiran serta jumlah waktu yang digunakan untuk setiap pekerjaan yang diberikan. Kedua fitur tersebut bisa dimanfaatkan untuk penerapan sistem kerja dan kolaborasi jarak jauh atau remote working.

Saatnya beralih menggunakan aplikasi jadwahl shift kerja Hadirr. Tinggalkan cara manual dan rasakan betapa mudahnya mengatur jadwal shift karyawan secara otomatis, praktis dan efisien. 

Tunggu apa lagi? Coba gratis fitur-fitur unggulan aplikasi Hadirr sekarang juga!

Baca Juga: Rekomendasi 5 Aplikasi Absensi Online Android & IOS Berbasis Web

2. Google Calendar 

Aplikasi dari Google ini dapat digunakan untuk planning jadwal kerja karyawan perusahaan kamu. Kelebihannya, Google Calendar dapat disambungkan dengan software Google yang lain.

Sedangkan kekurangannya yaitu akses tim terbatas hanya untuk 5 orang saja.

3. Asana

Terdapat beberapa fitur yang dimiliki oleh aplikasi Asana dalam mengelola pekerjaan dan proyek perusahaan. Diantaranya untuk berbagi pekerjaan, mengatur waktu pengerjaan proyek, koordinasi dari jarak jauh, serta komunikasi via email.

Kamu dapat mengakses aplikasi ini di PC, Android, serta iOS dan akses gratis untuk 15 orang.

4. Trello

Aplikasi Trello adalah aplikasi jadwal kerja digital dengan tipe bullet yang bisa digunakan dengan menyesuaikan jumlah kontributor dan tugas atau pekerjaan. 

Dengan aplikasi ini tim kamu dapat membuat daftar “list” dan “cards” dengan tampilan yang menarik untuk dibaca.

Baca juga: 3 Contoh Penilaian Kinerja Karyawan Perusahaan

5. Teamweek

Aplikasi Teamweek memiliki kesamaan dengan Google Calendar dari sisi tampilan visualnya.

Teamweek memungkinkan kamu untuk kustomisasi label pada kalender dan scheduling pekerjaan. Sedangkan kekurangannya yaitu aplikasi ini belum terdapat fitur checklist dan catatan tugas.

Baca Juga: 8 Tips Manajemen Kehadiran Karyawan untuk Pemilik Bisnis

Dengan semakin kompleksnya kebutuhan pengelolaan jadwal shift karyawan, menggunakan aplikasi yang tepat dapat sangat membantu meningkatkan efisiensi dan mengurangi kesalahan.

Pilihlah aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan jumlah karyawan kamu untuk memastikan operasional yang lebih teratur dan produktif. Dengan memanfaatkan teknologi ini, kamu dapat fokus pada tugas-tugas yang lebih penting dan strategis, sambil memastikan karyawan memiliki jadwal kerja yang jelas dan terstruktur.

*Artikel ini hasil kerja sama antara Hadirr dan Paper.id

Muhamad Dika Wahyudi